Apakah iBox dan Erafone Sama? Ini Dia Perbedaannya

Apakah iBox dan Erafone sama? – Ada 2 gerai gadget yang sering kita temui di Mall atau ruko pinggir jalan. Mereka adalah iBox dengan logo hitam pekatnya dan Erafone yang merah membara. Gerai yang hampir selalu ramai oleh pengunjung ini kerap dipertanyakan silsilah keluarganya. Apakah mereka sama, bersaudara dan berada dalam satu perusahaan?

Labih lanjut mereka menanyakan, jika ingin membeli iPhone sebaiknya di iBox atau Erafone? Atau sama saja diantara keduanya? Bagaimana jika yang ingin dibeli Hp Samsung bergaransi resmi? Kita akan coba menjawab beberapa pertanyaan tersebut.

Persamaan iBox dan Erafone

iBox dan Erafone adalah retailer gadget yang menjual Hp, tablet, laptop dan aksesoris lainnya. Keduanya menjadi tempat andalan saat pengguna ingin membeli gadget dengan garansi resmi. Ternyata baik iBox maupun Erafone memiliki persamaan, berikut diantaranya.

Persamaan iBox dan Erafone :

persamaan ibox dan erafone

1. Bernaung di satu perusahaan yang sama

iBox dan Erafone berasal dari induk perusahaan yang sama yaitu PT. Erajaya Swasembada Tbk. Jadi bisa dibilang mereka ini bersaudara dan karenanya akan saling mendukung dalam operasionalnya. Karena satu perusahaan maka tidak ada persaingan bisnis diantara keduanya. Masing-masing retailer akan fokus dengan produknya masing-masing tanpa takut pengguna akan pindah ke toko sebelah.

2. Menjual iPhone

Jika kebetulan tidak ada gerai iBox di kotamu, kamu bisa membeli iPhone di gerai Erafone. Kedua gerai tersebut sama-sama menjual iPhone maupun produk Apple lainnya. Jangan takut barang yang kamu beli palsu karena semua barang yang dijual di Erafone adalah resmi. Membeli iPhone di Erafone maupun iBox sama aslinya.

Kamu bisa membeli secara kredit di kedua tempat tersebut. Cek tutorialnya di kredit iPhone di iBox atau kredit Hp di Erafone.

3. Garansi resmi

Erajaya Group selaku induk perusahaan telah menjalin kemitraan dengan merek global, yakni Apple, Asus, DJI, Garmin, Google, GoPro, Honor, Huawei, Infinix, Nokia, Oppo, Realme, Samsung, Vivo, Xiaomi, dan lain-lain. Itu artinya produk-produk yang kamu beli dari anak perusahaan mereka (iBox, Erafone, dan lainnya) adalah barang asli karena mereka bertindak sebagai distributor resmi yang telah memiliki izin.

4. Melayani pembelian online dan offline

Produk-produk di iBox dan Erafone bisa kamu beli secara offline dengan mendatangi gerai terdekat di kotamu maupun secara online melalui website. Untuk domisili Jakarta kamu bisa melihat daftar alamatnya di iBox Jakarta dan Erafone Jakarta. Sedang jika ingin berbelanja secara online kamu bisa mengunjungi websitenya di Eraspace.

Perbedaan iBox dan Erafone

Meski sama dalam beberapa hal, iBox dan Erafone tidaklah identik. Mereka memiliki perbedaan yang menjadikan ciri khasnya masing-masing.

Perbedaan iBox dan Erafone :

perbedaan ibox dan erafone

1. Perbedaan target pasar

iBox adalah Reseller Produk Premium Apple. Mereka mengkhususkan diri dalam menawarkan produk-produk Apple dan berbagai macam aksesoris pelengkap, software dan lainnya. Target pasar mereka adalah Apple Fanboy dan Fangirl khususnya maupun pengguna umum yang mulai tertarik dengan produk Apple.

Sedang cakupan target pasar Erafone lebih luas lagi sebagai retailer gadget terbesar dan terkemuka di Indonesia. Tidak saja menjual produk satu merk, mereka menyediakan lengkap Hp, tablet hingga laptop dari berbagai merk seperti Samsung, Apple, Lenovo, Xiaomi, Asus, Nokia, Huawei, Infinix, Nokia, Oppo, Realme, Vivo, dll.

2. iBox lebih eksklusif

Target pasar yang spesifik pada gilirannya menjadikan iBox sebagai tempat ekslusif. Pengguna yang membutuhkan produk maupun aksesoris dari Apple akan lebih yakin mencarinya di gerai iBox. Pengguna mungkin bisa saja mencarinya di gerai Erafone, namun dengan alasan kelengkapan dan branding bahwa iBox adalah pusat Apple maka mendatangi iBox jauh lebih meyakinkan.

Karena alasan itu jika kamu ingin membeli iPhone, iPad maupun produk Apple lainnya, tempat pertama dan terbaik yang sebaiknya kamu kunjungi adalah iBox.

3. Beda promo dan marketing

Meski bernaung di induk perusahaan yang sama, manajemen dan pengelolaan Si Hitam dan Si Merah berbeda. Promo dan kampanye penjualan yang dijalankan sudah barang tentu akan berbeda karena produk yang dijajakan tidak sama. Di iBox misalnya memberikan potongan harga hingga jutaan mungkin dilakukan karena harga produknya yang tinggi. Hal yang belum tentu bisa diterapkan di Erafone. Begitu sebaliknya.

Catatan iBox dan Erafone

catatan krediblog

Menjawab pertanyaan pada awal tulisan ini, apakah iBox dan Erafone sama jawabannya adalah ya, mereka sama. Dalam artian baik kamu membeli di iBox maupun Erafone barang yang kamu dapatkan sama-sama asli dan bergaransi resmi. Namun jika kamu memiliki kebutuhan yang spesifik, sebaiknya mendatangi gerai yang sudah disiapkan untuk tujuan spesifik pula.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar