UangMe: Pinjaman Uang Tunai dg Pencairan Cepat

aplikasi pinjaman uangme

Review Pinjaman UangMe
logo uangme

Nama: UangMe

Deskripsi: Aplikasi pinjaman tunai berbasis smartphone

Besar pinjaman: Hingga Rp 4.000.000

Tenor: 30 hari, 3 bulan dan 4 bulan

Platform: Android

Nilai
4.1
  • Proses pendaftaran
  • Nominal pinjaman
  • Pilihan tenor
  • Bunga pinjaman
  • Biaya admin
  • Waktu proses

Kesimpulan Pinjaman UangMe

UangMe bisa menjadi solusi jika kamu membutuhkan dana dalam tempo secepat mungkin. Proses pendaftaran hingga pengajuan pinjaman dilakukan otomatis by sistem. Jika pada beberapa fintek lending lainnya dari proses pendaftaran hingga pengajuan pinjaman ada jeda sekian jam bahkan hari, di UangMe kamu bisa mendapatkan dana yang kamu butuhkan saat itu juga. Meski atas kemampuannya UangMe meminta “Cost” yang lumayan besar, setidaknya ia menyelesaikan satu masalah: Ketergesaan.

Kelebihan

  • Proses cepat
  • Bisa pinjam lebih dari satu kali

Kekurangan

  • Bunga pinjaman besar
  • Biaya admin tinggi

Review berdasar pengalaman pribadi Krediblog saat melakukan pengajuan pinjaman.

Review UangMe Real oleh Pengguna

UangMe adalah platform Peer-to-Peer yang menghubungkan antara peminjam dan pemberi pinjaman. Ia menghubungkan antara yang memiliki kelebihan dana dan yang sedang membutuhkan pinjaman. Jika kamu memiliki dana berlebih dan sedang mencari tempat untuk investasi, kamu bisa menaruhnya di UangMe Lender untuk kemudian mendapatkan Return. Dan untuk kamu yang sedang mencari pinjaman tunai, bisa menjadikan UangMe Pinjaman sebagai solusi. Apakah pengajuan pinjaman pasti diterima? kemungkinan besar. UangMe memberikan akses layanan finansial berbasis teknologi yang setara kepada masyarakat. Oh ya, review kali ini akan lebih fokus membahas UangMe jenis Pinjaman.

Profil UangMe

profil di website

Uangme merupakan anak perusahaan atau Sister Company dari Cheetah Mobile Incorporated. Kenalkah kamu dengan nama itu? Kemungkinan besar kamu baru mendengarnya. Bagaimana dengan nama-nama ini: Clean Master, Security Master, CM Launcher, Battery Doctor, Cheetah Keyboard, PhotoGrid dan CM Browser?. Anak Android pasti tahu aplikasi utilitas tersebut. Ya, UangMe merupakan aplikasi pinjaman dari developer yang sama dengan aplikasi utilitas tadi. Maka tidak heran saat kamu menggunakan aplikasi UangMe akan terasa lebih Smooth dengan User Interface yang enak dilihat.

Kantor UangMe

Di Indonesia Uang Me terdaftar dan bernaung atas nama PT Uangme Fintek Indonesia yang berkantor di Jakarta Selatan. Perusahaan ini dipimpin oleh Vincent Jaya Saputra yang juga merupakan komisaris di PT Supra Boga Lestari, yang produknya dikenal sebagai outlet Ranch Market.

Alamat kantor utama UangMe
PT Uangme Fintek Indonesia
AIA Central 32nd Floor
Jl. Jend. Sudirman Kav 48A Setiabudi, Jakarta Selatan 12930

Alamat kantor Customer Care UangMe
Graha Azis Unit B, Jl. K.H. Abdullah Syafei No. 12, Jakarta Selatan

Call Center UangMe

UangMe dikenal cukup ramah terhadap konsumen yang memiliki pertanyaan atau kebutuhan lainnya. Terbukti dengan dibuatnya kantor khusus untuk Cuctomer Care. Mereka mengklaim layanan Customer Service (CS) nya siap membantu selama 24 jam. Krediblog belum bisa memastikan, namun “Ya”, mereka mempermudah alur untuk menghubungi bagian Customer Service dengan menyediakan menu “Hubungi kami” pada aplikasi melalui telpon maupun email.

Telpon Customer Service(021) 5082 0086
Jam kerjaSenin – Jumat, jam 9:00 s/d 17.00
Emailcs@uangme.com
WebsiteLihat website
FacebookLihat Facebook
TwitterLihat Twitter
InstagramLihat Instagram

Download Aplikasi UangMe

Aplikasi UangMe saat ini baru tersedia untuk platform Android dan belum tersedia untuk iOS. Berdasarkan informasi dari website, terdapat 2 jenis aplikasi Uangme. Yaitu UangMe Pinjaman dan UangMe Lender. Namun ketika Krediblog mencoba untuk download, aplikasi UangMe Lender sudah tidak tersedia lagi di Google Play Store.

Sedang untuk UangMe Pinjaman kamu bisa mendownloadnya langsung dari Google Play Store atau jika kamu membaca ini dari smartphone Android, kamu bisa mendownloadnya di link berikut: Download UangMe Android.

Pada saat artikel ini di tulis, aplikasi UangMe di Google Play Store mendapatkan rating 4.4 dari 220.358 pengguna. Rating yang cukup bagus untuk sebuah aplikasi pinjaman online. Mencari aplikasi pinjol yang bisa dipercaya dan berbunga rendah sangat susah dilakukukan jika mencarinya di Google Play Store. Rating aplikasi biasanya menjadi satu-satunya parameter yang bisa dijadikan acuan. Meski tidak selalu tepat setidaknya bisa memberikan sedikit petunjuk. Untuk rating UangMe di Google Play Store, bintang 5 kebanyakan datang dari pengguna yang puas karena kemudahan dan kecepatan prosesnya. Sedang rating 1 rata-rata datang dari pengguna yang merasa kecewa karena proses pengajuannya tak kunjung cair juga dari mereka yang merasa terganggu dengan cara penagihan yang dilakukan Uang Me.

Status di OJK

iso 27001 dan terdaftar ojk

PT Uangme Fintek Indonesia dengan platformnya UangMe, sudah terdaftar di OJK dengan nomor Surat Tanda Terdaftar S-584/NB.213/2018. Jika kamu perhatikan, UangMe sudah terdaftar sejak tahun 2018 atau tepatnya tanggal 31 Juli 2018, namun sudah 2 tahun berlalu belum juga mendapatkan izin. Umumnya Fintek yang terdaftar di OJK akan dievaluasi selama 1 tahun dan pada tahun kedua akan mendapatkan izinnya. Konon lamanya Uang Me mendapatkan status berizin dikarenakan dibutuhkan persiapan yang cukup panjang dan karena banyak dokumen yang harus disiapkan.

Terdaftar di OJK berarti UangMe dalam aktifitasnya akan diawasi oleh OJK dan setiap kebijakan dan prosedur yang diterapkan akan tunduk patuh dengan peraturan OJK. Namun tentu saja dalam prakteknya kamu sebagai pengguna harus ikut mengontrol. Jika terjadi pelanggaran, OJK tidak akan mengetahui sampai ada pengguna yang melaporkannya.

Selain sudah terdaftar di OJK, UangMe juga sudah tersertifikasi ISO 27001 sejak 2019 oleh Intertek. ISO 27001 merupakan suatu standar Internasional dalam menerapkan sistem manajemen kemanan informasi. Dengan kata lain Uang Me memiliki standar prosedur yang sudah teruji dalam manajemen keamanan data dan privasi.

Jenis Produk Pinjaman UangMe

Ada 2 jenis pinjaman di platform UangMe, dia adalah pinjaman jangka pendek dan jangka panjang. Keduanya sama-sama pinjaman tunai hanya berbeda pada nominal dan pilihan tenor. Berikut masing-masing detailnya:

1. Jangka Pendek

Pinjaman UangMe tipe jangka pendek memberikan plafon hingga Rp 2.000.000 dengan pilihan tenor 30 hari atau hanya 1 bulan. Jenis pinjaman ini diperuntukkan untuk kebutuhan jangka pendek semisal konsumtif, kebutuhan sehari-hari, berobat atau jenis keperluan sesaat lainnya.

2. Jangka Panjang

Pinjaman UangMe jangka panjang memberikan plafon hingga Rp 4.000.000 dengan pilihan tenor 3 bulan dan 4 bulan. Jenis ini memungkinkan tagihan dibayar secara mencicil 3 sampai 4 kali. Karena nominalnya yang lumayan besar, jenis pinjaman ini diperuntukkan untuk kebutuhan modal usaha maupun kebutuhan berskala menengah lainnya.

Pada pengajuan Oktober 2020 lalu, yang Krediblog dapatkan adalah pinjaman UangMe jangka pendek dengan plafon hingga Rp 1.900.000 dan tenor 30 hari. Pada saat pendaftaran atau pengajuan, kamu tidak bisa memilih untuk menggunakan jenis yang mana. Keputusan tersebut sepenuhnya ditentukan oleh sistem Uang me.

Untuk verifikasi data, mereka menggunakan Big Data dan AI (Artificial Intelligence). Big Data atau AI bisa dimaknai sebagai sumber data masif dan pengolah data cerdas yang darinya bisa dengan mudah diketahui profil resiko dari setiap peminjam. Maka jangan heran kurang dari 5 menit setelah kamu mengirim pengajuan akan langsung muncul skor kredit berdasar data profil yang kamu input.

Syarat Pengajuan Pinjaman

Tidak ada syarat khusus untuk bisa meminjam di Uang Me, kurang lebih seperti syarat pengajuan pinjaman pada umumnya. Data yang kamu input inilah yang nantinya diolah oleh sistem Uang Me untuk menjadi skor kredit. Itu berarti skor kredit untuk setiap akun akan berbeda tergantu profil resiko masing-masing.

Syarat umum pendaftaran di UangMe:

  • WNI
  • Domisili Indonesia
  • Usia 21-55 tahun
  • e-KTP
  • Nomor telepon Indonesia
  • Rekening bank Indonesia
  • Pendapatan tetap

Bunga UangMe dan Biaya Admin

Untuk informasi perihal bunga, UangMe lumayan abu-abu. Maksudnya, memang ada keterangan yang menyebut besaran bunga, namun kita tidak bisa mengetahui langsung berapa % bunga yang dikenakan. Pada website Uang Me tertulis bunga (mereka menyebutnya biaya harian) sebesar hingga 0.79% per hari. Sedang pada deskripsi Google Play Store mereka menulis maksimum bunga tahunan (APR): 21.9% p.a. Lalu berapa bunga UangMe sebenarnya?

Merujuk pada perhitungan di aplikasi, bunga UangMe adalah sebesar 1,8% per bulan untuk pinjaman jangka pendek. Sedang untuk jangka panjang bunga yang dikenakan adalah hingga 0,32% per hari. Sekilas bunga pinjaman jangka pendek lebih besar dari jangka panjang. Namun setelah dikalkulasi, bunga jangka panjang akan lebih besar karena ia di hitung per hari atau jika dibulan-kan menjadi sekitar 9,6% per bulan.

Untuk biaya administrasi, pinjaman jangka pendek Uang Me mengenakan biaya sebesar 21,9% dari nominal pinjaman. Biaya administasi ini tidak akan dipotong dari dana pinjamanmu melainkah dijumlahkan pada saat pembayaran tagihan. Sedang berdasar informasi di website, pinjaman jangka panjang tidak dikenakan biaya administrasi. Kemungkinan dikarenakan UangMe sudah mengenakan bunga yang besar untuk pinjaman jenis ini.

Besarkah bunga dan biaya pinjaman di UangMe? Secara keseluruhan, “Ya, besar”. Sebagai gambaran, untuk pinjaman yang tidak sampai Rp 500.000, kamu harus mengembalikan dana dengan tambahan yang hampir Rp 100.000 untuk tenor 30 hari. Untuk jenis pinjaman jangka pendek, UangMe mengambil untung dari biaya administrasi yang hampir ¼ dari besar pinjaman. Sedang untuk pinjaman jangka panjang kamu akan dikenakan bunga hingga 9,6% per bulan yang mana bunga tersebut lebih besar dari rata-rata fintek lending lainnya.

Jika kamu tertarik untuk meminjam di Uang Me, hitung baik-baik bunga dan biaya administrasi yang dikenakan. Apakah worth it dengan pinjaman yang kamu dapatkan dan kebutuhan yang bisa kamu penuhi. Jika ya, silahkan. Namun jika dirasa terlalu besar atau memberatkan, segera cari pilihan alternatif lainnya. Selalu ingat, bunga dan biaya yang dikenakan dalam pinjaman adalah penentu apakah pinjamanmu bisa menjadi solusi masalah keuanganmu atau justru sumber masalah baru.

Simulasi Pinjaman UangMe

Karena hanya di acc untuk pinjaman jangka pendek, simulasi pinjaman UangMe yang bisa Krediblog tulis adalah untuk jenis pinjaman tersebut. Adapun untuk simulasi pinjaman jangka panjang, Krediblog ambil dari website UangMe.

Simulasi pinjaman jangka pendek tenor 30 hari:

NominalBungaAdminTotal Bayar
200.0003.60043.800247.400
400.0007.20087.600494.800
600.00010.800131.400742.200
800.00014.400175.200989.600
1.000.00018.000219.0001.237.000
1.200.00021.600262.8001.484.400
1.400.00025.200306.6001.731.800
1.600.00028.800350.4001.979.200
1.800.00032.400394.2002.226.600
1.900.00034.200416.1002.350.300

Simulasi pinjaman jangka panjang:

NominalTenorBungaTotal Bayar
400.0003 bulan93.125493.125
4.000.0003 bulan1.155.8005.155.800
400.0004 bulan98.800498.800
3.400.0004 bulan947.0004.347.000

Denda Keterlambatan Pembayaran

Kamu tidak akan menemukan informasi terkait denda keterlambatan pembayaran, baik diwebsite maupun di Play Store. Itu artinya UangMe meninggalkanmu dalam gelap untuk informasi ini. Namun untungnya UangMe tidak “sejahat” itu untuk pengguna yang mengajukan pinjaman. “Ya”, kamu akan menemukan informasi mengenai denda keterlambatan pembayaran UangMe di surat “Perjanjian Pinjam Meminjam”. Surat tersebut akan muncul saat kamu mengajukan pinjaman. Namun Krediblog ragu setiap orang akan membaca tulisan sepanjang itu.

Krediblog kutipkan dari surat perjanjian tersebut pada poin ke 9:

Penerima Pinjaman akan dikenakan Denda Keterlambatan, yang terdiri atas denda keterlambatan harian sebesar 0,8% dari jumlah pokok, untuk setiap hari dari keterlambatan setelah tanggal pembayaran yang disepakati. Jika keterlambatan mencapai hari kedua sejak tanggal jatuh tempo, Peminjam akan dikenakan layanan penagihan 1,6% pada hari kedua keterlambatan (“Denda Keterlambatan”) yang dihitung dari jumlah pokok. Untuk menghindari keraguan, jumlah maksimum pembayaran termasuk biaya layanan yang dapat dikenakan pada Peminjam sama dengan 100% dari jumlah pokok Pinjaman.

Bagaimana kamu memaknai penjelasan diatas? Krediblog memahaminya bahwa denda keterlambatan UangMe adalah 0,8% per hari dari jumlah pinjaman. Denda keterlambatan harian ini akan terus dihitung setiap hari (akumulatif) selama kamu belum membayar tagihan. Kamu juga akan dikenakan denda layanan penagihan sebesar 1,6% dari total pinjaman jika terlambatmu mencapai hari kedua. Jika kamu terlambat membayar tagihan hingga waktu yang lama, maksimum denda yang akan UangMe kenakan adalah sama dengan nominal pinjamanmu.

Roman-romannya perhitungan denda keterlambatan UangMe panjang urusan. Disebut begitu karena bisa jadi maksud UangMe akan berbeda dengan apa yang kita pahami dari uraian diatas. Jika kamu meminjam di UangMe, pastikan saja kamu tidak telat membayar tagihan agar tidak berurusan dengan perhitungan denda yang mengular tersebut.

Tanggal Jatuh Tempo

Tidak ada perhitungan khusus, jatuh tempo pembayaran UangMe adalah 30 hari setelah tanggal pengajuan. Jadi jika kamu mengajukan pinjaman jangka pendek pada tanggal 1 Oktober 2020, maka tagihanmu akan jatuh tempo kurang lebih pada tanggal 1 November 2020.

Krediblog tidak bisa memastikan jatuh tempo untuk jenis jangka panjang. Tetapi kemungkinan besar sama karena umumnya perhitungan jatuh tempo tagihan hampir selalu seperti itu.

Channel Pembayaran

Terdapat 2 jenis metode pembayaran di UangMe. Yaitu via OTC dan melalui Virtual Account. OTC (over the counter) merupakan pembayaran via Mini Market yang telah terintegrasi dengan sistem pembayaran Uang Me. Adapun Virtual Account adalah pembayaran via transfer melalui Bank BCA, BNI, Mandiri, CIMB Niaga dan Permata.

Untuk Virtual Account (VA), UangMe menggunakan Fixed Virtual Account. Yaitu satu nomor VA tetap untuk setiap pembayaran tagihan (Multiple Use). Sesaat setelah dana kamu terima, pada Beranda aplikasi kamu akan langsung mendapatkan nomor Virtual Account-nya.

Penagihan dan Debt Collector

Bagian ini untuk sementara kosong dan akan diupdate ketika Krediblog sudah mendapatkan notifikasi tagihan dan mengetahui sistem penagihan di UangMe.

Cara Mengajukan Pinjaman di UangMe

Berikut adalah tutorial step by step pengajuan pinjaman di UangMe. Ini adalah Live Record pengajuan Krediblog yang dilakukan pada 23 Oktober 2020 dengan nominal Rp 400.000. Kenapa hanya Rp 400.000? Karena Krediblog bingung mau pinjam berapa. Kerasa banget bunga dan biaya administrasinya. Akhirnya Krediblog pilih yang total bunganya tidak sampai seratus ribu, hitung-hitung ongkos nyoba Uang Me. Berikut perhitungannya:

ItemDetail
Jumlah pinjamanRp 400.000
Jumlah nett diterimaRp 400.000
Jangka waktu (tenor)30 hari
Bunga (1,8%)Rp 7.200
Biaya administrasi (21,9%)Rp 87.600
Total harus dibayarRp 494.800

Terdapat 2 tahapan pada proses pinjaman di UangMe. Tahap pertama adalah kamu melengkapi data untuk mendapatkan skor kredit atau plafon pinjaman. Tahap kedua, setelah skor kredit didapat, kamu mengajukan pinjaman berdasar hasil skor kredit tadi. Berikut detail pengajuannya:

Step by Step Pinjaman Tunai UangMe

Tutorial cara pinjam di UangMe:

  1. Tahap 1: Pendaftaran via aplikasi

    Buka aplikasi UangMe pada halaman Beranda. Pilih nominal yang ingin kamu ajukan beserta tenornya. Lanjut dengan klik “AJUKAN SEKARANG” (screenshot Mulai).tutorial pinjaman tunai uangme

  2. Masukkan nomor Hp

    Masukkan nomor Hp mu, dilanjut dengan verifikasi melalui kode OTP. Jika sudah klik “Daftar” (screenshot Daftar).

  3. Melengkapi info diri

    Lanjut pendaftaran dengan melengkapi informasi diri, pekerjaan, keluarga, data KTP dan rekening bank (screenshot Info Pribadi). Jika sudah dilengkapi semua, klik “Kirim”.

  4. Data diterima

    Jika data yang kamu masukkan sukses akan muncul tampilan seperti pada screenshot Data diterima.cara mengajukan pinjaman tunai uangme

  5. SMS notifikasi

    Dan jika pendaftaranmu diterima, kamu akan mendapatkan SMS notifikasi (screenshot SMS disetujui dan Verifikasi Berhasil).

  6. Tahap 2: Pengajuan pinjaman

    Buka aplikasi UangMe pada halaman Beranda. Pilih nominal yang ingin kamu ajukan dan tenornya sesuai kredit skoring yang kamu dapat. Lanjut dengan klik “AJUKAN SEKARANG” (screenshot Ajukan Pinjaman).step by step pengajuan pinjaman uangme

  7. Baca surat perjanjian

    Akan muncul Surat Perjanjian Pinjam Meminjam. Sebaiknya kamu baca agar tahu hak dan kewajibanmu. Jika sudah dan kamu setuju dengan yang tertera, klik “Setuju” (screenshot Surat Perjanjian).

  8. Verifikasi pinjaman

    UangMe akan meminta kode yang dikirimkan melalui SMS. Masukkan kode pada kolom yang tersedia (screenshot Kode SMS).

  9. Konfirmasi pengajuan

    Akan muncul notifikasi seperti screenshot Konfirmasi, klik “Konfirmasi”.panduan pinjaman tunai uangme

  10. Pengajuan terkirim

    Pengajuanmu terkirim. Kamu akan diminta untuk menunggu 1-3 hari kerja untuk mendapatkan dana pinjaman (screenshot Pengajuan Terkirim).

  11. Informasi pinjaman

    Di Beranda aplikasi UangMe akan muncul informasi pinjaman yang baru saja kamu ajukan (screenshot Informasi Pinjaman).

  12. Selesai

    Pengajuan pinjamanmu selesai. Kamu tinggal menunggu danamu ditransfer ke rekening.

Tanda Pinjaman Tunai Sukses

Jika kamu berhasil mendapatkan kredit skoring pada tahap pertama, besar kemungkinan pengajuan pinjamanmu pasti di acc pada tahap berikutnya. Bagaimana cara mengetahui dana pinjaman sudah ditransfer oleh pihak Uang Me?. Tenang, UangMe canggih, kok. Begitu dana pinjaman telah selesai ditransfer, kamu akan menerima Push Notification yang mengabarkan pinjamanmu sudah cair (screenshot Push Notification).

notifikasi uang me sukses

Saat kamu mengecek halaman Beranda pada aplikasi, akan disambut oleh ucapan selamat dan akan tertera disana limit saldo yang berkurang sejumlah pinjaman yang baru saja kamu ajukan. Dihalaman tersebut juga akan tertera nomor Virtual Account dan tanggal jatuh tempo tagihan (screenshot Pengajuan Sukses).

Kapan Dana UangMe di Transfer?

Disana tertulis kamu harus menunggu 1-3 hari kerja untuk pencairan dana atau paling cepat 1 hari kerja. Lalu kapan Krediblog menerima dana dari UangMe yang dijanjikan? ini jawabannya:

transfer dana pinjaman uangme

Krediblog mendaftar Uang Me sekitar pukul 09.50. Pendaftaran selesai kurang lebih 10 menit dan di acc untuk pinjaman jangka pendek dengan kredit skoring sebesar Rp 1.900.000 tenor 30 hari. Pada pukul 10.05 dilanjut dengan pengajuan sebesar Rp 400.000 seperti tutorial diatas. Dan tepat pada pukul 10.09 Krediblog mendapatkan transfer dana pinjamannya. Jika UangMe mengklaim bahwa mengajukan pinjaman di platform mereka hanya butuh 5 menit, “Ya”, Krediblog mengkonfirmasi. Tidak termasuk waktu untuk pendaftarannya.

Keterangan Pengajuan Pinjaman:

  • Transaksi pinjaman tunai UangMe di atas Real dilakukan oleh Krediblog pada tanggal tertera.
  • Detail proses bisa saja berbeda tergantung versi aplikasi yang kamu gunakan dan kapan kamu mengajukan pinjaman.
  • Lama waktu pengiriman atau transfer dana bisa juga berbeda tergantung proses, jam dan hari yang kamu pilih.
  • Jangan malas membaca. Biasakan membaca hingga rincian terkecil agar jelas setiap detailnya.
  • Jika terdapat masalah pada pengajuanmu, silahkan langsung menghubungi Tim Support Uang Me.

Catatan Krediblog tentang UangMe

Sebelum menulis review UangMe, terlebih dahulu Krediblog mengulas Julo pada tulisan sebelumnya. Yang menarik adalah pada tulisan tersebut Krediblog menyebut Julo aman karena melibatkan verifikasi pada prosesnya namun masih secara manual. Nah, Krediblog melihat Uang Me adalah versi otomatisasi dari Julo. Dimana proses verifikasi manual pada Julo dikonversi secara sistem sehingga sepenuhnya otomatis.

Verifikasi telpon dirubah ke kode SMS dan pembacaan Surat Perjanjian Pinjam Meminjam yang pada Julo dibacakan oleh staff, pada Uang Me muncul saat pengajuan akan dimulai untuk kamu baca dan pelajari. Meski tentu saja tingkat keamanannya akan berbeda dengan verifikasi yang sepenuhnya manual, ini setidaknya membuktikan bahwa teknologi mampu mengotomasisasi proses.

UangMe terdaftar di OJK dan Krediblog mengkonfirmasi mereka fintek lending yang bisa dipercaya dengan memberikan dana yang dijanjikan dan menerapkan perhitungan bunga yang sesuai dengan yang ada aplikasi. Dengan sistemnya yang sudah otomatis, Uang Me adalah jenis pinjaman online yang daftar sekarang dan dapat duit saat itu juga. Bahkan otomatisasi inilah fitur Uang Me yang paling Krediblog suka.

Jika ada yang harus diperhatikan dari UangMe adalah sistem penagihannya. Sesaat setelah dana masuk ke rekening, Krediblog mendapatkan SMS yang berisi, “Kode pembayaran UangMe Anda adalah xxx xxx xxx sejumlah sekian. Bayar via Bank BCA atas nama “UangMe”. Mohon bayar segera”. Kamu bayangkan, duit pinjamannya saja belum disentuh, tetapi sudah ada perintah untuk membayar. Mungkin sekali ini hanya notifikasi yang salah kirim, tapi kok kayaknya cocok dengan komentar pengguna UangMe lainnya di Google Play Store. Mereka menyebut Uang Me “tidak sabaran”. Baru telat 1 jam saja sudah menelpon berkali-kali dengan bahasa yang kasar. Jika ingin pengguna lama kembali meminjam, Uang Me harus memperbaiki aspek ini karena berkaitan dengan User Experience secara keseluruhan.

Uang Me adalah contoh nyata penerapan teknologi pada jasa keuangan. Saat memiliki kebutuhan, kamu memiliki pilihan lain selain meminjam pada teman atau tetangga. Dengan prosesnya yang nyaris instan, kamu bisa memenuhi kebutuhan tadi dengan lebih mudah dan cepat. Namun itu baru satu cerita, sisi lainnya Uang Me meminta sesuatu dari penggunanya sebagai “imbalan”. Ia membutuhkan bunga atau biaya administrasi untuk mentenagai sistem yang mereka miliki. Itu artinya ada biaya yang harus kamu bayar sebagai kompensasi. Jika kamu tidak masalah dengan bunga atau biaya administrasi yang dikenakan, pergi dan mendaftarlah di Uang me. Namun jika kedua biaya tersebut dirasa sangat memberatkan, tersedia pinjaman uang tunai lainnya dengan biaya yang lebih murah.

Pinjaman Alternatif

Jika kamu keberatan dengan bunga dan biaya admin UangMe, jangan dipaksakan. Ada banyak pinjaman tunai alternatif dengan biaya murah di Google Play Store. Berikut beberapa yang bisa kamu coba:

FAQ UangMe

Apa itu UangMe?

UangMe adalah platform Peer-to-Peer Lending yang menghubungkan antara Peminjam dan Pemberi Pinjaman.

Apa syarat UangMe?

WNI, domisili Indonesia, usia 21-55 tahun, e-KTP, nomor telepon Indonesia, rekening bank Indonesia dan pendapatan tetap.

Berapa plafon pinjaman di Uang Me?

Hingga Rp 2.000.000 tenor 30 hari untuk jangka pendek dan hingga Rp 4.000.000 tenor 3 dan 4 bulan untuk jangka panjang.

Berapa bunga UangMe?

1,8% per bulan plus biaya administrasi untuk jangka pendek dan 9,6% per bulan untuk jangka panjang.

Berapa denda keterlambatan pembayaran di UangMe?

0,8% per hari untuk biaya keterlambatan dan denda layanan sebesar 1,6% untuk keterlambatan hingga 2 hari.

Bagaimana cara pinjam uang di Uang Me?

Instal, daftar dan ajukan. Kamu hanya bisa mengajukan jika mendapatkan kredit skoring.

Kapan uang pinjaman UangMe akan ditransfer?

Dana akan ditransfer 1-3 hari kerja.

Apakah bisa meminjam lebih dari satu kali?

Bisa. Yang menjadi batasan adalah limit saldo yang kamu miliki.

Apakah meminjam di Uang Me aman?

Ya. Uang Me sudah terdaftar di OJK dengan surat keputusan S-584/NB.213/2018 dan merupakan nggota dari AFTECH dan AFPI.

Pendaftaran Uang Me ditolak, apakah bisa mendaftar lagi?

Kamu bisa mengoreksi data untuk mengajukan verifikasi kembali sesuai dengan waktu yang ditentukan di aplikasi.

foto mr. kredi

TENTANG PENULIS

Halo, saya Kredi. Mendadak tertarik menulis tentang Fintech karena kata saudara, saya jago ngutang. Jadi sekalian aja ngembangin bakat. He..he.. Ini Blog pribadi, tidak berafiliasi dengan perusahaan manapun.

Kalau kamu punya pertanyaan atau komentar, tulis dibawah ya! Saya coba bantu jawab.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar