Perbedaan BI Fast dan Realtime Online BCA. Lebih Baik Mana?

Saat melakukan transfer via BCA khususnya untuk transfer ke rekening bank lain, kita akan diberi pilihan antara menggunakan layanan BI Fast atau Realtime Online. Apa perbedaan BI Fast dan Realtime Online BCA ini sehingga kita harus memilih salah satu diantaranya? Mengapa tidak dipilihkan secara otomatis saja agar proses transfer lebih cepat?. Bisa juga seperti itu jika mau, tetapi BCA menghargai pilihan pengguna.

Pilihan BI Fast atau Reatime Online ini hanya akan ditanyakan untuk tranfer melalui layanan e-channel seperti internet banking, BCA mobile dan myBCA. Kamu yang baru tahu myBCA ia adalah platform perbankan baru dari bank BCA. Apakah menu dan fiturnya sama dengan m-BCA. Kamu bisa membaca daftar perbedaannya disini : perbedaan myBCA dan BCA mobile.

Ini Bedanya BI Fast dan Realtime Online BCA

bedanya bi fast dan realtime online bca

Baik BI Fast maupun Realtime Online adalah sama-sama layanan untuk kebutuhan transfer dana. Keduanya sama-sama mengirim dana dengan cepat dan secara realtime atau dana langsung sampai di rekening penerima. Jika begitu apa yang membedakan diantara keduanya? Berikut detailnya.

3 perbedaan BI Fast dan Realtime Online BCA :

1. Biaya admin

Jika kamu mentransfer menggunakan BI Fast biaya admin maksimal yang dibebankan adalah Rp 2.500 untuk setiap transaksi. Biaya transfer bisa lebih murah karena ini merupakan sistem pembayaran baru dari BI yang datang dengan dengan beragam update dan perbaikan. Rp 2.500 merupakan nominal maksimal dan bank tidak diperkenankan untuk mengenakan lebih dari itu.

Untuk transfer dengan Realtime Online kamu akan dikenakan biaya admin Rp 6.500 untuk setiap kali transaksi. Biaya transfer ini lebih mahal karena menggunakan sistem lama yaitu Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI).

2. Transaksi maksimal

Nominal transfer yang bisa kamu lakukan menggunakan BI Fast adalah 150 juta untuk satu kali transaksi jika menggunakan BCA mobile atau myBCA dan hingga 250 juta jika menggunakan internet banking.

Sedang untuk nominal maksimal transfer jika menggunakan Realtime online adalah hingga 25 juta untuk satu kali transaksi.

3. Fitur proxy address

fitur proxy address

Layanan BI Fast memiliki fitur proxy addres yang memungkinkanmu memasukkan nomor Hp dan alamat email sebagai tujuan transfer. Sedang pada Realtime Online hanya bisa melakukan transfer ke tujuan nomor rekening.

Lebih Baik BI Fast atau Realtime Online BCA?

Dari 3 perbedaan di atas yang efeknya paling dirasakan untuk nasabah kebanyakan adalah biaya admin. Biaya transfer ini akan menjadi pertimbangan utama untuk menentukan diantara BI Fast atau Realtime Online. Terlebih selisihnya hampir dua kali lipat.

Secara umum jika ada pertanyaan lebih baik BI Fast atau Realtime Online maka BI Fast-lah jawabannya. Bukan saja dari segi biaya admin melainkan karena fakta bahwa BI Fast ini adalah teknologi terbaru dibanding Realtime Online.

Catatan perbedaan BI Fast dan Realtime Online BCA

catatan perbedaan bi fast dan realtime online bca

JIka BI Fast sama cepatnya namun dengan biaya yang lebih murah dan dukungan teknologi kekinian, mengapa Realtime Online masih ditawarkan? Mengapa tidak dibuat default semuanya menggunakan BI Fast saja karena toh pengguna pasti setuju jika biaya transfernya murah.

Tidak tahu juga mengapa pilihan Realtime Online masih ditawarkan hingga kini, kemungkinan besar karena tersedianya pilihan lebih fleksibel dibanding sistem default yang terkesan memaksa. Kalau menghendaki menggunakan BI Fast pengguna tinggal memilihnya semudah Tap. Mungkin seperti itu pertimbangannya.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar