Penyebab Transfer BCA Pending atau Dana Tertunda Masuk

Pernahkah kamu mengalami kejadian menunggu transferan BCA tetapi dana yang ditunggu tak kunjung masuk? Si Pengirim memberitahu transfer sudah dilakukan tetapi 30 menit berlalu uang belum juga diterima. Apa penyebab transfer BCA pending semacam ini? Karena umumnya transfer BCA terjadi secara realtime alias dana diterima saat itu juga dan tanpa delay sama sekali.

Transfer tertunda bisa terjadi pada siapa saja melalui semua layanan e-channel BCA yang tersedia. Namun seringnya terjadi pada transaksi yang menggunakan m-Banking baik dengan BCA mobile maupun myBCA (baca perbedaan keduanya disini: perbedaan myBCA dan BCA mobile). Karena kontrol ada pada pengguna maka detail transaksi ditentukan langsung oleh pengguna. Salah memilih parameter salah satu resikonya adalah pengiriman dana yang tertunda ini.

Beberapa Penyebab Transfer BCA Pending atau Tertunda

4 penyebab transfer bca pending dan tertunda

Ada banyak kemungkinan mengapa sebuah transaksi transfer tertunda prosesnya. Namun dari banyaknya variasi tersebut bisa dikenali kesamaan polanya. Berikut beberapa yang biasanya menjadi penyebab dan umum dilakukan pengguna.

4 penyebab transfer BCA pending :

1. Nomor rekening tujuan salah

Kemungkinan pertama adalah tujuan rekening yang salah. Ini bukan salah memasukkan nomor rekening karena pada rekening yang invalid transaksi tidak akan bisa diproses. Melainkan salah memasukkan nomor rekening tujuan. Maksud hati mengirim dana ke Si A ternyata yang diinput pada kolom transfer adalah rekening Si B. Si A bolak balik mengecek saldo tetapi yang ditunggu tidak datang-datang.

2. Sistem Bank sedang dalam perbaikan/maintenance

Proses transfer dan transaksi perbankan lainnya akan otomatis dipending saat bank melakukan perbaikan atau maintenance pada sistem. Pada maintenance rutin biasanya dilakukan pada jam-jam sepi yaitu sekitar tengah malam atau dini hari. Namun saat tejadi gangguan atau semacamnya bank akan melakukan perbaikan mendadak yang mengharuskan semua transaksi dipending saat itu juga.

3. Melampaui limit transfer harian

sudah mencapai limit

Penyebab transfer BCA pending berikutnya adalah limit transfer harian yang sudah tercapai. Tahapan BCA misalnya memiliki limit transfer sesama BCA sebesar 50 juta dan antar bank 15 juta per harinya. Jika kamu sudah melakukan transfer antar bank sejumlah 15 juta maka transfer berikutnya akan dipending hingga esok hari menunggu kuota limit transfer kembali.

4. Menggunakan metode transfer LLG

Ini khusus untuk transaksi transfer melalui internet banking. Ada 4 jenis transfer yang tersedia yaitu BI Fast, Online, LLG dan RTGS. Semuanya selain LLG proses transaksi terjadi dengan cepat atau realtime. Namun jika kamu menggunakan LLG prosesnya akan ada sedikit delay dan biasanya dana baru masuk di akhir hari atau bisa lebih lama.

Catatan penyebab transfer BCA pending

catatan penyebab transfer bca pending

Penyebab transfer BCA pending bisa lebih variatif lagi namun beberapa sebab diatas adalah yang paling dominan. Jika kamu tidak melakukan salah satu dari sebab diatas maka transfer yang kamu lakukan harusnya bisa diterima saat itu juga alias realtime. Namun jika sesaat setelah transfer kamu mendapati dana tidak langsung masuk maka kemungkinan besar proses transaksinya masuk pending atau tertunda.

Transfer melalu m Banking khususnya adalah tentang kecepatan. Saat butuh dana kita bisa mengirimnya saat itu juga. Namun jika setelah transfer malah pending sama aja bohong jatuhnya. Namun sejauh pengalaman Krediblog melakukan transfer di BCA, belum sekalipun mengalami transaksi transfer yang pending karena memang secara umum kasusnya sangat jarang.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar