Cara Membatalkan Transfer BCA. Bisakah Dilakukan?

Membatalkan transfer BCA apakah mungkin untuk dilakukan? Adapun penyebab pembatalan tersebut adalah pengiriman dana ke nomor yang salah. Niat hati mengetik 81 tetapi yang ditekan malah 11. Perasaan sudah memasukkan nomor rekening dengan sesuai tetapi kenapa sampai ke rekening atas nama orang lain?. Bisakah transaksi yang salah rekening ini di cancel agar dana kembali?

Salah transfer di BCA bisa terjadi di semua channel layanan. ATM menjadi yang paling besar resikonya, seringnya karena antrian panjang lalu mendadak panik sehingga transaksi jadi buru-buru. Namun bisa juga terjadi untuk transaksi yang dilakukan melalui internet banking maupun m bangking dari BCA mobile atau myBCA. Sekilas info, myBCA ini adalah aplikasi penerus BCA mobile. Kamu bisa membaca perbedaan kedua aplikasi tersebut disini: perbedaan myBCA dan BCA mobile.

Salah Transfer BCA Apa Bisa Dikembalikan?

salah transfer bca apa bisa dikembalikan

Meminta kembali dana yang salah transfer masih mungkin tetapi untuk membatalkan transfer BCA itu mustahil dilakukan. Sebabnya adalah proses transaksi sudah selesai. Tidak ada cara yang bisa membatalkan transaksi perbankan yang sudah selesai.

Dana langsung masuk ke rekening penerima

Saat kamu melakukan salah transfer, dana yang kamu kirim akan langsung masuk ke rekening penerima. Menyadari salah transfer setelahnya tidak bisa membatalkan transaksi tersebut karena dana sudah mengendap. Pembatalan mungkin dilakukan seandainya dana dipegang pihak ketiga terlebih dahulu sebelum diteruskan ke penerima (misal BCA sebagai penengah). Namun seperti kita ketahui tidak ada prosedur seperti itu untuk transfer antar rekening.

BCA tidak berhak menarik dana

Bagaimana jika langsung menghubungi CS BCA dan menyampaikan telah terjadi salah transfer agar dananya ditarik? Itu juga tidak bisa dilakukan. BCA tidak berhak menarik dana dari nasabah tanpa izin dan sepengetahuan pemilik rekening. Tetapi itu uang saya dan hanya salah transfer? Benar itu uangmu tetapi prosedur penarikan dana sepihak tidak ada dalam dunia perbankan.

Cara Membatalkan Transfer BCA yang Sudah Terkirim

tutorial cara membatalkan transfer bca

Lalu bagaimana cara menyelesaikan masalah salah transfer ini? Membatalkan transaksinya sendiri tidak mungkin tetapi untuk mendapatkan uangnya kembali itu masih bisa diusahakan. Berikut panduannya.

Waktu yang dibutuhkan: 10 menit

Cara membatalkan transfer BCA :

  1. Cek rekening tujuan

    Cek ke rekening siapa dana salah transfer tersebut dikirim.

  2. Cari kontak

    Cari kontak untuk menghubungi pemilik nomor rekening tersebut. Nomor Hp, WA, email atau kontak penghubung lainnya.

  3. Jelaskan masalah

    Jelaskan bahwa kamu baru saja melakukan salah transfer ke rekening pemilik. Jelaskan pula penyebabnya agar ia sedikit peduli.

  4. Minta transfer balik

    Minta baik-baik kesediaannya untuk mentransfer balik dana tersebut. Berikan nomor rekeningmu untuk tujuan transfer.

  5. Follow up

    Lakukan follow up jika setelah kontak pertama dana belum juga dikirim. Tetap minta dengan baik-baik karena kamu sedang meminta waktunya.

  6. Terima kenyataan

    Jika dana tersebut dikembalikan berarti masih rejeki. Tetapi jika setelah beberapa kali kontak dana tidak juga ditransfer balik, maka terima kenyataan uangmu hilang dan tidak kembali.

Catatan membatalkan transfer BCA

catatan

Cara membatalkan transfer BCA diatas biasanya tidak semudah praktek di lapangan. Kendala pertama adalah mendapatkan kontak dari pemilik rekening. Jika kontak tidak bisa ditemukan maka jalanmu akan buntu. Hanya ada nomor rekening dan tidak tahu kemana harus menghubungi. Meminta bantuan CS BCA pun tidak akan banyak membantu karena mereka akan menolak memberikan data pemilik rekening. Membantu mediasi mungkin tetapi prosesnya akan lama.

Salah transfer BCA bisa menimpa siapa saja meski pada pengguna yang paling teliti sekalipun. Jika itu akhirnya terjadi pahamilah konsekuensi yang mungkin terjadi. Pada kasus salah transfer, peluang uangmu kembali adalah 50 : 50 tergantung kemampuan melobi dan keberuntunganmu.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar