Kenapa Tidak Bisa COD di Shopee? Berikut Ini Sebabnya

Sistem pembayaran untuk belanja online kini makin mudah. Selain menggunakan e-wallet, Shopee juga memberikan opsi metode pembayaran dengan Cash On Delivery (COD). Salah satu sistem pembayaran yang paling disukai masyarakat Indonesia yakni COD. Sistem pembayaran ini yakni kamu bisa membayar jumlah barang yang dibeli saat barang tiba di rumahmu.

Namun banyak pengguna yang mengalami masalah yakni tidak bisa cod. Ada beberapa penyebab kenapa tidak bisa cod di Shopee yang perlu kamu ketahui. Beberapa diantaranya justru kesalahan dari pengguna itu sendiri. Sistem pembayaran COD di Shopee memiliki biaya administrasi dan kamu bisa gunakan voucher gratis ongkir. Jadi COD bisa sangat membantumu khususnya kamu yang tidak punya saldo e-wallet atau saldo atm. COD tetap populer ditengah tawaran layanan keuangan lain milik Shopee seperti SPaylater maupun Shopee Pinjaman tempat kamu bisa mengajukan pinjaman di Shopee.

Penyebab Shopee Tidak Bisa COD

penyebab kenapa tidak bisa cod di shopee

COD menjadi sistem pembayaran paling mudah, banyak pengguna yang lebih memilih COD karena sama-sama mendapatkan gratis ongkir. Kamu hanya perlu membayar harga barang yang dibeli serta administrasi yang ditetapkan oleh Shopee. Sayangnya banyak pengguna yang mengeluhkan tidak bisa memilih metode pembayaran COD.

Berikut ini beberapa alasan kenapa tidak bisa cod di Shopee:

1. Total Pesanan Tidak Memenuhi Syarat

Sebagai salah satu marketplace terbesar, Shopee terus memperbarui sistem pembayaran mereka agar mempermudah seluruh penggunanya dalam bertransaksi. Termasuk COD yang menjadi sistem pembayaran yang cukup menarik minat penggunanya. Salah satu penyebab kamu tidak bisa COD menggunakan Shopee karena Shopee memiliki syarat dan ketentuan dalam sistem pembayaran ini. Untuk minimal total pesananmu agar bisa COD yakni Rp. 50.000. Jika kurang dari 50.000 maka kamu tidak akan bisa lakukan COD. Sebab Shopee mempertimbangkan dari semua hal termasuk biaya pengiriman dan administrasi.

Selain minimal total pesanan, Shopee juga memberikan ketentuan total pesanan maksimal yang tidak memenuhi syarat COD yakni Rp. 3.000.000 bahkan lebih. Hal ini bertujuan demi keamanan dan kenyamanan pelanggan. Jika kamu ingin COD maka pastikan tidak melebihi atau kurang dari batas yang sudah ditetapkan oleh Shopee.

2. Fitur COD Tidak Diaktifkan

Ketika kamu tidak bisa menggunakan sistem pembayaran COD, kemungkinan besar seller tidak mengaktifkan metode pembayaran ini. Beberapa seller memilih untuk menonaktifkan sistem pembayaran COD mereka karena berbagai pertimbangan. Solusinya kamu bisa mencari seller lainnya untuk membeli produk yang kamu cari. Carilah seller yang mengaktifkan metode pembayaran COD agar kamu bisa membayarnya di rumah.

Selain itu jika kamu tidak bisa memilih sistem pembayaran COD, bisa jadi karena akunmu juga tidak mengaktifkan sistem pembayaran COD. Beberapa pengguna justru tidak menyadari hal ini. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengaktifkan sistem pembayaran COD melalui pengaturan akun Shopeemu. Aktifkan seluruh sistem pembayaran agar kamu bisa memilih sistem pembayaran yang kamu inginkan.

3. Alamat Tidak Dapat Dijangkau

Salah satu alasan lainnya kenapa tidak bisa cod di Shopee yakni karena alamat rumahmu tidak bisa dijangkau oleh ekspedisi yang melayani pembayaran COD. Jika alamat tujuan terjangkau, pastinya sistem pembayaran COD bisa kamu pilih. Sebab COD hanya menjangkau wilayah tertentu dan biasanya di kota-kota besar saja.

Namun kamu masih bisa memilih sistem pembayaran COD dengan mencari toko terdekat dari wilayahmu. Jika seller berada dekat dengan alamat tujuan atau setidaknya satu wilayah, maka biasanya sistem pembayaran COD bisa digunakan.

4. Terkena Pinalti COD

Saat kamu terlalu sering membatalkan pesanan COD maka Shopee bisa memberikan peringatan berupa masa pinalti. Biasanya Shopee akan memberikan masa pinalti ini selama 30 hari. Shopee bisa mendeteksi ketika kamu sering membatalkan sistem pembayaran COD. Oleh sebab itu kamu selama 30 hari dilarang menggunakan sistem pembayaran COD.

Masa pinalti ini berlaku untuk semua toko yang ada di Shopee. Jadi kamu tidak bisa membeli produk apapun di Shopee dengan COD. Solusinya, kamu harus menunggu hingga masa pinalti habis yakni 30 hari. Jika sudah 30 hari tapi kamu tak kunjung bisa menggunakan sistem pembayaran COD, maka kamu bisa bertanya pada CS Shopee untuk mendapatkan solusinya.

5. Produk yang Dibeli Termasuk Item “Non Cod”

Alasan terakhir kenapa tidak bisa cod di Shopee yakni karena produk yang kamu pilih termasuk dalam item Non-Cod. Beberapa seller memasukkan kategori produk COD dan Non-COD. Bahkan kamu bisa melihat keterangan ini saat membuka profil produk yang ingin dibeli. Seller biasanya menetapkan syarat produk Non-Cod seperti barang-barang elektronik atau yang berukuran besar.

Hal ini sangat beresiko terhadap pengiriman barang. Seller akan menyediakan metode pengiriman dan pembayaran yang lebih aman terutama untuk barang yang nilainya besar.

Itulah beberapa penyebab kamu tidak bisa memilih sistem pembayaran COD dan solusinya agar bisa kembali menggunakan COD.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar