Alasan Kenapa Shopee Lemot dan Cara Mengatasinya

Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai Shopee itu adalah kenapa Shopee lemot, karena memang terkadang Shopee lemot. Ketika aplikasi Shopee lemot, maka sudah pasti orang akan merasa terganggu dan juga sudah pasti merasa sangat kesal dan juga sebal. Karena itulah banyak yang mencari informasi tersebut, untuk mengetahui alasannya dan juga cara mengatasinya.

Kalau kamu mengalami masalah Shopee yang lemot itu, maka ada baiknya kamu mencari tahu dulu kenapa aplikasi Shopee lemot. Karena untuk mengatasi permasalahan tersebut, kamu harus tahu dulu penyebabnya dan kemudian jadi tahu cara mengatasinya. Dan pada kesempatan kali ini kami akan bagikan beberapa penyebab hal itu Bisa terjadi dan juga bagaimana cara mengatasinya.

Selain beli kredit dengan Shopee Paylater, tahukah kamu bisa meminjam uang tunai di Shopee? Pencairan cepat dengan plafon hingga 20 juta. Selengkapnya di Shopee Pinjaman.

Penyebab Aplikasi Shopee Lemot

penyebab aplikasi shopee lemot

Tentunya ada beberapa penyebab yang membuat aplikasi marketplace yang cukup populer ini mengalami lemot atau berat. Perlu disadari juga kalau Shopee adalah salah satu marketplace jajaran atas yang sudah pasti cukup ramai dikunjungi oleh orang satu Indonesia. Nah berikut ini kami akan jelaskan beberapa alasan kenapa Shopee lemot dan membuat banyak orang merasa kesal.

1. Ada Gangguan Pada Aplikasi Shopee

Penyebab yang paling pertama itu adalah gangguan pada aplikasi Shopee yang ada di smartphone kamu. Sebab namanya aplikasi itu terkadang memang muncul gangguan yang membuat kinerja dari aplikasi pun akan berkurang dan jadi lemot. Ini menjadi salah satu penyebab Shopee lemot yang harus kamu waspadai paling pertama.

2. Server Down

Penyebab yang kedua adalah server down, di mana setiap aplikasi itu pasti memiliki server khusus untuk Bisa diakses. Dan ketika server mungkin terlalu penuh atau terjadi eror, maka server itu akan mengalami down dan tidak Bisa diakses dengan lancar. Dan salah satu ciri dari server down itu adalah kinerja dari aplikasi Shopee itu akan melambat.

3. Memori Hp Terlalu Penuh

Penyebab yang ketiga adalah memori hp, kinerja dari aplikasi itu memang Biasanya sangat bergantung dengan kapasitas memori hp. Biasanya kalau memori hp penuh, maka kinerja smartphone itu akan berkurang, dan demikian juga terjadi pada aplikasi. Ini mungkin jadi alasan kenapa Shopee lemot yang paling sering terjadi ya.

4. Kapasitas RAM terlalu Kecil

Penyebab yang keempat adalah RAM, setiap smartphone itu dibekali RAM tertentu dan mungkin RAM tidak terlalu baik. Biasanya RAM inilah yang akan menjadi tempat aplikasi berjalan pada smartphone, dan bila terlalu kecil tentu akan mempengaruhi kinerja aplikasi. Biasanya aplikasi akan lebih lambat atau lemot apabila mungkin kapasitas RAM itu terlalu kecil.

5. Aplikasi Belum Update

Penyebab yang kelima adalah aplikasi belum update, bila aplikasi Shopee bukan yang terbaru itu mempengaruhi kinerjanya lho. Soalnya beberapa update dari Shopee itu untuk memaksimalkan kinerja dari aplikasi, jadi Bisa saja membuat eror versi lama. Jadi mungkin kamu harus periksa dulu versi dari aplikasi, kalau kamu mengalami aplikasi Shopee mengalami lemot.

6. Jaringan Internet Jelek

Penyebab yang keenam adalah jaringan internet yang tidak stabil atau mungkin kualitasnya buruk, ini juga menjadi salah satu penyebab. Untuk Bisa mengakses marketplace online Shopee itu jelas membutuhkan koneksi internet, dan kinerjanya sangat bergantung pada koneksi. Jadi bila koneksi yang dipakai itu tidak terlalu baik, maka sudah pasti itu jadi alasan kenapa Shopee lemot.

7. OS Belum Diupdate

Penyebab yang terakhir adalah OS dari smartphone kamu mungkin bukan yang terbaru, atau mungkin belum update. Biasanya kalau OS smartphone belum update, maka akan terjadi eror dan juga penurunan kinerja dari smartphone. Hal ini pun sudah pasti akan mempengaruhi jalannya aplikasi, dan mungkin jadi penyebab penurunan kinerja aplikasi Shopee.

Cara Mengatasi Shopee yang Lemot

cara mengatasi shopee lemot

Setelah kamu sudah tahu apa yang menjadi penyebabnya, maka selanjutnya kamu harus tahu juga cara mengatasinya seperti apa. Sebenarnya cara mengatasinya itu sendiri tergantung dari kenapa Shopee lemot, karena sudah pasti caranya itu berbeda. Dan pada kesempatan kali ini kami akan jelaskan beberapa cara mengatasi Shopee lemot yang mungkin akan kamu alami.

1. Ganti Koneksi Internet

Cara yang pertama Bisa dipergunakan itu adalah dengan mengganti koneksi internet terlebih dahulu dengan yang lebih baik. Mungkin kamu Bisa pakai WIFI saja yang Biasanya memang lebih stabil dan juga lebih kencang dibandingkan dengan provider. Namun intinya kamu Bisa coba ganti jaringan internet terlebih dahulu.

2. Paksa Berhenti Aplikasi dan Mulai Lagi

Cara yang kedua adalah paksa berhenti aplikasi dan kemudian mulai kembali aplikasi Shopee. Ini adalah cara yang harus kamu lakukan ketika mungkin kamu menjalankan Shopee dan jalannya terlalu lemot.

3. Restart Smartphone

Cara yang kedua adalah restart smartphone, ini adalah cara yang juga Bisa membantu ketika mungkin ada masalah pada aplikasi. Dengan restart smartphone, maka berbagai macam eror yang mungkin terjadi pun akan Bisa hilang. Sehingga aplikasi Shopee akan dimulai dari awal lagi, termasuk smartphone kamu.

4. Update Aplikasi

Cara yang terakhir adalah update aplikasinya, ini menjadi cara yang juga mungkin dilakukan pertama ketika aplikasi Shopee lemot. Mungkin kamu Bisa cek di Playstore untuk kemungkinan adanya versi terbaru dari Shopee, bila tidak ada notifikasi. Nah kalian coba update dan buka lagi, kalau masalahnya soal versi aplikasi, maka pasti aplikasi Shopee tidak lemot lagi.

Demikianlah informasi soal kenapa Shopee lemot dan juga cara untuk mengatasinya. Diatas itu semua harus dipahami bahwa aplikasi Shopee memang menggunakan resource yang sangat besar. Jadi jika kamu sudah menggunakan cara-cara diatas namun masih juga lemot, pertimbangkanlah untuk meng-upgrade Hp mu.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar