Apa itu Angsuran? Pengertian, Jenis dan Contohnya

Zaman sudah serba digital. Semuanya Bisa diakses melalui internet. Mulai dari pelayanan kesehatan, bidang ekonomi serta portal berita yang dulunya manual sekarang bisa diakses hanya lewat genggaman tangan.

Bidang yang tak kalah canggih lainnya adalah disektor perbankan dimana sekarang banyak orang yang sudah Bisa membayar angsuran lewat aplikasi mobile yang tersedia di Playstore. Berbicara tentang angsuran sudah seberapa pahamkah kamu mengenal apa itu angsuran?

Pengertian Angsuran

Angsuran adalah sejumlah uang yang telah disepakati besarannya guna mengembalikan atau membayar barang secara berkala. Bagi kamu yang ingin mengambil atau membeli barang secara kredit pasti sudah tak asing lagi mengenai apa itu angsuran bukan?. Hal seperti ini wajar karena semua pinjaman ataupun pembelian barang tak lepas dengan satu kata ini.

Namun, tahukan kamu jika angsuran memiliki beberapa golongan atau jenis yang patut kamu pelajari agar tidak salah kaprah mengenai angsuran.

Jenis-jenis angsuran

jenis jenis angsuran

Berikut jenis-jenis angsuran yang umum ditemukan :

Angsuran Flat

Apa itu angsuran flat? Angsuran flat merupakan angsuran yang memiliki bunga tetap alias jumlah angsurannya tidak pernah berubah-ubah. Hal ini memiliki banyak keuntungan bagi nasabah antara lain.

Kelebihan angsuran flat :

  • Besaran angsuran cenderung tetap hal ini membuat nasabah bisa memprediksi sendiri untuk total angsurannya.
  • Memiliki rumus hitungan yang mudah serta sederhana.
  • Tidak dipengaruhi oleh suku bunga yang mengacu terhadap bunga Bank Indonesia yang acap kali mengalami perubahan.

Angsuran Floating

Apa itu angsuran Floating? Angsuran Floating adalah jenis angsuran yang acap kali memiliki suka bunga yang berubah-ubah tergantung dari ketentuan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia.

Bagi kamu yang hendak mengambil pinjaman kamu juga harus mengetahui sistem angsuran dan plus minusnya. Untuk jenis Angsuran Floating juga memiliki keuntungan tersendiri.

Kelebihan angsuran floating :

  • Bunga bisa turun ketika nilai suku bunga pasaran mengalami penurunan. Hal ini bisa mengurangi jumlah besaran angsuran yang harus di setorkan.
  • Angsuran Floating dinilai lebih rasional dibanding dengan sistem angsuran flat

Selain kelebihan, sistem angsuran ini juga memiliki kekurangan loh.

Kekurangan angsuran floating :

  • Suku bunga mengalami kenaikan apabila suku bunga pasaran melambung tinggi.
  • Kebijakan pemerintah sangat mempengaruhi sistem ini.
  • Rumus hitungan angsuran cenderung rumit. Hal ini disebabkan dari sistemnya yang berubah-ubah. Bisa naik dalam sekejap tetapi juga Bisa langsung turun pada saat itu juga.

Angsuran Pokok

Untuk informasi tentang angsuran flat dan floating sudah dikupas cukup dalam. Namun selain angsuran di atas apakah kamu sudah tahu mengenai salah satu angsuran lainnya seperti angsuran pokok?

Apa itu angsuran pokok? Angsuran pokok adalah besaran angsuran yang dibayarkan tanpa ada imbuhan bunga di belakangnya.

Nah berbicara mengenai apa itu angsuran sudah pasti tak terlepas dengan lembaga keuangannya. Baik itu perbankan, Leasing (pembiayaan), pinjaman online maupun sistem kredit lainnya.

Bank

Berdasarkan inti dari Undang-Undang tahun 1998 mengenai Bidang perbankan menyebutkan Bank merupakan badan usaha yang melakukan perhimpunan dana masyarakat serta menyalurkannya kembali dalam wujud kredit ataupun lainnya dengan tujuan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

  • Bank Umum
    Bank umum yaitu bank yang memiliki fungsi menjalankan kegiatan usaha baik secara konvensional maupun syariah sesuai yang ditetapkan undang-undang yang berlaku.
  • Bank Perkreditan Rakyat
    Bank satu ini bertindak melayani untuk daerah serta pedesaan berupa pemberian modal yang belum bisa dijamak oleh Bank Umum. Hal ini guna meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat yang membuka usaha namun kesulitan jika harus ke Bank Umum.

Pembiayaan (Leasing)

Leasing adalah sebuah bentuk kegiatan pembiayaan yang sudah ada dari tahun 2000 SM. Hal ini pertama kali ditemukan di bangsa Babilonia. Kemudian apa saja yang menjadi tujuan dari lembaga satu ini?. Berikut diantaranya :

  • Mampu memberikan kemudahan akses untuk mendapatkan barang-barang yang memiliki harga cukup mahal tetapi bisa dibayar secara berangsur.
  • Saling memberikan keuntungan baik bagi pemberi hutang maupun konsumen.

Koperasi

Koperasi ialah organisasi keuangan yang beranggotakan sejumlah orang dengan tujuan menyejahterakan semua anggotanya. Fungsi koperasi diantaranya :

  • Meningkatkan ekonomi bagi anggota khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.
  • Menguatkan bidang ekonomi masyarakat sekitar serta anggotanya.
  • Ikut andil menjalankan peran dalam menuntaskan kemiskinan.

Pinjaman Online

pinjaman angsuran ringan adakami

Pinjol sudah semakin marak belakangan ini. Faktor ini didukung oleh canggihnya teknologi dan juga semakin banyaknya nasabah bank yang beralih ke pinjol. Hal ini disebabkan mudahnya mengambil pinjaman tanpa harus ribet menyertakan sejumlah agunan.

Sebut saja salah satu Pinjaman Online AdaKami yang merupakan aplikasi pinjaman online terpercaya di Nusantara (baca: review AdaKami). Bukan hanya kemudahan seperti pengajuan tanpa agunan tetapi juga penghitungan bunganya dan angsurannya yang ringan.

Namun perlu kamu ketahui apa itu angsuran Pinjol?. Angsuran Pinjol adalah angsuran yang telah disepakati bersama ketika mengajukan pinjaman diawal. Beberapa aplikasi pinjaman online memiliki suku bunga yang tinggi tetapi untuk aplikasi Adakami cukup masuk akal untuk penghitungan bunganya. Selain suku bunga yang masuk akal. Yuk, kita pelajari apa saja kelebihan dari Adakami.

  • Sudah legal dan terdaftar di OJK
  • Pengajuan dapat diproses secepat mungkin
  • Aman
  • Sudah terkomputerisasi dengan baik
  • Tenor pinjaman yang ideal
  • Bunga yang dapat dijangkau oleh masyarakat luas
  • Memiliki beragam bonus menarik

Untuk pembahasan yang lebih mendalam, silahkan baca review AdaKami.
Atau jika kamu butuh nama lain sebagai rekomendasi, kamu bisa coba pinjaman Julo, Kredit Pintar (review Kredit Pintar), SPinjam (review Shopee Pinjam) hingga Tunaiku (review Tunaiku). Nama-nama tersebut adalah aplikasi pinjol yang sudah Berizin OJK dengan besaran bunga yang sesuai aturan.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar