Cara Mengaktifkan Shopee Pinjam

Karena prosesnya melalui undangan, tidak ada cara daftar Shopee Pinjam yang ada adalah cara mengaktifkan Shopee Pinjam. Jika kamu mendapatkan undangan tersebut yang harus kamu lakukan hanya mengaktifkannya dan ketika aktif limit saldo bisa langsung digunakan.

Shopee Pinjaman Hanya untuk Pengguna Terpilih

cara mengaktifkan shopee pinjam

Ada 2 syarat untuk bisa menggunakan Shopee Pinjam. Yang pertama adalah kamu pengguna Shopee atau memiliki akun di Shopee. Ini mudah karena kamu bisa mendaftar sekarang juga. Syarat yang kedua adalah Shopee memilihmu sebagai pengguna yang layak untuk menggunakan Shopee Pinjam. Nah, ini yang sulit.

Mengapa pihak Shopee pilah pilih seperti itu? mengapa tidak semua pengguna bisa menggunakan SPinjam? Itu dikarenakan tidak semua pengguna layak untuk diberikan kepercayaan. Shopee akan melakukan screening dan analisis untuk menentukan pengguna mana saja yang pantas untuk diberikan plafon pinjaman. Pengguna yang dianggap pantas akan mendapatkan undangan untuk melakukan aktifasi Shopee Pinjaman.

Bagaimana Cara agar Shopee Pinjam Muncul?

Menurutmu bagaimana cara Shopee menentukan pengguna tertentu layak sedang yang lainnya tidak?. Dengan database yang mencatat semua histori transaksi penggunanya, itu mudah untuk dilakukan. Shopee mengetahui pengguna yang rajin melakukan transaksi, yang hanya sebulan sekali, yang cuma hobi Whistlist-in barang, yang menambahkan item ke keranjang tapi lupa Checkout sampai pengguna yang sudah setahun mendaftar tapi belum beli apapunn.

Bagaimana cara agar undangan Shopee Pinjam muncul diakunmu? Caranya adalah dengan memantaskan diri. Sejauh pengalaman Krediblog, untuk mendapatkan undangan Shopee Pinjam minimal level akunmu adalah Gold. Sedang untuk mendapatkan level Gold kamu harus melakukan transaksi di Shopee lebih dari 20 kali dalam rentang 6 bulan. Apakah pasti mendapatkan undangan jika sudah Gold? belum tentu juga karena seperti kata CS Shopee penentuannya dilakukan by sistem. Namun dengan menjadi member Gold peluangmu menjadi lebih besar.

Cara Mengaktifkan Shopee Pinjam

Tutorial cara mengaktifkan Shopee Pinjam berikut bisa kamu ikuti jika kamu sudah mendapatkan undangan (berlaku juga untuk Shopee Pinjam Penjual). Bagi yang belum tunggu saja karena jika kamu pengguna Shopee yang “baik” itu hanya masalah waktu.

Waktu yang dibutuhkan: 10 menit

Cara aktifkan Shopee Pinjam :

  1. Pilih menu Shopee Pinjam

    Buka aplikasi Shopee dan pergi ke tab “Saya”. Klik pada menu SPinjam.cara mengaktifkan shopee pinjam menu

  2. Aktifkan SPinjam

    Pada halaman SPinjam klik tombol bertuliskan “Aktifkan Sekarang”.cara mengaktifkan shopee pinjam aktifkan

  3. Verifikasi OTP

    Masukkan kode OTP yang dikirim ke nomor yang terdaftar. Klik “Lanjut”.cara mengaktifkan shopee pinjam otp

  4. Lengkapi data diri

    Verifikasi KTP seperti nama dan NIK. Lanjut dengan mengklik “Konfirmasi”.verifikasi otp

  5. Informasi tambahan

    Lengkapi informasi tambahan lainnya seperti gaji per bulan, pendidikan, pekerjaan dan kontak darurat. Jika sudah klik “Lanjut”.informasi tambahan

  6. Verifikasi wajah

    Lakukan verifikasi wajah di area yang sudah disiapkan.verifikasi wajah

  7. Submit data

    Data yang kamu input akan terkirim ke Shopee untuk diproses.

  8. Pengajuan diproses

    Kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa pengajuan sedang di proses.

  9. Pengajuan disetujui

    Jika pengajuanmu disetujui kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa SPinjam berhasil diaktifkan.

  10. SPinjam aktif

    Cara mengaktifkan Shopee Pinjam selesai. Limit siap digunakan.cara mengaktifkan shopee pinjam berhasil sukses

Catatan

Menentukan pengguna terpilih berdasarkan histori transaksinya di Shopee adalah bagian dari proses Know Your Customer (KYC). Proses berikutnya adalah credit scoring berdasar kelengkapan informasi diri yang kamu kirimkan. Tahap inilah yang menentukan berapa limit saldo yang didapatkan oleh pengguna. Selain penghasilan yang dimiliki, yang ikut menentukan besaran limit saldo yang pengguna dapatkan adalah aktifitas di Shopee. Maka biasanya yang mendapatkan limit tinggi adalah mereka yang tercatat sering melakukan transaksi di Shopee termasuk para Seller di Shopee.

Menggunakan statistik pada eCommerce adalah hal yang umum dalam proses analisa data. Asumsinya pengguna dengan statistik yang baik (rajin bertransaksi) memiliki arus keuangan yang lancar dan pemberian plafon pinjaman akan tepat guna untuknya.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram