Gestun Akulaku di Alfamart. Bisakah Dilakukan dan Caranya?

Ada cukup banyak pengguna yang tertarik untuk melakukan gestun Akulaku di Alfamart. Dibanding mengajukan pinjaman tunai yang pada prosesnya membutuhkan verifikasi, dengan gesek tunai kamu bisa mendapatka uangnya langsung di kasir Alfamart (atau Indomaret). Tidak perlu menunggu dan menarik uang di ATM. Benarkah seperti itu?

Alfamart dan Indomaret memang sudah menjalin kerjasama dengan Akulaku. Limit saldo paylater yang kamu miliki di Akulaku bisa digunakan di kedua gerai ritel tersebut. Krediblog pernah menulis tutorial cara belanja di Alfamart pakai Akulaku dan membuktikan sendiri bahwa itu memang bisa dilakukan.

Apakah itu berarti gestun atau gesek tunai juga bisa dilakukan? Jika kamu pengguna Akulaku minimal akan penasaran dengan kebenarannya. Dan jika benar kamu pengguna Akulaku, kamu akan tahu tulisan berikut sesuai fakta atau ngawur belaka.

Bisakah Melakukan Gestun Akulaku di Alfamart?

bisakah gestun akulaku di alfamart

Jika kamu butuh jawaban cepat atas pertanyaan, “Bisakah gestun Akulaku di Alfamart?”, jawabannya adalah, “Tidak bisa”. Lalu bagaimana dengan informasi di website lain yang mengatakan sebaliknya, bahkan mereka juga menuliskan lengkap dengan tata caranya.

Silahkan kamu ikuti tutorial tersebut untuk membuktikan. Sejauh yang Krediblog cari tidak ada satupun yang presisi. Berikut beberapa faktanya :

Bukan gestun melainkan E-Voucher Alfamart

Tutorial yang mereka jelaskan step by stepnya bukanlah gestun untuk mendapatkan uang tunai melainkan mendapatkan E-Voucher Alfamart atau Indomaret. Alih-alih mendapatkan uang yang kamu butuhkan, yang kamu dapatkan adalah voucher digital untuk kamu tukar di gerai Alfamart terdekat.

Alfamart adalah salah satu toko offline yang menerima pembayaran dengan Akulaku. Ada 2 cara yang bisa kamu gunakan. Yang pertama adalah menggunakan Barcode yang tinggal kamu serahkan ke kasir dan yang kedua menggunakan E-Voucher. Seperti yang kamu lihat, menu ini adalah untuk melakukan pembayaran dan bukan untuk penarikan uang tunai.

E-Voucher hanya untuk belanja

E-Voucher Alfamart adalah alat pembayaran yang bisa digunakan untuk belanja harian. Kupon digital atau e-voucher ini terdiri 16 kode rahasia yang dapat ditukarkan di seluruh Alfamart di Indonesia. Voucher atau kupon dapat digunakan untuk belanja apa pun.

Yang bisa kamu lakukan dengan E-Voucher tersebut adalah membayar belanjaan senilai nominal voucher yang kamu miliki. Ia tidak bisa diuangkan bahkan jika total belanjaanmu lebih kecil dari nominal voucher, tidak akan ada kembalian yang diberikan. Jelas sekali bahwa E-Voucher Alfamart ini tidak ada hubungannya dengan mendapatkan uang tunai.

Tutorial cara Gestun Akulaku di Alfamart

tutorial cara gestun akulaku di alfamart

Apakah itu berarti sama sekali tidak ada cara untuk gestun Akulaku di Alfamart? Cara mudahnya tidak ada tetapi jika kamu bersikeras masih ada cara yang bisa dilakukan. Cara ini terbilang sulit karena kamu harus sepakat dengan kasir Alfamart yang mana itu bagian tersulitnya. Mari kita lihat kemungkinannya.

Waktu yang dibutuhkan: 20 menit

Tutorial cara gestun Akulaku di Alfamart :

  1. Kunjungi gerai Alfamart

    Cari gerai Alfamart yang kamu kenal kasir atau salah satu pegawainya.

  2. Sampaikan kamu ingin gestun

    Jika mereka setuju jelaskan prosedurnya. Mereka harus memproses transaksi seperti umumnya orang belanja.

  3. Pilih belanjaan

    Silahkan pilih barang di Alfamart sejumlah nominal yang ingin kamu gestun-kan. Misal kamu ambil barang dengan total adalah Rp 300.000.

  4. Lakukan pembayaran

    Buka aplikasi Akulaku dan pilih menu “Paylater”. Pada bagian atas pilih Barcode dan tunjukkan ke kasir Alfamart.

  5. Pembayaran dilakukan

    Kasir akan men-scan Barcode tersebut dan belanjaanmu senilai Rp 300.000 tadi lunas dibayarkan oleh Akulaku.

  6. Batalkan transaksi

    Batalkan transaksi pembelian tersebut dan minta ke kasir untuk menyerahkan Rp 300.000 uang yang tadi kamu bayarkan.

  7. Terima uang

    Kamu akan mendapatkan uang pengembalian atas transaksi yang dibatalkan.

  8. Berikan komisi

    Seperti umumnya transaksi gestun, kamu harus memberikan komisi kepada petugas yang terlibat sesuai kesepakatan.

Bagian yang sulit dari percobaan gestun Akulaku di Alfamart di atas diantaranya :

  • Menemukan Alfamart yang mau bekerjasama
  • Membatalkan transaksi. Apakah membatalkan transaksi yang sudah dilakukan pembayaran itu bisa dilakukan? Krediblog tidak tahu. Kamu harus bertanya langsung ke kasir Alfamart untuk mencari tahu.

Catatan

catatan krediblog

Seperti yang kamu lihat sendiri gestun Akulaku di Alfamart itu sangat sulit kalau tidak mau disebut tidak bisa. Sulit prosesnya, sedikit hasilnya dan beresiko transaksinya. Pada gestun nominal paling besar yang bisa kamu tarik adalah sejumlah limit Paylater yang kamu miliki (biasanya antara 500 ribu sampai 2 juta). Jika limit Paylatermu pas-pasan dan sedang membutuhkan uang tunai, pinjaman Akulaku merupakan opsi yang lebih baik.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar