Cara Belanja di Alfamart Pakai Akulaku. Tutorial Step by Step

Belanja di Alfamart pakai Akulaku – Kurang lebih awal bulan ini ada menu baru di aplikasi Akulaku. Dia adalah “Pembayaran QR”. Seperti yang kamu ketahui, pembayaran QR adalah jenis pembayaran digital melalui aplikasi uang elektronik berbasis server, dompet digital, atau mobile banking. Yang umum dipakai saat pembayaran QR adalah dompet digital seperti OVO, Gopay, Dana, LinkAja atau mobile banking. Namun sekarang kamu bisa bayar QR menggunakan Akulaku.

Tetapi untuk saat ini, pembayaran QR dengan Akulaku masih terikat pada merchant khusus dan belum berlaku secara umum. Adapun merchant offline yang sudah bekerjasama dan bisa menerima pembayaran Akulaku adalah Alfamart.

Mengapa Alfamart, Akulaku?

belanja di alfamart menggunakan akulaku

Jawabannya, “Mengapa Tidak?”. Alfamart yang dulu kamu kenal sebagai mini market tempat menjual roti dan minyak kini sudah bertransformasi menjadi tempat belanja kebutuhan rumah tangga hampir apa saja dan Payment Point atau tempat pembayaran paling lengkap. Sekedar informasi, Alfamart menguasai pangsa pasar minimarket di dalam negeri hingga 30%. Kemodern mereka bisa dilihat dari metode pembayaran yang mereka adopsi. Hampir semua metode pembayaran yang umum digunakan bisa kamu gunakan di Alfamart. Termasuk pembayaran dengan QR.

Kerjasama Alfamart dengan Akulaku, memungkinkanmu berbelanja di Alfamart menggunakan metode cicilan Akulaku. Untuk kamu yang baru mendengar Akulaku, dia adalah aplikasi cicilan dan pinjaman tunai. Tertarik mengenal Akulaku lebih jauh? Silahkan baca profilnya disini: Akulaku dan salah satu layananannya di pinjaman tunai Akulaku.

Kelebihan Belanja di Alfamart Pakai Akulaku

Berbeda dengan pembayaran menggunakan dompet digital atau mobile banking dimana kamu harus memiliki uang (saldo) untuk bisa melakukan pembayaran, belanja di Alfamart pakai Akulaku tidak mengharuskanmu memiliki uang. Bahkan kelebihan utama pembayaran Akulaku adalah kamu bisa berbelanja dulu dan bayar nanti. Dengan kata lain, kamu bisa berbelanja di Alfamart dan membeli semua barang-barang yang kamu butuhkan, tanpa mengeluarkan uang sepeserpun.

Konsep semacam itu sangat cocok untuk kamu yang memiliki kebutuhan rutin bulanan namun sering terkendala tanggal tua. Dengan belanja di Alfamart pakai Akulaku, kamu bisa tetap membeli kebutuhanmu sekarang juga dan membayarnya nanti ketika kamu sudah gajian atau sudah mendapat penghasilan. Akulaku dengan pembayaran QR nya, memungkinkanmu berbelanja di minimarket dengan sistem kredit atau tempo.

Tanggal Jatuh Tempo Tagihan

Lalu kapan kita diharuskan membayar belanjaan yang kita beli di Alfamart tadi? Tidak buru-buru kok, kamu memiliki tempo pembayaran kurang lebih 30 hari atau satu bulan. Untuk mendapatkan perhitungan pastinya, kamu harus tahu dulu tanggal tutup buku dan jatuh tempo pembayaran Akulaku mu. Tutup buku adalah tanggal cut off atau tanggal tutup laporan, sedang jatuh tempo adalah tanggal dimana kamu diharuskan membayar tagihan yang ada.

Bingung? Oke kita permudah dengan contoh. Akun Akulaku Krediblog tutup buku pada tanggal 10 dan jatuh tempo pada tanggal 25 setiap bulannya. Untuk transaksi yang dilakukan sebelum tanggal 10, maka tagihannya akan masuk pada pembayaran tanggal 25 bulan tersebut. Sedang untuk transaksi yang dilakukan diatas tanggal 10, tagihannya akan masuk untuk pembayaran tanggal 25 bulan depannya. Artinya jika kamu ingin mendapatkan tenor atau tempo pembayaran yang lebih lama, lakukan transaksi pada tanggal 11, 15 atau 20. Yang penting diatas tanggal 10.

Perhitungan tutup buku dan tanggal jatuh tempo berbeda untuk setiap akun. Biasanya yang dijadikan patokan adalah tanggal pertama kali kamu melakukan transaksi di Akulaku setelah pendaftaran. Pahami tutup buku dan tanggal jatuh tempomu, dengan begitu kamu bisa belanja di Alfamart pakai Akulaku dan membayarnya hingga 45 hari kemudian.

Tutorial Cara Belanja di Alfamart Pakai Akulaku

Ini adalah survey lapangan yang dilakukan oleh Krediblog. Setidaknya ada 5 Alfamart yang Krediblog kunjungi dan menanyakan apakah bisa menggunakan pembayaran dengan Akulaku. Berbeda dengan OVO, Gopay atau Dana yang hampir pasti mereka paham, tidak semua kasir Alfamart tahu dan kenal apa itu Akulaku. Hal ini bisa dimengerti karena selain tidak muncul di TV nasional, Akulaku memang bukanlah alat pembayaran yang berlaku umum. Melainkan aplikasi cicilan yang memiliki fitur pembayaran dengan QR.

Setelah bertanya ke beberapa lokasi Alfamart, Krediblog memilih Alfamart di daerah Duren Sawit, Jakarta Timur. Disitu Alfamartnya cukup besar dengan area parkir yang luas. Dan ya, disitu bisa melakukan pembayaran belanja menggunakan Akaulaku.

Cara belanja di Alfamart pakai Akulaku:

  1. Kunjungi Alfamart

    Datang ke Alfamart tempat kamu biasa berbelanja.

  2. Pilih barang

    Lakukan proses belanja seperti biasanya (screenshot Belanja).belanja di alfamart pakai akulaku

  3. Bayar di kasir

    Beritahukan bahwa kamu akan membayar dengan Akulaku (screenshot Kasir).

  4. Hitung belanja

    Kasir akan menghitung belanjaanmu dan bisa kamu lihat pada monitor dekat kasir (screenshot Hitung).

  5. Tunjukkan QR Code Akulaku

    Buka aplikasi Akulaku, pilih tab “Servis”dan pada submenu minimarket klik menu “Pembayaran QR”. Tunjukkan QR Code kepada kasir jika sudah siap membayar (screnshot QR Code).cara belanja di alfamart pakai akulaku

  6. Tunggu proses pembayaran

    Kasir akan men-scan QR Code mu untuk melakukan pembayaran. Tunggu prosesnya hingga selesai. Jika pembayaranmu sukses akan muncul tampilan seperti pada screnshot Bayar Berhasil.

  7. Cek struk

    Kamu tetap akan menerima struk seperti pada pembayaran tunai dan akan tertera disana metode pembayaran dengan Akulaku (screenshot Struk).

  8. Selesai

    Proses selesai. Kamu berhasil belanja di Alfamart pakai Akulaku.

Catatan Belanja di Alfamart dengan Akulaku

  • Pastikan limit saldo Akulaku tersedia.
    Pastikan kamu memiliki limit saldo sejumlah atau lebih dari nilai belanjaan yang ingin kamu beli. Untuk alasan kenyamanan saat membayar, usahakan maksimal belanjaanmu adalah setengah dari limit saldo yang kamu miliki.
  • Konfirmasi sebelum belanja.
    Konfirmasikan terlebih dahulu kepada kasir Alfamart bahwa kamu akan membayar dengan Akulaku. Sehingga jika di Alfamart tersebut belum mendukung atau tidak bisa menggunakan Akulaku, kamu bisa mencari Alfamart lainnya.
  • Semua Alfamart mendukung Akulaku.
    Berdasar promo gencar yang dilakukan Akulaku, Krediblog yakin bahwa pembayaran dengan Akulaku bisa digunakan di Alfamart mana saja karena Alfamart menerapkan sistem secara integral. Namun terkadang kendala yang muncul di lapangan adalah pihak Alfamart (kasir dan pramuniaga) masih awam tentang Akulaku. Mereka tidak mengenalnya dan belum pernah menerima pembayaran dengan Akulaku sebelumnya.
  • Penting! Tunggu proses pembayaran hingga tuntas.
    Setelah kasir Alfamart melakukan scan QR Code dan mengembalikan Hp, tetaplah pada halaman QR Code dan jangan dulu beralih ke halaman lainnya. Tunggu proses pembayaran selesai dan tervalidasi. Saat pembayaranmu selesai dan sukses akan muncul tampilan seperti pada screenshot Bayar Berhasil.
  • Tidak ada batasan belanja.
    Nominal minimum belanja yang bisa menggunakan Akulaku adalah Rp 10.000. Sedang untuk nominal maksimalnya, Akulaku tidak memberi batasan. Yang menjadi batas adalah limit saldo yang kamu miliki.
  • Bunga yang dikenakan sangat kecil.
    Berbelanja di Alfamart pakai Akulaku dikenakan bunga yang sangat kecil. Entah bunga atau biaya administrasi, pada tagihan akan ada selisih yang tidak sampai sepuluh ribu antara struk Alfamart dengan jumlah tagihan di aplikasi Akulaku.

Langkah Akulaku dengan menggandeng Alfamart merupakan keputusan yang tepat guna karena Alfamart adalah minimarket yang hampir semua orang pernah dan akan mengunjunginya. Mengkoneksikan Alfamart dengan aplikasi Akulaku akan memberikan dorongan kepada pengguna Akulaku untuk minimal mencobanya. Krediblog pribadi berpendapat belanja di Alfamart menggunakan Akulaku akan ramai di kemudian hari.

Selengkapnya tentang Akulaku

Informasi berikut membahas Akulaku dan seputar pinjaman online dengan lebih lengkap dan detail:

FAQ Belanja di Alfamart Pakai Akulaku

Apakah kita bisa berbelanja di Alfamart pakai Akulaku?

Ya. Kamu bisa berbelanja seperti biasa untuk kemudian membayarnya dengan pembayaran QR Akulaku.

Berapa nominal minimum untuk bisa menggunakan Akulaku?

Nominal minimum adalah Rp 10.000 dan nominal maksimalnya sejumlah limit saldo Akulaku yang dimiliki.

Apakah semua Alfamart bisa menerima pembayaran Akulaku??

Harusnya ya. Namun untuk memastikan kamu konfirmasi terlebih dahulu pada bagian kasir.

Apakah ada biaya yang dikenakan?

Tidak ada. Kamu hanya akan dikenakan sedikit bunga seperti pada transaksi lainnya di aplikasi Akulaku.

Apakah aman bayar di Alfamart dengan Akulaku?

Ya. Karena pembayaran QR Code dibatasi oleh waktu dan setiap kode hanya berlaku untuk satu pembayaran.

Apakah Akulaku bisa digunakan di Indomart, Alfamidi atau minimarket lainnya?

Belum ada informasi terkait. Namun peluang bisnis memungkinkan itu untuk terjadi.

foto mr. kredi

TENTANG PENULIS

Halo, saya Kredi. Mendadak tertarik menulis tentang Fintech karena kata saudara, saya jago ngutang. Jadi sekalian aja ngembangin bakat. He..he.. Ini Blog pribadi, tidak berafiliasi dengan perusahaan manapun.

Kalau kamu punya pertanyaan atau komentar, tulis dibawah ya! Saya coba bantu jawab.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar