Bayar BPJS di Akulaku Secara Kredit (Bayar Nanti)

Bayar BPJS di Akulaku Secara Kredit – Tagihan BPJS Kesehatan, keluar setiap tanggal 10 setiap bulannya. Pada saat artikel ini ditulis, iuran BPJS untuk kelas I sebesar Rp 160.000, kelas II sebesar Rp 110.000 dan kelas III sebesar 42.000. Sekilas, besar iuran tersebut tidak seberapa dibanding manfaat yang didapat. Tapi jika satu keluarga terdiri dari 4 anggota, jumlah yang tidak seberapa tadi mendadak lumayan. Terlebih jika tagihan nunggak, 1 bulan saja nunggak sudah terasa berat dan sayang untuk mengeluarkan duit.

Jika kamu kebetulan lagi gak ada duit untuk bayar BPJS atau ada duit tapi untuk keperluan yang lain, mending bayar BPJS Kesehatan dengan saldo Akulaku. Kamu bisa bayar ke Akulaku bulan depannya, di tanggal jatuh tempo pembayaran cicilanmu. Oh ya, di postingan sebelumnya, Krediblog menyebut bahwa tagihan Akulaku tutup buku pada tanggal 10 dan jatuh tempo pembayaran pada tanggal 25 setiap bulannya. Ternyata itu tidak berlaku untuk semua akun. Setiap akun Akulaku akan memiliki tanggal tutup buku dan tanggal jatuh tempo yang berbeda-beda tergantung tanggal pertama dia melakukan transaksi.

Tanggal tutup buku adalah tanggal dimana tagihanmu di Akulaku akan dihitung, sedangkah jatuh tempo adalah tanggal pembayaran tagihan. Misal, Krediblog memiliki tanggal tutup buku pada tanggal 10 dan jatuh tempo pada tangga 25 setiap bulannya. Jika Krediblog melakukan transaksi pada tanggal 5 April 2020, transaksi tersebut akan ditagihkan atau harus Krediblog bayar pada tanggal 25 April 2020. Namun jika transaksi dilakukan pada tanggal 12 April 2020, jatuh tempo pembayarannya akan jatuh pada tanggal 25 Mei 2020. Paham? jadi kalau mau tagihannya lebih lama tempo pembayarannya, lakukan transaksi setelah lewat tanggal tutup buku.

Bayar BPJS Kesehatan di Aplikasi Akulaku

Nah begitu juga untuk pembayaran BPJS Kesehatan di Akulaku. Krediblog selalu membayar tagihan BPJS pada tanggal 15 setiap bulannya agar tagihan masuk hitungan bulan depannya, lumayan buat ngurangin beban cicilan bulan berjalan. Sebagai informasi, Krediblog rutin setiap bulannya menggunakan Akulaku. Selain BPJS, jenis transaksi digital yang paling sering dilakukan adalah pembelian token listrik, pulsa dan paket data. Minimal Rp 500.000 transaksi digital di Akulaku, itu belum cicilan kredit barang yang terus ada setiap bulannya. Akulaku lebih sering Krediblog gunakan dibanding Kredivo.

Berapa biaya administrasi jika bayar BPJS di Akulaku? tidak sampai Rp 5.000. Kamu bayangin, Akulaku nalangin tagihan BPJS kamu selama sebulan dan dia cuma minta Rp 4.000 sebagai upahnya. Jika kamu bayar di mitra yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan: baik transfer Bank, melalui aplikasi PPOB, Alfamart, Indomart, Tokopedia, Superindo, Apotek24, minimal biaya adminnya Rp 2.000. Jadi jika biaya adminnya tidak jauh berbeda dengan bayar Cash, bayar BPJS di Akulaku jelas worth it banget.

[su_row]
[su_column size=”2/3″]

[su_box title=”Bacaan Referensi” style=”soft” box_color=”#3aa3ff” radius=”2″]

[/su_box]

[/su_column]
[/su_row]

Cara Bayar BPJS Kesehatan di Akulaku

Sebelum melakukan pembayaran BPJS di Akulaku, Krediblog selalu mengecek tagihannya terlebih dahulu di aplikasi PPOB. Ini untuk memastikan status tagihan ada perubahan sebelum dan sesudah dibayar. Aplikasi PPOB yang biasa Krediblog gunakan adalah Ayopop.

cek tagihan bpjs di ppob

Seperti yang kamu lihat, tagihan BPJS Krediblog pada bulan Maret adalah Rp 110.000. Nominal tersebut karena Krediblog berada di kelas II dan hanya ada 1 peserta di Kartu Keluarga. Jika melakukan pembayaran via Ayopop akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 2.500. Selanjutnya dilakukan di aplikasi Akulaku.

Tutorial Bayar BPJS Kesehatan di Akulaku

cara bayar bpjs di aplikasi akulaku

  1. Buka aplikasi Akulaku ( [su_label type=”info”]Home[/su_label]).
  2. Klik menu ‘Servis’ dan pilih ‘BPJS’ ( [su_label type=”info”]Servis[/su_label]).
  3. Pada [su_label type=”info”]BPJS[/su_label] masukkan nomor Virtuan Account BPJS kamu dan klik “BAYAR”.
  4. Cek baik-baik di halaman [su_label type=”info”]Konfirmasi[/su_label]. Pastikan nomor VA yang kamu masukkan sesuai dengan data.
  5. Masih di halaman [su_label type=”info”]Konfirmasi[/su_label], pilih ‘Bayar dengan saldo’. Disitu akan tertera biaya yang harus kamu bayar dan jatuh tempo pembayaran.
  6. Cek poin terakhir, cek sekali lagi dan pastikan semua data sesuai ( [su_label type=”info”]Konfirmasi Akhir[/su_label]).
  7. Pembayaran sukses. Hore! tagihan BPJS Kesehatan kamu sudah dibayar ( [su_label type=”info”]Sukses[/su_label]).

cara bayar bpjs di akulaku secara kredit

Mengecek Status Pembayaran BPJS Sukses

Sampai disini tagihan BPJS Kesehatanmu telah dibayarkan oleh Akulaku. Untuk memastikan, kamu bisa mengeceknya langsung di aplikasi BPJS atau aplikasi PPOB apa saja. Apakah harus? tidak juga. Ini hanya untuk memastikan atau kalau kamu penasaran.

tagihan bpjs lunas

Seperti yang kamu lihat, tagihan BPJS Krediblog benar sudah dibayarkan dengan munculnya keterangan, “Permintaan Gagal, Tagihan Sudah Terbayar”.

Catatan Pembayaran BPJS di Akulaku:

  1. Pastikan saldo Akulaku-mu cukup sebelum melakukan transaksi.
  2. Besar biaya admin bisa berbeda tergantung jumlah tagihan yang dibayarkan.
  3. Krediblog belum pernah mencoba apakah Akulaku bisa untuk membayar tagihan BPJS yang nunggak hingga berbulan-bulan atau tagihan dengan nominal ratusan ribu hingga jutaan.
  4. Akulaku pernah membatasi transaksi digital untuk tidak lebih dari Rp 200.000 per hari. Namun sejak Februari 2020 lalu Krediblog bisa melakukan transaksi lebih dari Rp 300.000 dalam sehari.
foto mr. kredi

TENTANG PENULIS

Halo, saya Kredi. Mendadak tertarik menulis tentang Fintech karena kata saudara, saya jago ngutang. Jadi sekalian aja ngembangin bakat. He..he.. Ini Blog pribadi, tidak berafiliasi dengan perusahaan manapun.

Kalau kamu punya pertanyaan atau komentar, tulis dibawah ya! Saya coba bantu jawab.

guest
10 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
rina

aq mau dpt pinjama. dr aku laku asetku tp harus masuk bpjs klo yg gk ada bpjs gmn

rina

mf tapi disitu tertera harus masuk bpjs

Samsul

Maaf saya mau tanya saya punya tunggakan BPJS sebesar 6,3 jt, apa bisa bayar dengan aplikasi aku lakukan saya tidak mengerti cara menggunakan ny

Evi

Saya sudah melakukan pembayan tunggakan bpjs saya melalui akucicil tp pas di cek kenapa statusnya masih tertinggak ya padahal padahal saldo limit aku laku nya sudah berkurang. Itu bagaimana ya….percuma donk klongitu

Gilang

Saya mau bayar bpjs pake akulaku, tapi pas d klik bayar malah muncul “demi keamanan akun anda tidak dapat di gunakan membayar cicilan”
Padahal limit saya masih cukup untuk bayar bpjs, dan saya ga punya tunggakan tagihan di akulaku, kenapa ya.?