Dana Lebih Kredivo. Cara Mencairkan Excess Credit

Dana Lebih Kredivo – Aplikasi yang melibatkan transaksi keluar masuk uang, ada potensi dimana terjadi kelebihan atau kekurangan. Mungkin kita membayar tagihan terlalu banyak dari seharusnya, transaksi yang dibatalkan padahal sudah membayar DP atau variasi kelebihan pembayaran lainnya. Bagaimana Kredivo mengelola kelebihan dana semacam ini? Mereka mengembalikan ke pengguna atau malah menyimpannya untuk perusahaan?

Pengertian Dana Lebih di Kredivo

Sejak sekitar 1 tahun belakangan ini, Kredivo memperkenalkan fitur baru yang disebut Dana Lebih. Apa itu Dana Lebih di Kredivo? Dana Lebih atau Excess Credit adalah dana yang tersimpan di akun Kredivo. Kamu bisa melihat saldo Dana Lebih ini di menu Akun pada bagian atas.

pengertian dana lebih kredivo

Dana Lebih Kredivo ini berasal dari :

1. Kelebihan pembayaran tagihan

Jika tagihanmu hanya sebesar Rp 50.000 namun karena kurang teliti pembayaran yang kamu lakukan adalah Rp 500.000, maka dana sebesar Rp 450.000 akan secara otomatis masuk ke Excess Credit.

2. Kelebihan uang muka

Pada transaksi yang mengharuskan uang muka, Paylater Kredivo akan menghitung nominal DP yang harus kamu bayar. Jika kamu melakukan pembayaran berlebih baik karena salah transfer maupun perhitungan Kredivo yang berubah, kelebihan dananya akan masuk ke Excess Credit.

3. Pembatalan transaksi

Ini kasus yang paling sering terjadi. Kamu sudah sukses melakukan transaksi pembelian, misal di Tokopedia. Agar limit kembali kamu langsung membayar tagihan tersebut. Namun ternyata Seller membatalkan transaksi karena stoknya kosong atau sebab lainnya. Dana dari pembatalan transaksi ini akan masuk ke Excess Credit.

Namun jika pembayaran tagihan belum dilakukan, tagihanmu di aplikasi Kredivo akan otomatis hilang (cancel) saat transaksi dibatalkan.

Mencairkan Excess Kredit Kredivo

Dana Lebih Kredivo yang mengendap di akunmu adalah milikmu. Kamu bisa menggunakannya untuk tujuan berikut :

mencairkan excess credit kredivo

1. Membayar Tagihan

Excess Kredit bisa digunakan untuk membayar atau mengurangi tagihan. Misal jika semua tagihanmu berjumlah Rp 1.000.000 dan ada dana mengendap sebesar Rp 450.000, jika kamu menggunakannya maka akan mengurangi tagihanmu menjadi Rp 550.000.

Membayar tagihan adalah prioritas utama dari Excess Credit. Kamu tidak bisa menggunakan Excess Credit untuk tujuan lain jika masih memiliki tagihan di aplikasi.

Cara membayar tagihan dengan Dana Lebih :

  1. Pilih tab “Akun” pada aplikasi Kredivo
  2. Pilih “Dana Lebih”
  3. Tekan “Bayar Tagihan”
  4. Total tagihan akan tertera
  5. Tekan “Konfirmasi Pembayaran” untuk menyelesaikan transaksi

2. Refund Dana Lebih Kredivo

Kamu juga bisa menarik dana Excess Credit Kredivo ke rekening pribadimu. Semua kelebihan dana disana bisa kamu ambil dan transfer ke BCA, misalnya. Namun untuk bisa melakukan pencairan Excess Credit terdapat ketentuan berikut :

  • Tidak ada tagihan sama sekali
    Meski jatuh tempo tagihanmu masih lama, kamu tidak bisa melakukan pencairan jika masih memiliki daftar tagihan.
  • Minimal penarikan Rp 35.000
    Jika ingin melakukan pencairan, pastikan saldo mengendap di Dana Lebih minimal Rp 35.000. Kurang dari itu pencairan tidak bisa dilakukan.
  • Ada biaya admin
    Akan dikenakan biaya admin sebesar Rp 6.500 per penarikan dan diproses dalam waktu 1×24 jam.

Cara mencairkan Dana Lebih Kredivo atau Refund :

  1. Pilih tab “Akun” pada aplikasi Kredivo
  2. Pilih “Dana Lebih”
  3. Tekan “Refund”
  4. Pilih bank tujuan
  5. Masukkan PIN Kredivo lalu tekan “Konfirmasi Refund”

Jika tombol Refund tidak bisa dipilih, berarti kamu masih memiliki tagihan sehingga pencairan tidak bisa dilakukan sebelum semua tagihanmu lunas.

Catatan Dana Lebih Kredivo

catatan dana lebih kredivo

Krediblog mengalami pembatalan transaksi di Tokopedia sebanyak 2 kali bulan ini. Pembatalan pertama karena tiba-tiba stok kosong padahal sebelumnya sudah konfirmasi. Saat Seller selesai melakukan pembatalan, tagihan di Kredivo untuk transaksi tersebut otomatis hilang dan limit saldo kembali.

Pembatalan kedua karena salah kirim barang. Beli 2 sepatu namun salah satunya salah model. Komplain ke Tokopedia pun dilakukan untuk tujuan penukaran. Namun sampai tenggat waktu yang ditentukan Seller tidak merespon sehingga dana salah satu sepatu dikembalikan. Dana ini masuk ke Excess Credit. Krediblog menggunakannya untuk membayar tagihan.

Dana Lebih Kredivo memiliki sisi positif dan negatif. Positifnya mereka memiliki sistem otomatis untuk mengakomodir kelebihan dana pada saat transaksi. Kita tidak perlu takut akan ada dana yang hilang atau dimanfaatkan secara tidak Fair. Kredivo serius memikirkan kenyamanan para penggunanya.

Sedang sisi negatifnya sistem ini bisa jadi “penyedot dana”. Jika misalnya kamu memiliki Excess Credit sebesar Rp 1.000.000 karena salah bayar, kamu dipaksa untuk melakukan pembayaran tagihan yang belum waktunya. Tidak peduli tagihanmu baru jatuh tempo 45 hari lagi, satu-satunya cara untuk bisa melakukan penarikan adalah dengan melunasi tagihan terlebih dahulu.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar