Belanja di Alfamart Pakai Kredivo. Bisa Kredit di Minimarket

Belanja di Alfamart pakai Kredivo – Setelah pada bulan Oktober 2020 lalu kita bisa belanja di Alfamart pakai Akulaku, tidak butuh waktu lama untuk Kredivo menyamai kemampuan pesaingnya tersebut. Per November ini pembayaran Barcode Kredivo sudah mendukung untuk digunakan di Alfamart, salah satu Minimarket kenamaan milik Indonesia. Alfamart sendiri merupakan merchant offline kedua yang menerima pembayaran Barcode Kredivo setelah sebelumnya McDonalds.

Sebagai Minimarket lokal yang memegang pangsa pasar hingga 30%, Alfamart memang bukan lagi sekedar Mart biasa. Memenuhi kebutuhan pasar yang sangat dinamis, Alfamart menyediakan hampir berbagai kebutuhan skala rumahan. Teknik marketing yang dijalankan juga bisa dibilang unik tapi cerdas. Kamu pasti pernah dong pas bayar minyak goreng di kasir ditawarin pulsa sama Mba nya? Meski tidak ada hubungannya minyak goreng dengan pulsa, setidaknya kamu jadi tahu bahwa di Alfamart juga menjual pulsa. Dan tidak hanya pulsa, Alfamart merupakan Payment Point yang sangat lengkap untuk berbagai kebutuhan pembayaran digitalmu.

Mengapa Alfamart yang dipilih Kredivo?

belanja di alfamart bayar barcode kredivo

Belanja di Alfamart pakai Kredivo menjadi mungkin karena sudah terjalinnya kerjasama antar mereka. Pertanyaannya kemudiah, mengapa Alfamart? atau mengapa Alfamart lebih dulu dibanding Si Biru?

Pertumbuhan merchant offline yang bekerjasama dengan Kredivo khususnya yang menggunakan Barcode cenderung sangat lambat. Per November 2020 ini Kredivo tercatat baru memiliki 2 merchant offline yang mendukung Barcode. Sangat berbeda jauh dengan merchant online dan merchant QR Code yang mencapai ratusan. Apakah berarti segmen kategori ini di anaktirikan? Sepertinya tidak. Melihat sepak terjang Kredivo selama ini, sepertinya itu lebih kepada hal teknis terkait sarana pendukung saja.

Sedangkan terkait mengapa Alfamart dan tidak Indomaret dulu, selain karena Alfamart merupakan partner bisnis yang menguntungkan, juga karena pihak Alfamart mampu menyediakan sarana pendukung yang dibutuhkan. Akulaku pun lebih dulu menjalin kerjasama dengan Alfamart dibanding Indomaret.

Syarat & Ketentuan Belanja di Alfamart pakai Kredivo

Saat belanja di Alfamart pakai Kredivo, saldo yang digunakan adalah yang 30 hari. Itu artinya jatuh tempo untuk pembayarannya adalah 30 hari dari tanggal transaksi. Misal jika kamu belanja di Alfamart pada tanggal 1 November, maka kurang lebih tagihanmu akan jatuh tempo pada tanggal 1 Desember. Karena menggunakan saldo 30 hari, kabar baiknya semua pengguna Kredivo bisa menggunakan fitur ini. Baik pengguna Premium maupun Basic.

Tidak ada keterangan nominal minimal belanja yang diperbolehkan, tetapi jika merujuk ke Akulaku besarannya adalah Rp 10.000. Tapi masa iya beli Rp 10.000 aja kamu mau pakai Kredivo? sayang saldonya, kan. Idealnya kamu baru bayar pakai Kredivo saat nominal belanjaanmu diatas Rp 50.000. Adapun untuk nominal belanja maksimal yang diizinkan adalah Rp Rp 300.000. Pastikan nominal belanjaanmu di Alfamart tidak lebih dari itu jika ingin membayar menggunakan Barcode Kredivo.

Seperti yang kamu ketahui, untuk penggunaan saldo 30 hari, kamu tidak akan dikenakan bunga. Jadi Jika kamu belanja di Alfamart sejumlah Rp 200.000, maka sejumlah itulah yang harus kamu bayar. Kamu hanya akan dikenakan biaya transaksi sebesar 1%. Yah, sekitar Rp 2.000 untuk belanja dengan nominal Rp 200.000.

Ada satu lagi ketentuan belanja di Alfamart pakai Kredivo, yaitu maksimal tagihan untuk merchant Alfamart adalah Rp 300.000 untuk setiap akun. Loh, bukannya sudah disebutkan diatas? yang ini beda. Misal kamu punya saldo 30 hari sebesar Rp 1.000.000. Pada hari Minggu kamu belanja kebutuhan anak-anak di Alfamart dan bayar pakai Kredivo dengan nominal pas Rp 300.000. Limit saldomu sisa Rp 700.000, dong?. Karena ternyata ada barang yang lupa kebeli, hari Senin kamu balik lagi ke Alfamart dan bermaksud menggunakan lagi Kredivo karena limit saldo masih banyak. Pada kondisi ini kamu tidak bisa lagi menggunakan Kredivo karena kuota transaksi sudah terpakai. Jika mau menggunakan Kredivo kamu harus melunasi terlebih dahulu tagihan Rp 300.000 yang pertama tadi.

Tutorial Cara Belanja di Alfamart Pakai Kredivo

Berikut langkah-langkat untuk berbelanja di Alfamart menggunakan pembayaran Barcode Kredivo.

Cara belanja di Alfamart pakai Kredivo:

  1. Kunjungi Alfamart

    Datang ke Alfamart terdekat tempat kamu biasa belanja (screenshot Alfamart).cara belanja di alfamart bayar barcode kredivo

  2. Pilih barang yang mau dibeli

    Lakukan proses belanja seperti biasanya (screenshot Pilih Barang).

  3. Bayar di kasir

    Jika sudah selesah belanja, lakukan pembayaran di kasir. Beritahukan bahwa kamu akan membayar dengan Barcode Kredivo (screenshot Kasir).

  4. Buat barcode pembayaran

    Buka aplikasi Kredivo dan klik menu “Barcode” (screenshot Dasbor). Pilih merchant Alfamart. Masukkan PIN Kredivo mu (screenshot PIN). Akan muncul barcode pembayaran (screenshot Barcode).tutorial belanja di alfamart bayar barcode kredivo

  5. Tunjukkan barcode ke kasir

    Jika sudah siap untuk membayar, tunjukkan barcode kepada kasir Alfamart untuk dilakukan scan.

  6. Tunggu proses

    Biasanya akan butuh beberapa saat sampai pembayaranmu tervalidasi. Jika pembayaranmu berhasil, akan muncul tampilan seperti screenshot Berhasil.struk belanja

  7. Pembayaran berhasil

    Kamu akan mendapatkan Struk Belanja seperti umumnya belanja dan akan muncul histori transaksi pada aplikasi Kredivo.

  8. Selesai

    Selamat. Kamu baru saja belanja di Alfamart pakai Kredivo.

Catatan:

Agar nyaman saat belanja di Alfamart pakai Kredivo, ingat beberapa catatan ini:

  • Konfirmasi sebelum belanja.
    Konfirmasikan terlebih dahulu kepada kasir Alfamart bahwa kamu akan membayar dengan Barcode Kredivo. Sehingga jika di Alfamart tersebut belum mendukung atau tidak bisa menggunakan Kredivo, kamu bisa mencari Alfamart lainnya.
  • Pastikan limit saldo tersedia.
    Karena yang digunakan adalah limit saldo 30 hari, pastikan limit tersebut tersedia sejumlah atau lebih dari nominal yang hendak kamu beli.
  • Kredivo bisa digunakan di semua Alfamart.
    Kemungkinan besarnya semua gerai Alfamart sudah mendukung pembayaran Barcode Kredivo. Namun sediakan alternatif jika Alfamart tempatmu belanja ternyata belum bisa atau tidak mendukung.
  • Masa berlaku barcode.
    Setiap barcode pembayaran yang dibuat berlaku selama 5 menit. Lewat dari itu kode barcode tidak berlaku dan kamu harus membuatnya lagi.

Berbeda dengan McD yang kemungkinannya lebih sedikit dikunjungi, bekerjasama dengan Alfamart lebih berpotensi mendatangkan pengunjung yang lebih banyak. Karena tentu saja lebih banyak yang bisa kamu beli di Alfamart dibanding McD. Kerjasama ini menambah panjang fitur-fitur yang dimiliki Kredivo. Tak salah jika Krediblog menyebut Kredivo adalah aplikasi kredit online terbaik.

Jika kamu belum memiliki Kredivo, kamu bisa mendaftar sekarang. Gunakan kode referal untuk meningkatkan tingkat acc pendaftaranmu. Bukan itu saja, kamu juga bisa mendapatkan limit saldo hingga 20 juta jika diterima untuk akun premium.

Lihat selengkapnya disini: kode referal Kredivo.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
56 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Iin farida

Bener saya juga jagoan utang…maka nya saya sangat tertarik dg komen disini…dan msh menunggu pengajuan saya…moga good luck

Rijadi

Buat bayar top up gopay di Alfamart bisa ngga ya?

angga

informasinya sangat bermanfaat sekali, saya jadi mahir menggunakan Kredivo

Siti Barkah

Klo mo bayar shopee di alfamart bisa ngga pake kredivo

angga

kirain bisa digunakan buat bayar tagihan AEON hehe

Fani

Apakah bisa bayar di hypermart???

Junaeda

Mau coba di Alfamidi nipa nipa Makassar malah kasirnya gak tau jutek pula capek2 Marketing buat program tp execution gk beres…

UTANGANAN GAPOPO

Min mau tanya nih
Kan limit aku 700k
Terus yg bisa dicairkan cuma 500k
Apakah sisanya yg 200k bisa buat belanja di alfamart ??
Mohon bantuannya yaa mimin

Ika karlina

Gan mau nnya nih kredivo ga kerjasama dgn shopee yah, setiap checkout di shopee mau byar pake kredivo selalu tidak tersedia.. Di tunggu jwaban nya.

angga

pantesan pas mau belanja onkine pake kredivo di Shoppe ko sdah ga bisa, padahal dulu bisa, kayanya telat transfer dri Kredivo nya buat cover Shoppe hehe, jadi putus kerjasama

Hengki gustianto

Saya mau nanya.tdi saya belanja di alfa,sisa limit 200.tp saya belanjakan cmn 20 rn.apakah bsa dipaki belanja di alfa.tlg di bls

angga

keren

Tasya

Kalau top up link aja dari alfamart pakai kredivo bs tidak ya kk

angga

padahal kalau bisa, ikutan mau top up Gopay hehe

Benni ade firman

Saya belanja hp di eraphone pakai kredivo kok kena bunga nya gede banget, lebih gede dari bunga kredivo sendiri sih

Benni ade firman

Kok gak di respon ya, tolong dong mohon jawab agar terbantu pertanyaan saya
Karna pada saat transaksi pun saya tidak di perlihatkan biaya cicilan nya jika tenor 12 bulan kena berapa2 nya

Ita

Bisa isi saldo gopay di alfa, bayarnya pakai kredivo?

angga

kalau bayar tagihan cicilan Handphone di AEON bisa tidak?

Ardlanin hidayati

Min .klo limit masih ada . Apakah mercha bisa di gunakan brulang kali ,smpe limit habis,dalam sblan

Linda

Min tadi pagi sy udh belanja pakai kredivo di alfa trus malam belanja lagi gak bisa kenapa ya min..

Rion

Kalau isi dana bisa gak min?
Kek ny gk bisa ya ragu ane

Rizca

Maaf mau tanya min,,kemarin sya transaksi kredivo di shope,,berhasil,,Masi ada saldo 1 juta,,hari ini sy blnja di Alfamart total 2ratus lebih,,kenapa gagal dan transaksi melanggar ketentuan kredivo ya??

Wahida

Saya pergi belanja di alfamart pake kredivo dengan pembelian 23rb sukses, tapi masi ada yg kelupa beli jadi ambil lagi terus bayar lagipake kredivo, terus dicek dikasirnya lagi katanya tidak bisa dipake karna sudah melewati batas pembelian padahal limit saldo untuk bercode masi ada 400 lebih , apakah dalam satu hari hanya bisa satu kali transaksi tidak boleh transaksi 2 kali. Mohon dijawab kak . Terimah kasih

Eva Selviana

Min kalau misal saya blanja di alfamart pakai kredivo masih 100ribu dan saya mau blanja lagi di alfamart lagi bisa nggak pakai limit itu 2kali?

Lisa

Jika limit sudah di pakai dengan total 200 ribu untuk belanja online dan paket data, apakah bisa belanja di alfamart dengan total 300 ribu?

Anang junaedhi

Ijin saldo saya di kredivo 450,000 saya belanja di Alfamart nominal 122,000 kox over limit ya

Anang junaedhi

Limit saya belum 30 hari saya pakai masih saya paka kisaran 50 ribu saja

Ana

Selmat pagi,sya pengguna baru kredivo,sya dapta dana awal 100rb, dan sudah sya cba untuk pmbyran pulsa 30rb,dan sisa lg 70rb pas sya mau blnja ke alfmart sbesra 60 rb kenapa transaksinya gagal y dan tdk bsa digunakan?

Fahrerl

Min,kalo limit 100K apakah bisa dibelanjakan di alfamart?

Elsya

Min mau tanya, saya punya lini 900ribu waktu 30hari, kemarin saya belanja 29ribu, kalau mau belanja lagi bisa gak ya