Belanja di Alfamart Pakai Kredivo. Bisa Kredit di Minimarket

Belanja di Alfamart pakai Kredivo – Setelah pada bulan Oktober 2020 lalu kita bisa belanja di Alfamart pakai Akulaku, tidak butuh waktu lama untuk Kredivo menyamai kemampuan pesaingnya tersebut. Per November ini pembayaran Barcode Kredivo sudah mendukung untuk digunakan di Alfamart, salah satu Minimarket kenamaan milik Indonesia. Alfamart sendiri merupakan merchant offline kedua yang menerima pembayaran Barcode Kredivo setelah sebelumnya McDonalds.

Sebagai Minimarket lokal yang memegang pangsa pasar hingga 30%, Alfamart memang bukan lagi sekedar Mart biasa. Memenuhi kebutuhan pasar yang sangat dinamis, Alfamart menyediakan hampir berbagai kebutuhan skala rumahan. Teknik marketing yang dijalankan juga bisa dibilang unik tapi cerdas. Kamu pasti pernah dong pas bayar minyak goreng di kasir ditawarin pulsa sama Mba nya? Meski tidak ada hubungannya minyak goreng dengan pulsa, setidaknya kamu jadi tahu bahwa di Alfamart juga menjual pulsa. Dan tidak hanya pulsa, Alfamart merupakan Payment Point yang sangat lengkap untuk berbagai kebutuhan pembayaran digitalmu.

Mengapa Alfamart yang dipilih Kredivo?

belanja di alfamart bayar barcode kredivo

Belanja di Alfamart pakai Kredivo menjadi mungkin karena sudah terjalinnya kerjasama antar mereka. Pertanyaannya kemudiah, mengapa Alfamart? atau mengapa Alfamart lebih dulu dibanding Si Biru?

Pertumbuhan merchant offline yang bekerjasama dengan Kredivo khususnya yang menggunakan Barcode cenderung sangat lambat. Per November 2020 ini Kredivo tercatat baru memiliki 2 merchant offline yang mendukung Barcode. Sangat berbeda jauh dengan merchant online dan merchant QR Code yang mencapai ratusan. Apakah berarti segmen kategori ini di anaktirikan? Sepertinya tidak. Melihat sepak terjang Kredivo selama ini, sepertinya itu lebih kepada hal teknis terkait sarana pendukung saja.

Sedangkan terkait mengapa Alfamart dan tidak Indomaret dulu, selain karena Alfamart merupakan partner bisnis yang menguntungkan, juga karena pihak Alfamart mampu menyediakan sarana pendukung yang dibutuhkan. Akulaku pun lebih dulu menjalin kerjasama dengan Alfamart dibanding Indomaret.

Syarat & Ketentuan Belanja di Alfamart pakai Kredivo

Saat belanja di Alfamart pakai Kredivo, saldo yang digunakan adalah yang 30 hari. Itu artinya jatuh tempo untuk pembayarannya adalah 30 hari dari tanggal transaksi. Misal jika kamu belanja di Alfamart pada tanggal 1 November, maka kurang lebih tagihanmu akan jatuh tempo pada tanggal 1 Desember. Karena menggunakan saldo 30 hari, kabar baiknya semua pengguna Kredivo bisa menggunakan fitur ini. Baik pengguna Premium maupun Basic.

Tidak ada keterangan nominal minimal belanja yang diperbolehkan, tetapi jika merujuk ke Akulaku besarannya adalah Rp 10.000. Tapi masa iya beli Rp 10.000 aja kamu mau pakai Kredivo? sayang saldonya, kan. Idealnya kamu baru bayar pakai Kredivo saat nominal belanjaanmu diatas Rp 50.000. Adapun untuk nominal belanja maksimal yang diizinkan adalah Rp Rp 300.000. Pastikan nominal belanjaanmu di Alfamart tidak lebih dari itu jika ingin membayar menggunakan Barcode Kredivo.

Seperti yang kamu ketahui, untuk penggunaan saldo 30 hari, kamu tidak akan dikenakan bunga. Jadi Jika kamu belanja di Alfamart sejumlah Rp 200.000, maka sejumlah itulah yang harus kamu bayar. Kamu hanya akan dikenakan biaya transaksi sebesar 1%. Yah, sekitar Rp 2.000 untuk belanja dengan nominal Rp 200.000.

Ada satu lagi ketentuan belanja di Alfamart pakai Kredivo, yaitu maksimal tagihan untuk merchant Alfamart adalah Rp 300.000 untuk setiap akun. Loh, bukannya sudah disebutkan diatas? yang ini beda. Misal kamu punya saldo 30 hari sebesar Rp 1.000.000. Pada hari Minggu kamu belanja kebutuhan anak-anak di Alfamart dan bayar pakai Kredivo dengan nominal pas Rp 300.000. Limit saldomu sisa Rp 700.000, dong?. Karena ternyata ada barang yang lupa kebeli, hari Senin kamu balik lagi ke Alfamart dan bermaksud menggunakan lagi Kredivo karena limit saldo masih banyak. Pada kondisi ini kamu tidak bisa lagi menggunakan Kredivo karena kuota transaksi sudah terpakai. Jika mau menggunakan Kredivo kamu harus melunasi terlebih dahulu tagihan Rp 300.000 yang pertama tadi.

Tutorial Cara Belanja di Alfamart Pakai Kredivo

Berikut langkah-langkat untuk berbelanja di Alfamart menggunakan pembayaran Barcode Kredivo.

Cara belanja di Alfamart pakai Kredivo:

  1. Kunjungi Alfamart

    Datang ke Alfamart terdekat tempat kamu biasa belanja (screenshot Alfamart).cara belanja di alfamart bayar barcode kredivo

  2. Pilih barang yang mau dibeli

    Lakukan proses belanja seperti biasanya (screenshot Pilih Barang).

  3. Bayar di kasir

    Jika sudah selesah belanja, lakukan pembayaran di kasir. Beritahukan bahwa kamu akan membayar dengan Barcode Kredivo (screenshot Kasir).

  4. Buat barcode pembayaran

    Buka aplikasi Kredivo dan klik menu “Barcode” (screenshot Dasbor). Pilih merchant Alfamart. Masukkan PIN Kredivo mu (screenshot PIN). Akan muncul barcode pembayaran (screenshot Barcode).tutorial belanja di alfamart bayar barcode kredivo

  5. Tunjukkan barcode ke kasir

    Jika sudah siap untuk membayar, tunjukkan barcode kepada kasir Alfamart untuk dilakukan scan.

  6. Tunggu proses

    Biasanya akan butuh beberapa saat sampai pembayaranmu tervalidasi. Jika pembayaranmu berhasil, akan muncul tampilan seperti screenshot Berhasil.struk belanja

  7. Pembayaran berhasil

    Kamu akan mendapatkan Struk Belanja seperti umumnya belanja dan akan muncul histori transaksi pada aplikasi Kredivo.

  8. Selesai

    Selamat. Kamu baru saja belanja di Alfamart pakai Kredivo.

Catatan:

Agar nyaman saat belanja di Alfamart pakai Kredivo, ingat beberapa catatan ini:

  • Konfirmasi sebelum belanja.
    Konfirmasikan terlebih dahulu kepada kasir Alfamart bahwa kamu akan membayar dengan Barcode Kredivo. Sehingga jika di Alfamart tersebut belum mendukung atau tidak bisa menggunakan Kredivo, kamu bisa mencari Alfamart lainnya.
  • Pastikan limit saldo tersedia.
    Karena yang digunakan adalah limit saldo 30 hari, pastikan limit tersebut tersedia sejumlah atau lebih dari nominal yang hendak kamu beli.
  • Kredivo bisa digunakan di semua Alfamart.
    Kemungkinan besarnya semua gerai Alfamart sudah mendukung pembayaran Barcode Kredivo. Namun sediakan alternatif jika Alfamart tempatmu belanja ternyata belum bisa atau tidak mendukung.
  • Masa berlaku barcode.
    Setiap barcode pembayaran yang dibuat berlaku selama 5 menit. Lewat dari itu kode barcode tidak berlaku dan kamu harus membuatnya lagi.

Berbeda dengan McD yang kemungkinannya lebih sedikit dikunjungi, bekerjasama dengan Alfamart lebih berpotensi mendatangkan pengunjung yang lebih banyak. Karena tentu saja lebih banyak yang bisa kamu beli di Alfamart dibanding McD. Kerjasama ini menambah panjang fitur-fitur yang dimiliki Kredivo. Tak salah jika Krediblog menyebut Kredivo adalah aplikasi kredit online terbaik.

Fitur Keren Kredivo

Kamu pengguna setia Kredivo? Lanjut dengan pembahasan berikut:

foto mr. kredi

TENTANG PENULIS

Halo, saya Kredi. Mendadak tertarik menulis tentang Fintech karena kata saudara, saya jago ngutang. Jadi sekalian aja ngembangin bakat. He..he.. Ini Blog pribadi, tidak berafiliasi dengan perusahaan manapun.

Kalau kamu punya pertanyaan atau komentar, tulis dibawah ya! Saya coba bantu jawab.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar