Mudah, Inilah Cara Pinjam Uang 30 Juta di Bank BRI

Apakah sedang butuh pinjam uang 30 juta di bank BRI? Untuk melakukan pinjaman uang di bank ada banyak hal yang perlu diketahui terlebih dahulu. Selain syarat dan ketentuan, biasanya pinjam uang di bank akan dikenai bunga pinjaman. Bunga pinjaman tersebut wajib dibayarkan nasabah kepada bank sebagai jasa atas pinjaman yang diberikan.

Bank BRI saat ini menyediakan banyak pilihan pinjaman yang dapat dimanfaatkan. Setiap jenis pinjaman tersebut mempunyai besaran bunga yang tidak sama. Oleh karenanya, sebelum mengajukan pinjaman ke bank, perlu memahami seluk beluk terkait dengan syarat dan ketentuan, prosedur, hingga bunga pinjaman.

Biasanya pinjaman uang ke bank BRI ini digunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya untuk biaya pengobatan, pengajaran, perbaikan rumah, ongkos berlibur, biaya pernikahan, dan lain-lain.

Berapa Bunga Pinjaman Bank BRI?

bunga pinjaman 30 juta bri

Saat ini Bank BRI menyediakan pinjaman dengan berbagai jumlah seperti 30 juta, 50 juta, hingga 100 juta. Nasabah juga bisa memilih jenis pinjaman yang tersedia sesuai dengan kebutuhan. Namun yang perlu dipahami bahwa setiap jenis pinjaman mempunyai suku bunga bank yang tentunya berbeda.

Kabar baiknya, suku bunga bank BRI saat ini menggunakan kebijakan baru yaitu penyesuaian suku bunga kredit. Lalu berapa bunga pinjaman 30 juta BRI yang dikenakan kepada nasabah? Secara umum saat ini suku bunga pinjaman pada bank BRI pada segmen kredit mikro yaitu 14%, KPR 7,25%, non KPR 8,75%, kredit retail 8,25%, dan kredit korporasi 8%.

Terdapat beberapa jenis pinjaman yang menetapkan suku bunga flat bagi nasabah per bulan. Berikut merupakan beberapa daftar terkait suku bunga pinjaman BRI per bulan.

  • Pinjaman BRI ceria = 1.42% per bulan
  • KUR = 0.41% flat per bulan
    KUR BRI adalah jenis pinjaman khusus untuk kebutuhan modal usaha. Cocok untuk para pemilik UMKM. Detail cicilan per bulannya bisa dilihat di tabel angsuran KUR BRI.
  • KKB Mobil baru dan bekas = 4.75%

Perlu diketahui pula bahwa untuk pinjam uang 30 juta di bank BRI bisa juga menggunakan jaminan BPKB. Sebenarnya jika dilihat sekilas, sistem pinjaman menggunakan jaminan BPKB terlihat sama seperti halnya gadai. Jadi nasabah wajib mengembalikan uang senilai jumlah pinjaman sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan.

Untuk suku bunga pinjaman pada bank BRI jika menggunakan jaminan BPKB yaitu 4.61% – 6.65% per tahun. Nasabah dapat memperoleh plafon sampai 80% dari sejumlah nilai jual kendaraan yang digadaikan.

Karena ada banyak sekali pilihan jenis pinjaman pada bank BRI, jadi dapat dimanfaatkan oleh para nasabah namun harus tetap memperhatikan besaran bunga yang ditetapkan. Fasilitas pinjaman dari bank dapat digunakan sesuai kebutuhan seperti modal usaha, membeli kendaraan, kartu kredit, dan KPR.

Perlu dipahami bahwa apapun jenis pinjaman yang dipilih, nasabah wajib mengembalikan pinjaman tersebut sesuai waktu yang telah disepakati. Jadi pastikan juga bahwa melakukan pinjaman pada bank karena butuh.

Cara Mengajukan Pinjaman Bank BRI Melalui Kantor Cabang

tutorial cara pinjam uang 30 juta di bank bri

Jika sedang membutuhkan modal untuk bisnis dan ingin mengajukan pinjam uang 30 juta di bank BRI, ada beberapa dilakukan.

Waktu yang dibutuhkan: 30 menit.

Cara pinjam uang 30 juta di bank BRI :

  1. Mengunjungi Kantor Cabang BRI Terdekat

    Hal pertama yang harus dilakukan jika ingin pinjam 30 juta BRI yaitu pergi langsung ke kantor cabang BRI terdekat. Saat di kantor cabang, isilah formulir pinjaman sesuai dengan tipe pinjaman yang dibutuhkan.

    Untuk jam buka Bank BRI kantor cabang yaitu setiap hari Senin sampai Jumat jam 08.30 WIB sampai 14.30 WIB. Untuk hari Sabtu dan Minggu libur, begitu pun dengan hari libur nasional.

  2. Melengkapi Dokumen

    Selanjutnya, nasabah harus melengkapi dokumen persyaratan. Adapun beberapa dokumen yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.
    – Kartu identitas (KTP)
    – Kartu keluarga (KK)
    – NPWP
    – Buku tabungan BRI
    – Slip upah atau bukti pendapatan
    – Formulir permintaan pengajuan pinjaman

  3. Pengajuan Pinjaman Diproses

    Setelah dokumen persyaratan lengkap, selanjutnya pihak bank akan melakukan proses pengajuan pinjaman tersebut. Kemudian akan ada proses verifikasi data dari berkas-berkas yang diajukan.

  4. Persetujuan Pinjaman

    Untuk melakukan pengajuan pinjam uang 30 juta di bank BRI, setelah diproses maka akan ada persetujuan pinjaman. Tidak semua nasabah mendapatkan persetujuan pinjaman sesuai dengan yang diajukan. Dokumen nasabah harus melalui uji kelayakan sesuai dengan syarat dan ketentuan. Barulah setelah itu Bank BRI menyepakati kredit atau pinjaman yang diajukan.

  5. Penandatanganan Kontrak

    Apabila pengajuan pinjaman telah disepakati, pihak bank akan memberikan dokumen kontrak. Selanjutnya nasabah hanya perlu menandatangani kontrak yang berisi kesepakatan kredit pinjaman dengan BRI.

  6. Pencairan Dana Pinjaman

    Untuk pencairan dana pinjaman tidak membutuhkan waktu yang lama. Pinjaman disetujui dan sudah tanda tangan kontrak dana pinjaman akan langsung dicairkan pada rekening. Jumlah nominal yang dicairkan sesuai dengan nominal yang sebelumnya telah disepakati.

Itulah penjelasan mengenai cara untuk pinjam uang 30 juta di bank BRI dengan mudah dan sederhana. Sebenarnya saat ini juga dapat melakukan pinjaman BRI secara online dan prosedurnya pun cukup praktis. Namun jika dikhawatirkan terjadi berbagai hal atau risiko yang tidak diinginkan, akan lebih baik untuk langsung mendatangi kantor cabang BRI terdekat. Dengan begitu maka pegawai bank akan langsung membantu untuk mengurus segala syarat dan ketentuan hingga pencairan dana ke rekening nasabah.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar