Pinjaman Bunga 0 Persen. Adakah Aplikasi Seperti Itu?

Pinjaman bunga 0 persen – Pinjaman bunga nol atau 0, adalah jenis pinjaman tanpa bunga. Jika kamu meminjam sebesar 1 juta misalnya, maka uang yang harus kamu kembalikan adalah 1 juta karena tidak ada bunga sepeserpun yang harus dibayar. Kalaupun ada mungkin hanya biaya administrasi diawal sebagai uang repot. Jenis pinjaman seperti ini jelas menguntungkan dari sisi pengguna, karena pengguna tidak dibebankan dengan pembayaran berlebih alias hanya membayar sejumlah uang yang diterima.

Pinjaman Bunga 0 Persen, Mungkinkah?

pinjaman bunga 0 persen

Pinjaman bunga 0 persen, mungkinkah? Mungkin, tapi hanya bersifat personal. Jika ingin mencari pinjaman tanpa bunga maka pinjamlah pada saudara, kerabat, tetangga atau teman yang kamu kenal. Mereka meminjamkan kepadamu atas dasar menolong, mereka tidak berharap pengembalian berlebih karena membantu saudara atau teman adalah sebuah komitmen hubungan. Jikapun ada yang diharapkan itu adalah pahala dari perbuatan baik tersebut.

Pinjaman bunga 0 tidak berlaku untuk bisnis pinjaman. Mereka adalah sebuah usaha yang bergantung pada laba, dan jika meminjamkan tanpa bunga artinya tidak ada laba yang dihasilkan. Kondisi seperti itu bertentangan dengan prinsip perusahaan. Maka jika kamu mengajukan pinjaman di lembaga keuangan formal seperti Bank, pegadaian atau Koperasi Simpan Pinjam, bunga pinjaman pasti adanya.

Bagaimana dengan Pinjaman Online Bunga 0?

aplikasi pinjaman bunga 0 persen

Pinjaman online atau pinjol termasuk jenis Personal Loan. Yaitu pinjaman yang diajukan oleh perorangan tanpa agunan atau jaminan. Seperti namanya, pinjaman online diajukan secara online melalui antar muka aplikasi. Dan karena pada prosesnya mereka sudah mengeluarkan Cost (modal) yang besar, maka mustahil jika produk pinjamannya tanpa bunga. Mereka harus mengambil laba yang salah satunya dari bunga.

Berikut beberapa alasan mengapa pinjaman online bunga 0 itu sulit terwujud :

  • Modal besar.
    Membuat aplikasi pinjol dan infrastruktur pendukungnya membutuhkan modal yang besar. Dan lazimnya sebuah modal ia harus balik modal.
  • Resiko yang tinggi.
    Memberi pinjaman tanpa jaminan jelas sangat beresiko, dari bungalah resiko tersebut di Cover. Semakin besar resiko sebuah pinjaman, semakin besar bunga yang dikenakan.
  • Perkembangan usaha.
    Perusahaan membutuhkan laba untuk bisa terus beroperasi dan berkembang. Bisnis pinjaman yang tidak mendapatkan laba (bunga) dari produk pinjamannya lambat laun akan bangkrut.

Tidak Ada Aplikasi Pinjaman Bunga 0 Persen

Atas dasar pertimbangan diatas, maka bisa disimpulkan tidak ada aplikasi pinjaman bunga 0 persen. Jika kamu menemukannya justru kamu harus berhati-hati karena besar kemungkinan itu hanya Gimmick semata. Bisa jadi mereka menyebut pinjaman tanpa bunga tetapi ternyata biaya adminnya berkali-kali lipat besarnya. Pinjaman bunga 0 hanya ada jika kamu meminjam di selain lembaga keuangan. Selama kamu meminjam di sebuah perusahaan, bunga pinjaman menjadi sebuah keniscayaan.

Namun bukan berarti aplikasi pinjaman bunga 0 persen itu mustahil. Karena mungkin saja ada pengusaha dengan modal kuat yang memberikan pinjaman tanpa meminta bunga sepeserpun. Ia melakukannya semata-mata karena ingin berbagi dengan sesama. Andaipun kisah Robin Hood tersebut beneran terjadi, pahamilah itu sebuah skema bantuan bukan konsep bisnis.

Catatan

Bunga pinjaman menjadi hal yang sulit dihindari, maka pilihan yang tersisa adalah dengan menerimanya. Yang bisa kamu hindari adalah pinjaman dengan bunga besar dan memilih bunga rendah atau yang masuk akal. Pada pinjol masuk akal yang dimaksud adalah besaran bunganya sesuai dengan ketentuan OJK yaitu maksimal 0,2% per hari atau 6% per bulan. Jika kamu menemukan aplikasi dengan bunga lebih dari itu, kemungkinan besarnya itu pinjol ilegal karena tidak mengikuti aturan OJK (baca : Pinjol ilegal di Google Play Store).

Jika kamu membutuhkan rekomendasi, berikut 3 aplikasi pinjaman online yang Krediblog rekomendasikan. Ketiganya biasa Krediblog gunakan saat membutuhkan pinjaman dana tunai.

Aplikasi pinjol terbaik sebagai alternatif pinjaman bunga 0 persen :

1. Kredivo

Bunganya paling rendah dari semua aplikasi pinjol yang ada di Play Store. Jika kamu mencari pinjaman dengan bunga paling minim, Kredivo pilihan yang tepat.

ItemDetail
Nominal pinjamanHingga 10 juta
Bunga2,6% per bulan
SelengkapnyaKredivo

2. JULO

julo aplikasi pinjaman rekomendasi

Meski bunga yang dikenakan tidak kecil dan tidak juga besar (normal), JULO dikenal menjaga keamanan data penggunanya dengan baik. Sehingga menjadi pilihan yang cocok untuk kamu yang Concern dengan privasi.

ItemDetail
Nominal pinjamanHingga 15 juta
Bunga6% per bulan
SelengkapnyaReview JULO

3. Shopee Pinjam

Pinjaman yang khusus ditawarkan untuk pengguna Shopee. Dikenal dengan proses pengajuannya yang mudah dan waktu pencariannya yang cepat.

ItemDetail
Nominal pinjamanHingga 20 juta
Bunga2,9% per bulan
SelengkapnyaReview Shopee Pinjaman
kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar