Cara Pesan Hotel Langsung di Tempat & Tips Booking

Untuk mereka yang sudah sering menginap di hotel, melakukan pemesanan hotel secara langsung tentunya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Namun berbeda halnya dengan mereka yang belum pernah memesan kamar hotel dan menginap di dalamnya tentunya ada banyak hal yang harus diketahui terlebih dahulu. Padahal cara pesan hotel langsung bisa dilakukan dengan mudah dan cepat dengan melakukan beberapa langkah cara berikut.

Langkah Untuk Memesan Hotel Secara Langsung dengan Mudah dan Cepat

Secara umum, pemesanan hotel atau penginapan bisa dilakukan dengan cara langsung datang ke hotel atau memesan via telepon, pesan dengan menggunakan layanan aplikasi pesan hotel dan melalui layanan website resmi hotel.

Nah untuk cara yang pertama biasanya dilakukan oleh wisatawan yang melakukan perjalanan dengan spontan sehingga untuk pemesanan hotel atau penginapan dilakukan setibanya mereka di tempat tujuan. Lalu bagaimana cara pesan kamar hotel secara langsung dengan cara yang mudah serta cepat?

tutorial cara pesan hotel langsung

1. Kunjungi hotel atau penginapan yang dipilih

Setibanya kamu di tempat tujuan, langsung saja menuju hotel atau penginapan yang akan digunakan untuk menginap. Langsung masuk ke lobi hotel untuk bertemu dengan meja resepsionis hotel yang akan melayani kamu untuk memesan kamar yang dibutuhkan. Biasanya banyak tanda petunjuk yang akan memudahkan kamu menuju lobi hotel.

2. Tanyakan ketersediaan kamar di hotel

Pastikan untuk menanyakan terlebih dahulu apakah masih tersedia kamar kosong di hotel tersebut. Karena tak semua tamu hotel datang untuk menginap, maka begitu kamu sampai di lobi segera sampaikan tujuan kamu untuk cara pesan hotel langsung dan menginap di hotel tersebut.

3. Dengarkan informasi dari pihak staf hotel

Setelah mendengar apa yang kamu butuhkan, pihak staf hotel akan segera mengecek ketersediaan kamar di hotel mereka. Jika tersedia kamar maka akan dijelaskan perihal tipe kamar yang tersedia, fasilitas beserta tarif per malamnya dengan lengkap serta detail. Kamu bisa melakukan cara booking hotel secara langsung dengan memilih salah satu kamar sesuai yang dibutuhkan.

4. Isi formulir pemesanan kamar (Check In) hotel

Cara berikutnya adalah untuk mengisi formulir pemesanan kamar atau yang biasa disebut dengan Check In di meja resepsionis hotel sesuai panduan dari staf hotel. Pastikan untuk membaca setiap bagiannya dengan baik dan benar, isi dengan teliti dan tanyakan jika ada hal yang kurang begitu dipahami pada staf yang bertugas. Umumnya pihak hotel akan meminta tanda bukti identitas diri seperti SIM atau KTP saat formulir pemesanan kamar diserahkan.

5. Lakukan pembayaran

Kamu bisa langsung melakukan pembayaran segera setelah dikonfirmasi kamar yang dipesan sudah tersedia. Namun perlu diketahui bahwa beberapa hotel atau penginapan menerapkan kebijakan pembayaran saat tamu akan check out dan ada juga yang menggunakan sistem pembayaran penuh saat akan melakukan check in.

Kamu bisa membayarnya secara cash atau menggunakan kartu kredit. Atau menggunakan pembayaran yang sedang trend yaitu paylater. Salah satu yang banyak digunakan adalah Kredivo. Selengkapnya baca : bayar hotel pakai Kredivo.

6. Masuk kamar yang sudah dipesan

Setelah prosedur cara pesan hotel langsung sudah selesai dilakukan, kamu tinggal masuk ke kamar hotel yang sudah dipesan. Bagian resepsionis akan memberikan kunci kamar pada kamu sehingga bisa langsung menuju kamar hotel, baik dengan diantar pihak staf hotel maupun tidak.

Tips Pesan Kamar Hotel Secara Langsung

tips pesan hotel langsung

Menurut beberapa survei, kebanyakan wisatawan memang memiliki kebiasaan untuk memesan kamar hotel secara mendadak seperti beberapa hari sebelum keberangkatan atau setelah sampai di daerah tujuan.

Padahal dengan memesan hotel atau penginapan secara mendadak, bisa berpeluang kehabisan kamar sehingga kamu pun akan kebingungan untuk mencari fasilitas akomodasi yang dibutuhkan. Sedangkan kondisi sudah lelah setelah melakukan perjalanan akan membuat situasi pun menjadi tidak menguntungkan.

Maka dari itu, ketahui beberapa tips untuk cara memesan hotel langsung sehingga tetap aman, nyaman dan memuaskan sesuai keinginan kamu.

Lakukan pemesanan atau booking via website resmi

Banyak yang belum mengetahui bahwa untuk melakukan pemesanan hotel atau penginapan via website resmi jauh lebih mudah, cepat sekaligus menguntungkan. Bukan hanya bisa mengecek secara real time ketersediaan kamar di hotel tersebut lengkap dengan tipe, fasilitas dan tarifnya. Namun pengunjung juga berkesempatan untuk mendapatkan harga promo atau diskon yang diselenggarakan beberapa hotel atau penginapan secara berkala.

Lakukan survei hotel atau penginapan di tempat tujuan

Pastikan untuk melakukan survei terlebih dahulu tentang hotel atau penginapan yang ingin digunakan. Dari mulai foto kamar, fasilitas, tarif, lokasi hingga review dari pengunjung yang sudah pernah menginap di hotel tersebut. Hal itu akan memberikan informasi pada kamu untuk memilih hotel yang sesuai dengan kebutuhan, selera dan budget yang tersedia.

Hindari gunakan layanan jasa booking hotel perorangan

hindari calo

Sesampainya kamu di tempat tujuan, biasanya ada banyak jasa yang memberikan penawaran pemesanan hotel dengan mudah dan cepat. Sebaiknya hindari, dan gunakan jasa pemesanan hotel yang sudah berbentuk perusahaan resmi sehingga terjamin keamanannya.

Siapkan alternatif tempat menginap

Bagaimana jika hotel yang ingin dipesan ternyata sudah penuh atau kehabisan kamar? Ini pentingnya menyediakan pilihan alternatif untuk tempat menginap yang bisa kamu pilih di daerah tujuan. Seperti misalnya memilih untuk menggunakan penginapan, villa atau guest house yang kini mulai tersedia banyak di berbagai daerah wisata.

Itulah beberapa hal yang penting untuk kamu ketahui seputar cara pesan hotel langsung dan tips yang bisa digunakan sehingga bisa mendapatkan kamar hotel sesuai dengan yang diinginkan.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar