Cara Mengatur Uang 500 Ribu dalam Sebulan. Tips Berat

Di zaman Android sudah sampai versi 12, mengatur uang 500 ribu dalam sebulan adalah sebuah tantangan yang berat. Ini dikarenakan uang 500 ribu sudah mulai berkurang kemampuannya. Sekitar 5 tahun lalu, kita masih bisa membeli dan membayar banyak hal dengan uang tersebut. Namun sekarang biaya pulsa dan paket data sebulan saja sudah hampir sejumlah itu.

Manusia selalu punya cara untuk menghadapi masalah yang dihadapi. Kamu bisa menambah dana dengan mengajukan pinjaman 500 ribu langsung cair, misalnya. Atau jika mau bertahan dengan 500 ribu yang ada itu juga opsi yang mungkin untuk dilakukan.

4 tips mengatur uang 500 ribu dalam sebulan

tips cara mengatur uang 500 ribu dalam sebulan

500 ribu yang kamu pegang sekarang bisa menemanimu selama kurang lebih 30 hari ke depan. Syaratnya kamu harus mampu melakukan pembagian yang Fair antara kebutuhan dengan ketersediaan dana. Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

Cara mengatur uang 500 ribu dalam sebulan :

1. Atur pengeluaran

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat peta jalan. Tujuan utamamu adalah bertahan hidup selama sebulan ke depan dengan dana tersedia 500 ribu. Bagilah uang tersebut untuk kebutuhan selama 30 hari. Jangan terkejut jika tidak banyak yang bisa kamu beli dengan jumlah segitu. Ingat, yang penting bertahan.

Atur pengeluaran uang 500 ribu selama 30 hari ke depan. Utamakan kebutuhan pokok khususnya makan dan minum. Selebihnya sepantasnya saja.

2. Yang penting makan

Jika sudah bisa makan 2 atau 3 kali sehari itu sudah hal hebat. Tidak perlu memanjakan selera, asal perut terisi urusan selesai. Kamu bisa melanjutkan aktifitas dengan tenaga yang sudah kembali. Lanjutkan tujuan hidupmu dengan penuh kesungguhan. Tujuan terdekatmu adalah menyelesaikan hari ini.

3. Cari gratisan

cari gratisan

Mengatur uang 500 ribu dalam sebulan akan lebih mudah jika jumlah pengeluarannya bisa dikurangi, dengan mencari gratisan misalnya. Ini bukan berarti kamu harus meminta-minta melainkan melihat peluang di sekitar. Jika ada teman yang kebetulan sedang dapat rezeki, sekedar minta traktir mungkin tidak memberatkan. Atau cara lainnya dengan memanfaatkan promo pembelian seperti beli 2 gratis 1, beli dengan pembayaran tertentu agar dapat Cashback atau beli di hari-hari tertentu agar harganya lebih murah.

4. Sabar

Dengan pemenuhan kebutuhanmu yang serba terbatas, tidak ada sahabat sebaik sabar. Jika makanan yang bisa kamu beli hanya sayur kangkung dan tempe, sabar yang akan membuatnya terasa nikmat. Jika sabar dan ikhlas sudah mengisi dada, maka tidak ada kesulitan yang terasa terlalu berat.

Catatan mengatur uang 500 ribu dalam sebulan

catatan cara mengatur uang 500 ribu dalam sebulan

Cara mengatur uang 500 ribu dalam sebulan di atas terdengar mudah karena itu hanya teori. Praktiknya di lapangan bisa sangat kompleks. Terlebih kebutuhan hidup sekarang bukan hanya makan dan minum melainkan banyak lagi turunannya. Namun semuanya masih mungkin jika mau dicoba dan terus diusahakan.

Tulisan ini tidak dimaksudkan sebagai rujukan praktis dalam mengatur keuangan karena Krediblog sendiri bukan ahli keuangan. Tapi jika hidup sulit dengan sisa gaji 500 ribu yang harus cukup untuk sebulan, Krediblog pernah cukup lama berada di masa-masa itu.

Semoga kamu yang sedang terbatas keuangannya bisa lekas bangkit dan mencapai kebebasan finansial. Jadikan masa sulit ini sebagai cerita berkesan yang akan kamu ingat dan tertawakan nanti 10 tahun dari sekarang.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar