Modal 500 Ribu Usaha Apa? Bisa Coba Pilihan Bisnis Berikut

Modal 500 ribu usaha apa? Meski tidak banyak, ada beberapa pilihan yang tersedia. 500 ribu sendiri adalah nominal yang lumayan, namun untuk memulai usaha jumlah tersebut terbilang kecil. Padahal idealnya memulai bisnis adalah dengan modal yang cukup atau setidaknya tidak terlalu mepet. Namun selalu ada pilihan tepat yang bisa kamu tentukan dalam situasi sulit sekalipun.

Jika butuh tambahan modal, pinjaman 500 ribu langsung cair bisa kamu coba. Pencairannya yang cepat bisa sangat mendukung rencanamu untuk memulai usaha sekarang juga. Namun itu sifatnya opsional. Kamu tetap bisa memulai bisnis saat ini juga dengan modal 500 ribu yang sudah ada di tangan.

Pilihan Usaha untuk Modal 500 Ribu

Dengan modal 500 ribu, berikut pilihan usaha yang bisa kamu mulai :

1. Jualan online

modal 500 ribu usaha jualan online

Bisnis online atau jualan online adalah salah satu usaha yang bisa dimulai dengan modal kecil. Khususnya untuk tipe usaha yang menjual produk digital seperti gambar, audio, video atau ebook. Karena produknya digital kamu tidak membutuhkan modal untuk kulakan maupun stok barang. Kamu cukup membuat produk sekali, setelahnya bisa dijual hingga berkali-kali.

Modal 500 ribu yang kamu miliki bisa kamu gunakan untuk membuat website sebagai media utama berpromosi. Kamu akan butuh hosting yang harga termurahnya seharga 300 ribu selama setahun. 200 ribu sisanya untuk membeli domain yang juga untuk durasi 1 tahun. Dengan hosting dan domain kamu sudah siap membuat website sebagai tempat menjual produk andalanmu.

2. Reseller

Usaha selanjutnya dengan modal 500 ribu adalah dengan menjadi Reseller. Reseller yang dimaksud adalah reseller online karena sekarang lebih mudah menjual barang via online dibanding offline. Kemudahan bagi Reseller adalah tidak perlu melakukan stok barang dan bisa melakukan order ke pusat saat sudah ada pembeli. Fokusmu adalah ke marketing alih-alih menghabiskan waktu untuk merapikan barang di gudang misalnya.

Pada beberapa Reseller ada yang mengharuskan membeli beberapa paket produk sebagai tanda pendaftaran. Biasanya ini dilakukan untuk Reseller kosmetik. Pada jenis Reseller ini kamu bisa menggunakan modal yang 500 ribu tadi. Carilah produk Reseller yang modal pertamanya sesuai dengan modal yang kamu miliki. Setelah selesai melakukan pendaftaran, kamu bisa langsung melakukan promosi via Instagram, Twiter, Youtube maupun media online lainnya.

3. Jualan gorengan

Jualan gorengan adalah opsi usaha berikutnya yang bisa kamu coba. Ada 2 kelebihan utama berbisnis jualan gorengan. Yang pertama adalah gorengan termasuk produk yang hampir semua orang suka, jadi produkmu berpeluang besar untuk laku. Yang kedua adalah modalnya yang kecil. Kamu juga bisa memulai dengan skala kecil untuk melihat sejauh mana produkmu akan laku.

4. Jualan lauk matang

modal 500 ribu usaha jualan lauk matang

Jika kamu hobi memasak atau memiliki kemampuan yang baik dalam mengolah makanan, menjual lauk matang bisa jadi usaha modal 500 ribu yang tepat. Kamu bisa memasak menu andalanmu menyesuaikan modal yang tersedia. Jika belum memiliki tempat yang cocok untuk menjajakan masakanmu, kamu bisa menitipkannya di warung terdekat atau yang pemiliknya kamu kenal. Atau opsi lainnya, kamu bisa menggunakan meja yang ditaruh di depan rumah dan mendisplay masakan lezatmu disana.

5. Sosis bakar dan Nugget

Usaha sosis bakar dan Nugget sudah sangat populer dan karenanya banyak yang sudah melakukannya. Kamu bisa melihatnya di pinggir jalan, pasar, pasar malam maupun area-area ramai lainnya. Modalnya terbilang kecil karena kamu hanya butuh alat pemanggang, sosis dan Nugget-nya. Banyaknya penjual sosis dan Nugget ini menjadi bukti bahwa usaha ini menguntungkan sekaligus mudah dilakukan.

Catatan modal 500 ribu usaha apa

catatan oleh krediblog

Dengan modal 500 ribu kamu sudah bisa memulai usaha. Menurut mereka yang kenyang pengalaman dalam berbisnis, jangan berharap untung besar di awal memulai usaha. Target terdekatnya cukup usaha berjalan lancar saja. Asal kamu bisa terus berjualan secara konsisten itu sudah pencapaian yang baik.

Saat konsistensi sudah mulai bisa dicapai barulah menentukan target berikutnya. Melakukan ekspansi usaha misalnya. Kamu bisa menambah barang jualan, melakukan jam buka lebih lama atau syukur-syukur memperbesar lapak. Apakah perkembangan semacam itu mungkin terjadi pada bisnis dengan modal yang hanya 500 ribu? Mengapa tidak. Pepatah Arab “Man Jadda Wajada” menyebut bahwa yang akan mendapatkan hasil adalah yang bersungguh-sungguh, bukan yang memulai dengan modal besar.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar