Cara Menabung dengan Gaji 500 Ribu. Masih Mungkin Dilakukan

Kita sering mendengar orang bergaji jutaan namun tidak bisa menyisakan uangnya untuk ditabung, lalu bagaimana kita bisa menabung dengan gaji 500 ribu? Bukankah itu akan lebih mirip menyiksa diri daripada membangun simpanan?

Krediblog salah satu yang meyakini bahwa menabung bukan hanya tentang jumlah melainkan juga kebiasaan. Menabung dalam jumlah sedikit akan lama membuat uangmu menjadi bukit, tapi ia bisa menjadi cara yang cepat untuk menumbuhkan kebiasaan. Menjadi tidak penting berapa nominal yang kamu sisihkan karena melipat uang dan menyimpannya dalam kantong diam-diam sudah menjadi keahlianmu.

Gaji yang kamu terima setiap bulan adalah buah kerja kerasmu. Meski sekarang orang bisa dengan mudah mengajukan pinjaman 500 ribu langsung cair, yang kamu pegang sekarang jauh lebih baik dari itu. Karenanya jangan sampai ia hilang begitu saja tanpa bekas.

Gaji 500 Ribu Mungkinkah Menabung?

tips dan cara menabung dengan gaji 500 ribu

Menabung dengan gaji 500 ribu apakah mungkin? jawabannya mengapa tidak. Kamu bisa menabung dengan uang berapapun. Namun karena 500 ribu termasuk jumlah yang sangat mepet untuk kebutuhan hidup sekarang ini, kamu butuh siasat agar setelah dibagi untuk bermacam kebutuhan masih ada sisanya yang bisa ditabung.

Cara agar bisa menabung dengan gaji 500 ribu :

1. Mengatur pengeluaran

Orang hidup memiliki banyak sekali kebutuhan. Dari yang pokok seperti makan sehari-hari sampai yang sifatnya opsional seperti langganan Youtube Premium. Modal 500 ribu yang kamu miliki harus memiliki peta jalan. Mau buat apa saja dan akan digunakan untuk pos mana saja. Kamu bebas menentukan alokasi menyesuaikan kebutuhamu. Tujuan pengaturan ini adalah untuk memetakan kebutuhan dengan ketersediaan dana.

Cukup adalah lebih baik daripada terlalu banyak.

2. Tidak membeli yang tidak perlu

Uang 500 ribu sudah sangat mepet untuk kebutuhan pokok sehari-hari, peluangnya kecil kamu masih memiliki sisa dana untuk kebutuhan lain. Tetapi potensi kebocoran tetap ada jika kamu bersikeras. Jika terbesit keinginan semacam itu segera urungkan. Ketika punya duit saja membeli yang tidak perlu tidak bisa dibenarkan, apalagi dalam keterbatasan.

Apabila seseorang membeli sesuatu yang tidak ia butuhkan, orang tersebut telah mencuri dari dirinya sendiri.

3. Ketat pengeluaran

ketat pengeluaran

Ikuti pengeluaran sesuai dengan rencana keuangan yang sudah dibuat sebelumnya. Jangan sekali-kali keluar dari jalan yang sudah dipetakan. Sekali saja kamu keluar ia akan merusak rencana lainnya. Kamu harus ketat terhadap apa yang sudah direncanakan di depan untuk mempermudah jalan dibelakangnya.

Kekayaan tidak muncul karena banyaknya harta, tapi karena sedikitnya keinginan.

4. Terus menabung meski sedikit

Tentukan nominal yang akan kamu tabung. Misal 20, 30 atau 50 ribu. Ambil dan simpan uang tersebut dimuka sebelum mulai membelanjakannya sisanya. Jika ternyata kebutuhan bulan tersebut besar dan uang yang untuk ditabung harus digunakan, apa boleh buat. Namun bersikeraslah untuk tetap memasukan ke dalam tabungan berapapun sisa uang yang ada.

Uang yang disimpan adalah uang yang diperoleh.

5. Sabar dan tekun

Uang yang kamu tabung setiap bulan tidak akan langsung banyak dalam sekejap. Ia harus menunggu dalam waktu yang lama atau mungkin sangat lama. Menabung adalah perbuatan yang erat kaitannya dengan kesabaran. Kamu memulainya sekarang dan menuainya disuatu waktu nanti.

Ketika Anda menyadari bahwa kebahagiaan tidak didapat dari membelanjakan uang, Anda telah memenangkan setengah dari pertempuran.

Catatan menabung dengan gaji 500 ribu

catatan cara menabung dengan gaji 500 ribu

Seperti biasa, secara teori cara menabung dengan gaji 500 ribu diatas terdengar mudah untuk dilakukan. Namun prakteknya jelas sangat sulit. Umumnya orang yang penghasilannya dibawah 1 juta masih jauh dari hiruk pikuk menabung. Kesibukannya terserap habis pada memenuhi kehidupan sehari-hari.

Tetapi jika kamu membaca ini, itu berarti ada kesungguhan di dalam hati. Ingat, bukan jumlahnya yang penting melainkan membangun kebiasaan menabung. Karena jika dengan yang sedikit kamu bisa menyimpan, maka pada yang lebih besar akan lebih mudah lagi untuk dilakukan.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar