Cara Memasukan Token Listrik Pulsa ke Meteran Anti Gagal

Memasukan token listrik ke meteran sama mudahnya dengan memasukkan kode voucher pulsa ke HP. Input kode lalu pencet enter, maka token atau pulsa akan langsung masuk. Namun meski mudah akan tetap membingungkan bagi mereka yang baru pertama kali melakukannya. Itu hal yang normal. Saat sudah tahu dan terbiasa, kamu akan ahli dengan sendirinya.

Berbeda dengan pulsa yang tersedia opsi online dimana bisa langsung masuk tanpa perlu memasukkan kode voucher, token listrik belum secanggih itu. Meski kita membeli token listrik secara online sekalipun proses inputnya tetap harus dilakukan secara manual. Sejauh ini belum ada pembelian token listrik yang bisa langsung masuk ke meteran.

Persiapan Sebelum Memasukan Token Listrik Pulsa

persiapan memasukan token listrik pulsa

Terdapat beberapa hal harus diperhatikan atau dipersiapkan sebelum memasukan token listrik ke meteran. Ini bukan berarti prosesnya ribet karena harus persiapan segala, melainkan jika hal-hal berikut sudah siap proses pengisian token akan berlangsung tanpa kendala.

Kode token listrik

Yang pertama dan utama adalah jelas kamu akan membutuhkan kode token listrik. Pastikan kode token yang akan kamu isi berisi 20 digit angka. Baik kamu membeli di warung dekat rumah, PLN Mobile, marketplace, aplikasi PPOB maupun via mobile banking jumlah digitnya pasti 20. Jika kode token yang kamu pegang kurang dari 20 digit maka itu akan bermasalah. Coba cek lagi atau tanyakan ke tempat kamu membelinya.

Baca : Beli token listrik di myBCA dan Token listrik di BSI Mobile.

Akses ke meteran listrik

akses mudah ke meteran

Untuk alasan keamanan, rata-rata lokasi meteran listrik berada di tempat yang tinggi. Lokasi ini akan sulit dijangkau orang kebanyakan atau meski mereka bisa menyentuh area tombol akan sulit melihat meteran secara utuh. Saat akan memasukan token listrik, gunakan alat bantu (tangga, kursi atau semacamnya) agar bisa melihat meteran listrik secara keseluruhan khususnya area display. Kamu harus mudah saat menekan tombol dan melihat dengan jelas apa yang kamu input melalui area display.

Sistem tombol meteran listrik

Persiapan ketiga adalah memahami sistem tombol atau keyboard di meteran listrik. Pada hampir semua jenis dan merk meteran listrik menggunakan sistem tombol yang hampir serupa. Keyboard terdiri dari total 12 tombol yang terdiri dari angka 0 sampai 9. Satu tombol backspace atau hapus (tanda panah ke kiri) dan satu tombol berwarna merah untuk enter (tanda panah membentuk huruf “L” tidur).

Tombol angka untuk memasukkan kode token, tombol hapus jika terjadi salah input dan jika semua kode token sudah dimasukkan semua verifikasi terakhir adalah dengan menekan tombol enter.

Tutorial Cara Memasukan Token Listrik ke Meteran

tutorial cara memasukan token listrik ke meteran

Jika semua yang dibutuhkan sudah siap sekarang saatnya praktek. Agar mudah dalam melihat, kamu bisa mencatat kode token listrik di secarik kertas atau bisa juga melihat langsung dari layar Smartphone.

Langkah-langkah atau cara memasukan token listrik ke meteran :

  1. Siapkan 20 digit kode token listrik.
  2. Cek sisa token sebelum pengisian. Ini sebagai penanda awal.
  3. Masukkan 20 digit token listrik menggunakan tombol yang tersedia pada meteran.
  4. Perhatikan setiap angka yang dimasukkan pada layar sehingga jika terjadi salah input bisa langsung diperbaiki.
  5. Gunakan tombol panah kiri untuk menghapus jika terjadi kesalahan.
  6. Pastikan 20 digit token yang diinput sudah benar.
  7. Tekan tombol enter untuk konfirmasi pengisian.
  8. Pastikan pada layar meteran tertulis “BENAR” atau ACCEPT”.
  9. Jika yang muncul adalah “SALAH” atau “REJECT” berarti terjadi kesalahan input. Ulangi lagi pengisian kode token.
  10. Proses isi token yang berhasil ditandai dengan nominal token yang bertambah.

Bagian tersulit dari memasukan token listrik pulsa adalah memastikan ke-20 digit yang dimasukkan adalah benar. Karena 20 digit adalah jumlah yang banyak sangat rawan terjadi salah input pada bagian tengah hingga akhir. Maka memasukkan kode dengan perlahan dan hati-hati adalah kuncinya. Harus detail dari awal hingga akhir kode.

Kendala pengisian token listrik yang umum dijumpai dilapangan adalah salah input kode. Ini tidak selalu karena pengguna menekan nomor atau angka yang salah melainkan bisa juga dari error sistem tombol pada meteran. Pengguna sudah menekan nomor yang benar namun karena penekanannya kurang keras maka meteran tidak mendeteksi. Krediblog menjumpai cukup banyak meteran listrik dengan karakter seperti ini.

Maka menjadi penting untuk melihat pada layar meteran setiap hasil inputan yang kita tekan. Sehingga jika ada angka yang sudah ditekan namun tidak terdeteksi maupun jenis error lainnya, kita bisa langsung tahu dan bisa saat itu juga diulangi.

Mau beli token terkendala dana? coba Aplikasi beli token listrik bayar nanti.

Penyebab gagal memasukan token listrik pulsa

penyebab memasukan token listrik gagal

Meski memasukan token listrik ke meteran adalah proses yang mudah namun cukup banyak pengguna yang mengalami kegagalan. Token listrik yang dimasukkan salah atau gagal terus sehingga pulsa listrik tidak bertambah. Mengapa itu bisa terjadi? Berikut beberapa hal yang biasanya menjadi penyebab token listrik gagal dimasukkan:

  • Salah input kode token listrik.
    90% penyebab token listrik gagal dimasukkan adalah salah input. Maka hal pertama yang harus dilakukan saat mengalami kegagalan adalah melakukan cek dan ricek kode atau mengulangi proses pengisian.
  • Kode token listrik salah.
    Ini bisa terjadi jika salah membeli token listrik. Bermaksud mengisi untuk meteran listrik sendiri tetapi yang ditulis malah ID listrik milik orang lain.
  • Meteran rusak atau error
    Kemungkinan ketiga jika bukan salah input maupun salah kode adalah mesin meteran yang rusak. Kasus ini memang jarang tapi mungkin untuk terjadi.

Solusi selengkapnya dari kegagalan di atas bisa kamu baca disini: Token listrik gagal terus.

Catatan

catatan oleh krediblog

Seperti yang kamu lihat, secara umum melakukan pengisian token listrik ke meteran adalah pekerjaan yang mudah. Prosesnya sendiri cepat dan bisa selesai dalam 5 menit. Meski begitu ia tetap membutuhkan ketelitian sekaligus kesabaran karena harus berurusan dengan kode dengan jumlah yang banyak.

Sekarang kamu sudah tahu bagaimana caranya memasukan token listrik pulsa di meteran. Kamu memulai dengan kebingungan namun kini sudah tahu dan bisa. Kapan saja tugas memanggil, siap mengisi token listrik dengan benar tanpa kegagalan.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram