Cara Beli Token Listrik di myBCA. Cepat, Mudah dan Praktis

Sama seperti bayar listrik PLN Pascabayar, sekarang sudah bisa beli token listrik di myBCA. Sebelumnya menu beli dan bayar listrik baik tagihan maupun token tidak tersedia di aplikasi myBCA. Tapi sejak awal tahun 2024 update terbaru dari myBCA menghadirkan fitur baru di kategori Bayar & Isi Ulang. Diantaranya PLN, Pascabayar, SIGNAL, Kartu Kredit & Paylater dan Pajak Daerah Lainnya.

Sama seperti m Banking versi lama (BCA Mobile), proses pembelian token listrik via myBCA juga sama cepatnya. Bahkan di aplikasi yang baru ini kamu akan mendapatkan struk transaksi pembelian yang bisa di download atau langsung di Share. Jadi tidak perlu lagi melakukan screenshot secara manual. Daftar perbedaan aplikasi m Banking BCA lama dan baru lainnya bisa kamu lihat di perbedaan BCA mobile dan myBCA.

Ketentuan Beli Token Listrik di myBCA

ketentuan beli token listrik di mybca

2 hal yang perlu kamu ketahui sebelum beli token listrik di myBCA adalah perihal nominal token listrik yang tersedia dan biaya admin yang dikenakan untuk setiap transaksinya.

Nominal token listrik yang tersedia

myBCA menyediakan token listrik dengan nominal yang bervariasi. Dengan nominal paling kecil 20.000 (dua puluh ribu) dan maksimal 50.000.000 (lima puluh juta). Dengan range selebar itu kemungkinan besarnya bisa mengakomodir semua kebutuhan nasabah yang ingin membeli token listrik untuk beragam keperluan mereka.

Nominal Token ListrikHarga
20.00020.000
50.00050.000
100.000100.000
200.000200.000
500.000500.000
1.000.0001.000.000
5.000.0005.000.000
10.000.00010.000.000
50.000.00050.000.000
Tabel nominal token listrik di myBCA

Biaya admin atau transaksi yang dikenakan

Berapa biaya admin beli token listrik di myBCA? BCA mengenakan biaya admin atau biaya transaksi Rp 2.500 untuk setiap transaksi. Jika misalnya kamu membeli token listrik dengan nominal 50.000 misalnya, maka total pembayaran yang dilakukan adalah Rp 52.500 berikut biaya adminnya.

Mahal atau murah biaya admin sebesar Rp 2.500 itu? Krediblog pribadi menganggapnya murah. Alasannya karena biaya tersebut kurang lebih sama dengan aplikasi mobile banking milik bank lain maupun platform aplikasi pembayaran lain. Rentangnya antara Rp 2.000 – 3.000. Lebih murah atau mahal hingga Rp 1.000 masih bisa ditolerir.

Tutorial Cara Beli Listrik di myBCA

tutorial cara beli token listrik di mybca

Tutorial pembelian berikut beneran dilakukan oleh Krediblog untuk membeli token listrik dengan nominal 50.000. Kamu bisa mengikuti persis langkah demi langkahnya karena memang tahapannya sama.

Waktu yang dibutuhkan: 3 menit

Cara beli token listrik di myBCA :

  1. Buka myBCA

    Buka aplikasi myBCA sampai ke halaman Beranda.step 1 beli token listrik di mybca buka aplikasi

  2. Pilih PLN

    Pada daftar menu BAYAR & ISI ULANG pilih menu PLN. Jika tidak ada klik “Selengkapnya” untuk menampilkan semua menu.step 2 pilih menu pln

  3. Pilih PLN Prbayar

    Pada pilihan Jenis Produk PLN, pilih PLN Prabayar. step 3 pilih pln prabayar

  4. Pilih jenis produk PLN

    Pada halaman berikutnya pada pilihan “Jenis Produk PLN” kembali pilih PLN Prabayar.step 4 jenis produk pln

  5. Masukkan ID Pelanggan

    Pada kolom yang disediakan masukkan No. Meter atau ID Pelanggan untuk listrik yang akan diisi token. Klik “Lanjut”.step 5 beli token listrik di mybca masukkan id pelanggan

  6. Pilih nominal

    Pilih nominal token listrik yang akan dibeli.step 6 beli token listrik di mybca pilih nominal

  7. Cek detail

    Cek baik-baik detail transaksi yang akan diproses. No. Meter, atas nama dan nominal token yang akan dibeli. Jika sudah sesuai klik “Bayar”.step 7 beli token listrik di mybca cek detail transaksi

  8. Masukkan PIN

    Masukkan PIN untuk otentikasi transaksi.step 8 masukkan pin transaksi

  9. Pembelian sukses

    Pembelian token listrik berhasil. Kamu akan mendapatkan struk berisi detail transaksi dan nomor token listrik atau stroom token.step 9 beli token listrik di mybca sukses

Tutorial lainnya : Cara bayar listrik lewat myBCA

Dimana melihat nomor token listrik hasil pembelian?

melihat nomor token listrik di mybca

Berbeda dengan bayar listrik yang prosesnya selesai setelah pembayaran, pada pembelian token listrik masih ada hal yang harus kamu lakukan setelah proses pembayaran. Yaitu mendapatkan kode stroom token yang baru saja kamu beli. Nomor ini yang nanti dimasukkan ke meteran agar listrik kembali terisi.

Dimana melihat stroom token hasil pembelian di aplikasi myBCA? Kamu bisa melihatnya di struk pembelian yang kamu dapatkan pada akhir transaksi. Pada halaman struk geser ke bawah mendekati bagian paling akhir. Disana akan tertera STROOM/TOKEN yang berisi 20 kode digit hasil pembelian.

Bagaimana jika terlewat dan tidak melihat struk ketika pertama muncul? Jangan khawatir karena kamu masih bisa melihatnya di histori. Pada Beranda aplikasi myBCA pilih menu “Riwayat” dan pilih riwayat transaksi pembelian yang baru saja kamu lakukan. Stroom token listrik juga bisa kamu lihat disitu.

Catatan cara beli token listrik di myBCA

Beli token listrik di myBCA (atau BCA mobile sebelumnya) adalah tempat favorit Krediblog ketika harus melakukan isi ulang listrik. Metode ini jauh lebih mudah dan cepat.

Berbeda pengalamannya dibanding membeli di marketplace yang menunya sangat dalam sehingga membutuhkan beberapa kali klik. Atau di aplikasi PPOB maupun platform pembayaran lain yang mengharuskan melakukan top up saldo terlebih dahulu. Di myBCA bisa selesai kurang dari 10 klik dan mendapatkan tokennya dalam 3 menit.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram