Kartu Masa Tenggang Apa Bisa Diisi Pulsa? Yuk Cari Tahu!

Pengguna yang lebih sering menggunakan Smartphone-nya untuk internet dibanding menelpon, biasanya jarang melakukan pengisian pulsa. Yang mereka beli secara rutin adalah paket data. Maka banyak dari pengguna jenis ini yang nomornya sudah tidak aktif lagi dan tahu-tahu sudah memasuki masa tenggang. Jika ingin tetap menggunakan nomor tersebut maka harus melakukan pengisian pulsa. Pertanyaannya kemudian, kartu masa tenggang apa bisa diisi pulsa?

Metode pengisian pulsa praktis: Beli pulsa di m Banking BCA

Kartu Masa Tenggang Apa Bisa Diisi Pulsa untuk Semua Operator

Setiap nomor atau kartu memiliki masa aktif dan masa tenggang. Masa aktif adalah masa berjalan. Yaitu masa dimana kartu berada dalam keadaan normal dan bisa digunakan. Sedang masa tenggang adalah periode dimana kartu menuju penonaktifan. Ini adalah masa peringatan dimana jika ingin tetap menggunakan kartu ini maka pengguna harus segera mengaktifkannya kembali.

Berikut penjelasan kartu masa tenggang apa bisa diisi pulsa untuk semua operator seluler di Indonesia :

Telkomsel

kartu telkomsel masa tenggang apa bisa diisi pulsa

Masa tenggang kartu Telkomsel adalah 30 hari. Jadi jika nomormu masuk masa tenggang kamu memiliki waktu selama 30 hari untuk mengaktifkannya. Lewat dari itu nomor atau kartu akan hangus dan tidak akan lagi bisa digunakan.

Nomor Telkomsel yang masuk masa tenggang bisa diisi pulsa. Lakukan pengisian pulsa maka kartumu akan secara otomatis aktif kembali. Durasi masa aktifnya akan tergantung nominal pulsa yang kamu isi. Yang terpenting lakukan pengisian pulsa sebelum masa tenggang berakhir.

Indosat

Masa tenggang kartu Indosat adalah 30 hari. Pengguna yang nomornya masuk masa tenggang memiliki waktu selama 30 hari untuk mengaktifkannya kembali. Tidak mengambil tindakan selama masa tersebut maka nomor akan hangus.

Kartu Indosat yang masuk masa tenggang bisa diisi pulsa. Begitu kamu melakukan pulsa nomor akan otomatis aktif kembali. Yang perlu diperhatikan adalah pengisian pulsa harus dilakukan sebelum masa tenggang habis.

XL dan AXIS

kartu xl axis masa tenggang apa bisa diisi pulsa

Masa tenggang kartu Axis adalah 30 hari sedang kartu XL lebih lama yaitu 50 hari. Jika kamu tidak melakukan isi ulang pulsa maka selambat-lambatnya adalah selama masa tenggang tersebut. Lebih dari itu nomormu akan hangus dan terpaksa harus membeli kartu perdana yang baru.

Kartu masa tenggang XL dan AXIS apa bisa diisi pulsa? Bisa. Lakukan pengisian pulsa nominal berapa saja dan kartu akan aktif kembali. Semakin besar nominal pulsa maka masa aktifnya akan semakin lama. Asalkan pengisian pulsa dilakukan sebelum masa tenggang berakhir.

Smartfren

Sama seperti kebanyakan operator lain, masa tenggang kartu Smartfren adalah 30 hari. Yang membedakan mereka memiliki skema One Way Block dan Two Way Block. Yaitu 30 hari pertama selama masa tenggang nomor masih bisa digunakan untuk menerima panggilan maupun SMS. Untuk kemudian tidak bisa digunakan sama sekali setelah periode 30 hari.

Kartu masa tenggang Smartfren bisa diisi pulsa. Pengisian pulsa yang kamu lakukan akan membuat nomor aktif kembali dan bisa digunakan. Yang penting lakukan isi pulsa sebelum periode masa tenggang 30 hari pertama lewat.

Tri (3)

kartu tri masa tenggang apa bisa diisi pulsa

Masa tenggang kartu Tri adalah 30 hari sejak berakhirnya masa aktif. Jika tidak mengisi pulsa baik karena lupa maupun memang sengaja paling lama adalah selama masa tenggang ini atau sebelum 30 hari. Jika ingin tetap menggunakan nomor yang sama maka harus mengaktifkan kembali sebelum masa tenggang berlalu.

Kartu masa tenggang Tri bisa diisi pulsa. Jadi jika kartumu masih di masa tenggang silahkan lakukan pengisian pulsa dan nomor akan aktif kembali. Lakukan pengisian pulsa sebelum masa tenggang habis atau sebelum 30 hari sejak masa aktif berakhir.

Catatan kartu masa tenggang bisa diisi pulsa

catatan oleh krediblog

Kesimpulan dari uraian di atas adalah, kartu masa tenggang apa bisa diisi pulsa? Jawabannya adalah bisa baik untuk Telkomsel, Indosat, XL/AXIS, Smartfren maupun Tri. Masa tenggang adalah periode menunggu penonaktifan nomor dan pada masa ini masih bisa dilakukan isi pulsa untuk menjadikan nomor aktif kembali. Informasi ini valid karena ketentuan ini berasal dari masing-masing operator terkait.

Mengisi pulsa padahal kita tidak membutuhkannya (internet menggunakan wifi atau nomor hanya sebagai cadangan misalnya) memang sesuatu yang merepotkan. Krediblog sendiri mengalami itu. Namun karena ini sudah menjadi aturan maka satu-satunya pilihan yang ada adalah dengan mengikutinya. Anggap saja mengisi pulsa tak ubahnya biaya layanan per bulan untuk menggunakan nomor HP yang sekarang sedang kita gunakan.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram