Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Terus. Lakukan Ini

Mengatasi token listrik gagal terus – Sudah dicoba tiga kali lebih namun tetap gagal. Di input nomor tokennya pelan-pelan biar tidak salah ketik tetapi hasilnya sama saja. Sebenarnya siapa yang error disini? Pengguna yang salah memasukkan nomor token listrik atau sistem meteran yang tidak bisa membaca kode tersebut?

Token listrik yang gagal saat dimasukkan ke meteran listrik bisa menimpa siapa saja. Jika terjadi disaat yang tidak tepat selain membuat jengkel juga kerap membuat panik. Listrik sudah bunyi tit-tip tetapi token malah error. Bagaimana jika kejadian ini terjadi padamu, saat ini?

Berikut beberapa solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi token listrik gagal terus. Terdapat beberapa opsi yang bisa dicoba. Tapi semuanya adalah langkah kedua. Langkah pertamanya adalah jangan panik alias tetap tenang.

Kenapa Token Listrik Gagal padahal Sudah Benar?

kenapa token listrik gagal terus padahal sudah benar

Token listrik yang gagal terus pasti terjadi karena ada penyebabnya. Kamu akan kesulitan menemukan solusi jika penyebab error belum diketahui. Dari sekian banyak variasi sebab yang mungkin terjadi, secara garis besar dibedakan menjadi 3 pola.

Berikut 3 penyebab utama kenapa token listrik gagal padahal sudah benar :

1. Nomor token listrik salah

Penyebab pertama adalah nomor token yang kamu input salah. Ini mungkin terjadi saat kamu membeli token listrik namun salah memberikan ID pelanggan. Setiap token listrik yang dibeli bersifat ekslusif untuk satu ID pelanggan, jadi jika kamu membeli untuk ID 1234567890 namun ID yang kamu berikan pada saat pembelian adalah 0987654321, maka nomor token listrik tersebut akan gagal terus saat dimasukkan.

2. Salah input nomor

salah input nomor token

Penyebab kedua yang umum terjadi adalah salah input nomor. Nomor token listrik terdiri dari 20 digit. Itu artinya kamu harus memasukkan ke dua puluh nomor tersebut dengan benar. Salah satu digit saja akan membuat token listrik gagal. Jenis kesalahan ini biasanya terjadi pada meteran dengan lokasi yang sulit dijangkau atau keyboard yang sudah mulai rusak sehingga sulit ditekan.

3. Sistem meter Error

Jika kamu yakin nomor token yang kamu beli benar dan kamu menginputnya tanpa kesalahan namun token listrik masih juga gagal terus maka poin ketiga ini bisa jadi penyebabnya, meteran listrik atau kWh meter nya yang error. Baik rusak fisik meterannya sehingga menghambat proses input maupun error sistemnya sehingga nomor token tidak terbaca.

Baca juga : Kode meteran listrik

Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Terus

cara mengatasi token listrik gagal terus

Cara mengatasi token listrik gagal terus yang paling efektif adalah dengan mengidentifikasi penyebab kemudian melakukan sebaliknya. Namun karena penyebabnya susah ditemukan maka solusi yang biasa ditempuh adalah dengan mencoba berbagai cara yang dirasa bisa menyelesaikan permasalahan.

Berikut urutan cara mengatasi token listrik gagal terus dimulai dari solusi yang paling mudah dilakukan :

1. Masukkan dengan hati-hati

Sebelum melakukan cara lain yang merepotkan atau solusi lain yang harus mengeluarkan uang, coba sekali lagi masukkan nomor token. Kali ini masukkan dengan pelan-pelan, hati-hati dan penuh ketelitian. Setelah kedua puluh digit nomer kamu input, cek sekali lagi di layar apa hasil inputan sudah benar. Jika sudah 100% benar maka tekan tombol enter. Jika pesan gagal kembali muncul maka Fix penyebabnya bukan salah input nomor.

Langkah ini penting dicoba untuk memastikan bahwa salah input bukan penyebabnya. Krediblog sendiri sering 2 sampai 3 kali token listrik salah terus namun akhirnya berhasil pada percobaan ke empat. Kamu juga bisa meminta bantuan orang lain untuk memasukkan token listrik. Sekali lagi untuk memastikan bahwa penyebab error adalah bukan salah input.

2. Beli token listrik baru

Coba beli token listrik baru. Kali ini ditempat yang terjamin kepercayaannya seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, mobile banking, Channel PPOB maupun melalui aplikasi beli token listrik bayar nanti. Tidak perlu nominal yang besar, Rp 20.000 sudah cukup. Tujuan utamanya untuk memastikan bahwa bukan nomor token listrik sebelumnya yang salah.

Pada beberapa kasus membeli token listrik baru bisa menyelesaikan masalah sekaligus membuktikan bahwa token listrik pertama yang error. Baik karena nomornya kadaluarsa maupun tidak valid. Biasanya terjadi jika pembelian token listrik dilakukan ditempat yang tidak jelas atau bukan channel resmi PLN.

Jika setelah membeli token baru token listrik masih gagal terus maka penyebab errornya serius. Ada yang salah dengan mesin kWh meter di tempatmu.

Baca juga : Beli token listrik di Akulaku

3. Update sistem meteran

update sistem meteran kwh meter

Cara ketiga ini adalah upaya terakhir yang bisa kamu lakukan sebelum menyerah dan mengadukannya ke PLN. Biasanya jika cara pertama dan kedua di atas belum juga menyelesaikan masalah, cara ketiga ini menjadi senjata pamungkas.

Lakukan update pada sistem meteran dengan cara meminta Key Change token (KCT) ke PLN. KCT adalah kode yang jika dimasukkan ke meteran akan membuat sistem meteran melakukan update atau reset. Update ini akan membuat meteran melakukan restar dan memperbaiki error yang ada pada kondisi sebelumnya. Dan ya, pada kebanyakan kasus melakukan update sistem meteran bisa mengatasi error token listrik yang gagal terus.

Key Change token (KCT) terdiri dari 20 digit nomor dan bisa kamu dapatkan kodenya dari PLN. Ada beberapa metode untuk mendapatkan KCT ini tergantung kebijakan PLN di wilayah masing-masing. Namun cara termudah untuk meminta KCT ini adalah melalui aplikasi PLN Mobile.

Cara meminta KCT melalui PLN Mobile :

  1. Download dan instal aplikasi PLN Mobile dan lakukan registrasi.
  2. Klik menu “Pengaduan”.
  3. Pada Topik Pengaduan yang tertera pilih “Permasalahan kWh Meter Pasca Bayar dan Pra Bayar”.
  4. Masukkan ID Pelanggan, titik lokasi, nomor Handphone, deskripsi masalah dan foto meteran.
  5. Klik tombol “Kirim Pengaduan”.
  6. Tergantung respon PLN, kamu akan mendapatkan respon berupa kode KCT.

Kode KCT yang kamu dapatkan adalah 2 set dengan tiap 1 set nya berisi 2 baris kode. Jadi total kode KCT yang kamu dapatkan adalah 4 baris kode yang masing-masingnya berisi 20 digit nomor. Langkah selanjutnya adalah memasukkan kode KCT ini ke meteran.

Cara update sistem meteran dengan kode KCT :

  1. Input KCT 1 dengan memasukkan 20 digit kode baris pertama ke meteran. Klik enter.
  2. Lanjut dengan memasukkan kode baris kedua. Klik enter.
  3. Input KCT 2 dengan memasukkan 20 digit kode baris pertama ke meteran. Klik enter.
  4. Lanjut dengan memasukkan kode di baris kedua. Klik enter.
  5. Tunggu beberapa saat untuk proses update.
  6. Coba masukkan nomor token listrik yang sebelumnya gagal terus. Klik enter.
  7. Seharusnya kali ini proses berhasil dan sukses.

Seperti disebutkan sebelumnya, update sistem meteran ini adalah senjata ampuh untuk mengatasi token listrik gagal terus. Jika setelah melakukan cara di atas masalahmu belum juga teratasi, maka level masalahmu lebih serius lagi dan hanya PLN yang bisa mengatasinya.

4. Lapor PLN untuk keluhan

Cara keempat yang bisa kamu lakukan saat ketiga cara sebelumnya tidak membuahkan hasil adalah dengan menghubungi PLN. Segera laporkan keluhanmu agar bisa segera ditindaklanjuti.

Kamu bisa melakukan pengaduan melalui media berikut :

  • Telpon Call Center PLN : 123
  • Aplikasi PLN Mobile
  • WhatsApp : 0812 2123 123
  • Email : pln123@pln.co.id
  • Akun social media. Instagram, Facebook dan Twitter.

Selengkapnya cek : Call Center PLN

Berdasarkan pengalaman, media pengaduan paling efektif adalah melalui aplikasi PLN Mobile. Hal itu dikarenakan pada aplikasi menggunakan sistem tiket yang bisa kamu Tracking progres penyelesaiannya.

Catatan token listrik gagal terus

catatan token listrik gagal terus

Mengatasi token listrik yang gagal terus padahal sudah benar bisa membuat stress jika menggunakan pendekatan yang salah. Error semacam ini adalah problem sejuta umat karena sangat mungkin dialami oleh setiap orang. Karena itu menjadi penting mengetahui solusi awal yang seharusnya dilakukan.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
4 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Ays efendi

Gagal isi token listrik pak

Andy

Sisa pulsanya masih 3rban tetapi mengapa setelah diisi pulsanya yang 50rb dan setelah dimasukkan ditulis error tetapi jumlah pulsanya bertambah hanya 5rb.apa sebabnya ya