Beli Hp di Akulaku Apakah Aman? Apa Benar Banyak Seller Nakal?

Beli Hp di Akulaku apakah aman atau tidak banyak ditanyakan oleh pengguna khususnya mereka yang baru pertama kali membeli barang di Akulaku. Hp termasuk barang mahal maka memastikan keamanannya adalah hal yang wajar untuk dilakukan. Dan karena Akulaku sendiri belum sepopuler Tokopedia atau Shopee maka bisa dimengerti jika ada pengguna yang mempertanyakan level keamanannya.

Ada 2 metode pembayaran di Akulaku, yaitu cash dan kredit. Jika dana sudah ada kamu bisa membayar via transfer bank menggunakan Virtual Account. Namun jika dana belum ada atau masih kurang, opsi kredit bisa dipertimbangkan. Kamu bisa membeli secara kredit dengan pembayaran dicicil setiap bulannya. Panduan lengkapnya bisa kamu baca disini : cara kredit Hp di Akulaku.

Akulaku adalah Marketplace Hp

marketplace hp

Jika melihat perannya, pertanyaan apakah aman beli Hp di Akulaku bisa jadi kurang tepat untuk ditanyakan. Sebabnya adalah karena Akulaku hanya berperan sebagai Marketplace. Akulaku menyediakan ruang untuk para Seller atau toko Hp membuka lapak disana dan menunggu pengguna datang untuk melihat-lihat.

Itu artinya jika terjadi transaksi maka menjadi urusan antara penjual dan pembeli. Aman tidaknya transaksi yang dilakukan akan tergantung toko yang dipilih dan sejauh mana kehati-hatian dalam bertransaksi diterapkan.

Sejarah Akulaku dengan Seller nakal

Jika kamu sering berkunjung ke website komunitas seperti Media Konsumen, kamu akan menemukan disana belasan hingga puluhan keluhan terkait pembelian Hp bermasalah di Akulaku. Kebanyakan kasusnya adalah Hp yang dikirim rusak, cacat, tidak sesuai tipe, yang dikirim barang lain bahkan tidak dikirim sama sekali. Saking seringnya surat keluhan semacam ini sampai pembaca disana menjadi bosan karena terus saja berulang. Lagi dan lagi.

Praktek semacam ini jelas dilakukan oleh Seller nakal. Mereka sudah berniat jahat dari awal memanfaatkan celah sistem di Akulaku. Kasusnya terus berulang dan bahkan menjadi viral dan diikuti oleh Seller nakal lainnya. Seller nakal memang sangat mengganggu kenyamanan berbelanja online. Tidak saja ada di Akulaku, mereka juga kerap bergentayangan di Marketplace lain seperti Tokopedia, Shopee dan Bukalapak.

Jadi, apakah aman beli Hp di Akulaku?

beli hp di akulaku apakah aman

Kabar baiknya kasus Seller nakal di Akulaku sudah mulai berkurang bahkan hampir tidak lagi terdengar. Kasus mereka mencapai puncaknya sekitar tahun 2020-2022 dan memasuki tahun 2023 landai menurun sampai menghilang. Ini terjadi karena Akulaku selaku pemilik sistem sudah memperbaiki celah keamanannya. Setiap tahun Akulaku terus memperbaiki level keamanannya dan khusus tahun ini terasa sekali peningkatannya.

Jadi beli Hp di Akulaku apakah aman? secara umum aman tetapi resiko akan selalu ada. Cara terbaik yang bisa kita lakukan adalah mengurangi resiko tersebut dengan menerapkan kehati-hatian dalam bertransaksi online.

Tips beli Hp aman agar tidak tertipu

Ada 3 tips mudah yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan keamanan saat beli Hp di Akulaku. Diantaranya :

  1. Beli Hp di Seller dengan reputasi yang baik.
    Mereka serius menjalankan bisnis dan tidak akan mengorbankan reputasi yang sudah dibangun dengan melakukan penipuan.
  2. Lakukan kontrol ketat.
    Ikuti setiap progresnya dengan teliti. Tujuannya agar jika ada yang tidak beres atau indikasi penipuan bisa diketahui dengan segera dan tersedia cukup waktu untuk merespon.
  3. Konfirmasi penerimaan hanya ketika sempurna.
    Lakukan konfirmasi penerimaan barang hanya ketika semua beres 100%. Jangan mau konfirmasi sebelum barang diterima dengan alasan apapun.

Catatan beli Hp di Akulaku aman

catatan beli hp di akulaku apakah aman

Meski beli Hp di Akulaku sekarang sudah aman Krediblog sendiri belum melakukannya lagi. Terakhir beli Hp pada tahun 2016 lalu. Setelahnya membeli belasan Hp namun tidak melakukannya di Akulaku melainkan di marketplace lain seperti Tokopedia, Shopee dan Bukalapak dan membayarnya dengan Akulaku. Selain karena marketplace tersebut memiliki banyak pilihan dengan harga bersaing, juga karena lebih mudah menemukan Seller baik disana.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar