AstraPay Paylater. Pengajuan, Limit Saldo, Bunga dan Denda

AstraPay Paylater menjadi salah satu bukti bahwa ekosistem yang kuat mempermudah ekspansi. AstraPay dengan izin Penerbit Uang Elektronik bisa dengan mudah menambahkan paylater dalam layanannya. Jika aplikasi e-Wallet lain membutuhkan waktu lama untuk penjajakan kerjasama, AstraPay bisa meluncurkannya sesegera yang mereka mau.

Seperti sudah disinggung pada review AstraPay, e-Wallet milik grup Astra ini memiliki varian layanan yang cukup banyak. Dari yang ringan seperti pembelian pulsa sampai pembayaran cicilan dengan nominal ratusan ribu hingga jutaan. Dan kini dengan paylater yang dihadirkan, pengguna bisa tetap bisa beli dan bayar meski sedang tidak pegang uang tunai.

Kerjasama dengan Maucash

Layanan paylater di Astra Pay adalah hasil kerja sama dengan Maucash yang masih bagian dari keluarga besar PT Astra International. Sebagai Sister Company, Maucash bisa dengan mudah membenamkan layanan paylaternya (Maupaylater) ke dalam ekosistem AstraPay. Sebagai Fintech Lending Maucash sudah beroperasi sejak tahun 2018 namun layanan paylaternya baru masuk ke AstraPay per Juni 2021 lalu.

Cara mengaktifkan AstraPay Paylater

cara mengaktifkan astrapay paylater

AstraPay Paylater terbuka untuk semua pengguna AstraPay. Baik kamu yang sudah memiliki akun di Maucash maupun yang belum. Namun karena menggunakan sistem limit saldo, penentuan acc tidaknya dan jumlah limit saldo yang diberikan akan tergantung hasil credit scoring pada saat pendaftaran. Kamu bisa mengajukan layanan paylater langsung dari antar muka di aplikasi Astra Pay.

Layanan paylater hanya bisa diajukan untuk akun Preferred, jadi sebelum aktivasi harus terlebih dahulu melakukan upgrade akun.

Cara mengaktifkan AstraPay Paylater :

  1. Buka aplikasi AstraPay
  2. Pada menu Maupaylater Beta klik “Aktifkan” dan lanjut dengan mengklik “Aktifkan Maupaylater”
  3. Masukan no HP lalu klik kembali tombol “Register Paylater”
  4. Lakukan sinkronisasi data akun Maucash dan Astrapay dengan klik tombol “Sync”
  5. Verifikasi dengan memasukan “Kode OTP”
  6. Selamat limit Paylater kamu sudah aktif!

Limit saldo dan pilihan tenor cicilan

AstraPay Paylater menyediakan limit saldo hingga Rp 12.500.000. Pilihan tenor yang tersedia mulai 1 bulan sampai 12 bulan. Limit yang kamu miliki hanya bisa digunakan untuk membeli dan membayar seluruh produk di AstraPay kecuali untuk pembayaran angsuran: FIFGROUP, ACC, TAF dan Maucash.

Jadi kamu bisa bisa menggunakan limit saldo paylater untuk bayar tagihan listrik, air, BPJS, beli pulsa, paket data dan juga transaksi di merchant-merchant offline AstraPay menggunakan scan QRIS AstraPay. Mudahnya jika Maupaylater tidak muncul di pilihan metode pembayaran saat kamu bertransaksi, itu artinya Maupaylater belum tersedia untuk layanan tersebut.

Bunga dan denda AstraPay Paylater

bunga dan denda astrapay paylater

Berapa bunga di AstraPay Paylater? Kamu akan dikenakan bunga 4% per bulan. Bunga tersebut berlaku untuk cicilan bulanan. Bagaimana dengan perhitungan dendanya? Untuk setiap keterlambatan kamu akan dikenakan biaya keterlambatan sebesar 0,8% per hari dari total pinjaman yang belum dibayar dan sudah melewati tanggal jatuh tempo.

Krediblog belum menjadi pengguna Maupaylater jadi belum bisa mengkonfirmasi besaran bunga dan denda di atas. Adapun info tersebut didapat dari CS AstraPay yang dihubungi via Chat Bot.

Catatan

catatan krediblog

Bagi Krediblog pribadi layanan paylater dari AstraPay ini belum terlalu menarik. Sebabnya adalah penggunaannya yang masih terbatas untuk produk dan layanan di AstraPay. Terlebih kebanyakan transaksinya adalah pembayaran tagihan yang rutin setiap bulan. Membayar dengan sistem paylater tagihan yang berulang seperti listrik, BPJS, internet dan PDAM dampaknya tidak seefektif membeli laptop yang dicicil selama 12 bulan misalnya.

Namun tetap sebuah opsi yang menarik karena memungkinkan pengguna untuk bisa membayar terlebih dahulu tagihan yang jatuh tempo meski dana tunai sedang kosong. Sangat membantu sebagai alternatif di tanggal tua atau saat sedang ada kebutuhan mendesak.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar