Tarik Tunai Paylater Akulaku di Indomaret. Bisakah Dilakukan?

Sebelum menulis tarik tunai paylater Akulaku di Indomaret ini, Krediblog sudah lebih dulu menulis topik yang serupa untuk gerai saudaranya yaitu Alfamart. Kamu bisa membacanya disini : gestun Akulaku di Alfamart. Karena keduanya identik maka baik pembahasan maupun tahapannya akan kurang lebih sama.

Tarik tunai paylater Akulaku adalah menggunakan fitur paylater untuk tujuan pencairan dana. Misal kamu punya limit paylater sebesar Rp 5.000.000 dan ingin mencairkan 1 juta darinya. Cara normalnya kamu datang ke Indomaret dan melakukan transaksi pembelian menggunakan paylater Akulaku. Namun bukan belanjaan yang kamu dapat melainkan uang tunai 1 juta yang tadi direncanakan.

Tarik Tunai Paylater Akulaku di Indomaret Adalah Gestun

tarik tunai paylater akulaku di indomaret adalah gestun

Dalam bahasa yang lebih umum, tarik tunai paylater Akulaku di Indomaret adalah praktek gestun atau gesek tunai. Transaksi jenis ini sudah ada dari dulu sejak zaman kartu kredit masih sangat populer. Sistem mengenalinya sebagai transaksi kredit padahal yang terjadi di lapangan adalah pencairan limit secara tunai.

Gestun Akulaku sangat beresiko

Karena secara prosedur menyalahi ketentuan yang sudah ditetapkan, gestun termasuk jenis transaksi yang dilarang. Nekat melakukan maka resikonya adalah pemblokiran akun. Ada banyak cerita pengguna yang akunnya ditangguhkan setelah sistem Akulaku mendeteksi telah terjadi transaksi gestun. Sama seperti umunya pelanggaran, aman saat tidak ketahuan tapi siap-siap sangsi saat tertangkap basah maupun kering (ketahuan belakangan).

Gestun menjadi salah satu penyebab mengapa banyak pengguna yang limitnya mendadak tidak bisa digunakan. Sebagian mengira karena membayar tagihan terlalu cepat padahal alasan sebenarnya adalah telah terjadi pelanggaran (baca : resiko bayar Akulaku sebelum jatuh tempo).

Sudah ada layanan pinjaman tunai

Mengapa bertaruh jika ada jalan yang lebih pasti? Mengapa membahayakan akun jika untuk kebutuhan dana tunai Akulaku sudah menyediakan jalur resminya?. Untuk kebutuhan pinjaman Akulaku memiliki KTA Akulaku dengan proses pencairan yang ekpres dan Dana Cicil untuk kebutuhan nominal yang lebih besar.

Benar gestun memiliki kelebihannya sendiri. Limit bisa lebih besar, proses pencairan otomatis karena tanpa verifikasi dan banyak jasa gestun yang menawarkan layanannya dengan iming-iming aman dan fee murah. Tapi jangan lupa bahwa bersama kelebihan yang ditawarkan ia juga datang dengan resikonya.

Cara yang Bisa Dilakukan untuk Gestun Paylater Akulaku di Indomaret

gestun yang bisa dilakukan

“Bos, bisa nggak resiko biar menjadi urusan kami dan tunjukkan saja cara tarik tunai paylater Akulaku di Indomaret?”. Baiklah, Kepala Batu! Salah satu tanda seseorang siap untuk melakukan pelanggaran adalah saat ia sadar resiko yang menantinya.

Peluangnya kecil untuk bisa dilakukan

Satu hal yang harus dipahami sebelum memulai adalah bahwa melakukan gestun Akulaku di Indomaret peluang berhasilnya kecil. Hal ini dikarenakan karena kita membutuhkan persetujuan dari Indomaret selaku merchant. Kecuali kenal kasir dan pegawainya, kamu tidak bisa memaksa mereka untuk mau melakukan gestun denganmu.

Mengapa Indomaret menolak tawaran gestun? Beberapa hal berikut bisa jadi alasannya :

  • Tidak support pembayaran Akulaku
  • Melanggar SOP mereka sendiri
  • Proses gestun yang cenderung sulit
  • Pegawai Indomaret tidak mau mengambil resiko
  • Sistem sedang error

Tutorial tarik tunai paylater Akulaku di Indomaret

tutorial cara tarik tunai paylater akulaku di indomaret

Peluang kecil bukan berarti tidak bisa sama sekali, kamu masih bisa melakukan tarik tunai Akulaku seandainya bisa menemukan gerai Indomaret yang mau melakukan kesepakatan. Tutorial berikut bisa diikuti dengan catatan tersebut.

Waktu yang dibutuhkan: 30 menit

Cara tarik tunai paylater Akulaku di Indomaret :

  1. Kunjungi gerai Indomaret

    Cari gerai Indomaret yang kamu kenal kasir atau salah satu pegawainya atau yang menerima transaksi gestun.

  2. Sampaikan kamu ingin tarik tunai dengan Akulaku

    Jika mereka setuju jelaskan prosedurnya. Mereka harus memproses transaksi seperti umumnya orang belanja.

  3. Tentukan nominal tarik tunai

    Tentukan nominal uang ingin kamu tarik.

  4. Lakukan pembayaran

    Buka aplikasi Akulaku dan pilih menu “Paylater”. Pada bagian atas pilih Barcode dan tunjukkan ke kasir Indomaret.

  5. Pembayaran dilakukan

    Kasir akan men-scan Barcode tersebut dan transaksi senilai Rp 1.000.000 akan dibayar oleh Akulaku.

  6. Batalkan transaksi

    Batalkan transaksi tadi secara sepihak (antara kamu dan Indomaret saja) dan minta ke kasir sejumlah Rp 1.000.000 yang sudah Akulaku bayar sebelumnya.

  7. Terima uang

    Kamu akan mendapatkan uang pengembalian karena transaksinya dibatalkan.

  8. Berikan komisi

    Seperti umumnya transaksi gestun, kamu harus memberikan komisi kepada petugas yang terlibat sesuai kesepakatan.

Catatan tarik tunai paylater Akulaku di Indomaret

catatan tarik tunai paylater akulaku di indomaret

Berbeda dengan kartu debit yang bisa langsung tarik tunai tanpa perlu melakukan transaksi dan pembatalan, Akulaku adalah paylater yang limitnya harus digunakan terlebih dahulu. Tarik tunai paylater Akulaku di Indomaret mengharuskanmu melakukan transaksi pembayaran untuk kemudian melakukan refund atau pembatalan. Ribet? memang, kan sudah dibilang dari awal.

Mencairkan limit paylater Akulaku adalah proses yang ribet jika tidak mau dibilang tidak mungkin. Kamu membutuhkan satu merchant untuk melakukan kesepakatan. Menjadi mudah jika merchant yang diajak kerjasama memiliki otoritas pengambilan keputusan langsung (owner). Namun akan sulit dan cenderung ribet jika merchant yang diajak harus mengakali standar prosedur yang sudah baku. Seperti itulah keadaannya di Indomaret.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram