Ciri-Ciri Akun Kredivo Terblokir Permanen. Ditangguhkan Terus

Semakin bagus sebuah layanan akan semakin ketat juga aturan yang diterapkan. Itu yang terjadi di Kredivo. Sedikit saja melakukan kesalahan maka sangsinya tidak main-main yaitu pemblokiran akun. Bisa sementara tapi banyak yang permanen. Apa bedanya? Berikut ciri-ciri akun Kredivo terblokir permanen berdasar akun Krediblog yang 2 kali diblokir. Pahami baik-baik agar kamu bisa memutuskan untuk terus berharap atau move on ke aplikasi lain.

Untuk pemblokiran yang sifatnya sementara, kamu bisa membaca pembahasannya disini : akun Kredivo terblokir sementara. Akun Kredivo yang mulai rewel bisa menjadi gejala awal pemblokiran. Biasanya ditandai dengan pesan error, “Maaf, kamu belum bisa transaksi dulu…”, atau transaksi paylater yang tiba-tiba tidak bisa dilakukan.

Penyebab Akun Kredivo Ditangguhkan

penyebab akun kredivo ditangguhkan permanen

Ciri-ciri akun Kredivo terblokir permanen akan mulai muncul saat kamu melakukan beberapa hal yang menjadi pemicunya. Ada yang dilakukan secara sengaja dan ada pula yang tanpa disadari. Ada banyak penyebab mengapa sebuah akun Kredivo ditangguhkan, namun secara umum bisa dikelompokkan ke dalam 3 sebab berikut.

Penyebab akun Kredivo ditangguhkan :

Keterlambatan pembayaran

Ini adalah penyebab yang paling sering. Kredivo salah satu aplikasi yang tegas dalam hal keterlambatan pembayaran. Tidak perlu menunggu lama, lewat sehari saja kamu belum melakukan pembayaran tagihan maka akun akan otomatis dinonaktifkan. Penonaktifan akun karena keterlambatan pembayaran termasuk pemblokiran sementara. Akun akan langsung aktif kembali begitu tagihan dibayarkan.

Perlindungan dari risiko

Sistem keamanan Kredivo akan langsung melakukan penangguhan saat mendeteksi transaksi yang mencurigakan. Itu merupakan upaya pencegahan dari transaksi ilegal, penyalahgunaan maupun pengambilalihan akun (Hacker). Akun akan ditangguhkan sampai ada verifikasi lebih lanjut. Pengguna asli perlu melakukan konfirmasi kepemilikan agar akun bisa digunakan kembali.

Pelanggaran syarat dan ketentuan

Berbeda dengan 2 penyebab diatas yang mengarah pada pemblokiran sementara, pada pelanggaran syarat dan ketentuan efek penangguhannya bisa permanen. Salah satu contoh pelanggaran syarat dan ketentuan yang biasa dilakukan pengguna adalah melakukan transaksi gestun (baca: gestun Kredivo). Mungkin tidak semua transaksi gestun bisa dikenali, tapi begitu ia terdeteksi blokir permanen adalah keniscayaan.

Pelanggaran syarat dan ketentuan juga adalah biang kerok dari masalah lain yang ada di aplikasi, yaitu sudah bayar Kredivo tapi tidak bisa pinjaman tunai. Banyak pengguna yang salah menduga gara-gara masalah ini.

Ciri Akun Kredivo yang Kena Blokir Permanen

ciri-ciri akun kredivo terblokir permanen

Ciri-ciri akun Kredivo terblokir permanen tidak sama dengan yang sementara. Kamu perlu mengetahui ciri tersebut agar bisa mengambil sikap. Jika sementara maka bisa diupayakan banding dengan melakukan verifikasi. Namun jika blokirnya permanen maka harus bersiap mengucap “bye bye” karena upaya apapun tidak akan membuat akun aktif kembali.

3 ciri akun Kredivo terblokir permanen :

1. Semua menu non aktif

Pengguna yang akun Kredivonya diblokir permanen, semua menu di aplikasi akan non aktif atau tidak bisa di klik. Semua menu seperti Top up & Tagihan, Belanja di Shopee, Infinite Card, Bayar dengan QRIS, pinjaman tunai dan menu-menu lainnya akan berubah warna menjadi abu-abu dan tidak merespon saat diklik. Jangan terkecoh dengan tulisan “Terblokir Sementara” pada bagian atas di menu dasbor. Karena menu non aktif adalah ciri dari blokir permanen.

Meski semua menu tidak bisa diklik, ada satu menu yang masih berfungsi dengan normal. Dia adalah menu “Transaksi”. Itu adalah menu histori transaksi dan pembayaran tagihan. Itu berarti pengguna yang akun Kredivonya terblokir permanen masih bisa melakukan pembayaran tagihan seperti biasa.

2. Tidak bisa melakukan transaksi apapun

tidak bisa melakukan transaksi

Karena menunya saja tidak bisa diklik maka dengan sendirinya tidak ada transaksi apapun yang bisa dilakukan. Bukan hanya paylater, bahkan untuk membeli pulsa saja di aplikasi Kredivo sudah tidak bisa. Kondisinya seperti aplikasi yang mati suri. Ada wujudnya tetapi tidak berfungsi.

Pada akun yang diblokir sementara semua menu layanan masih aktif dan bisa diklik. Hanya saja ketika digunakan akan muncul pesan error berupa transaksi tidak bisa dilakukan karena alasan keamanan. Sedang pada yang permanen sama sekali tidak bisa diklik atau jika kamu belum mengetahuinya akan menganggap Kredivo sedang error.

3. Tidak lagi menerima email newsletter

Ciri blokir permanen berikutnya adalah kamu tidak akan lagi menerima email notifikasi maupun newsletter dari Kredivo. Begitu blokir ditetapkan seolah putus semua komunikasi. Bukan hanya notifikasi, Kredivo juga tidak lagi mengirim informasi baik tentang promo yang sedang berlangsung, tips-tips seputar keuangan maupun event yang mereka selenggarakan. Seolah mereka mengeluarkan alamat emailmu dari daftar penerima.

Ini juga bisa dijadikan penanda apakah akunmu bisa diperbaiki atau tidak. Jika meski sudah diblokir namun kamu masih aktif mendapatkan email newsletter besar kemungkinan akunmu masih bisa diusahakan untuk aktif kembali. Tetapi jika putus sama sekali itu artinya Kredivo sudah memutus silaturahmi.

Catatan ciri-ciri akun Kredivo terblokir permanen

catatan ciri-ciri akun kredivo terblokir permanen

Ciri-ciri akun Kredivo terblokir permanen di atas Krediblog simpulkan dari 3 akun yang pernah digunakan. 2 diantaranya diblokir permanen karena alasan keamanan. Padahal akunnya baik-baik saja dan tidak melakukan transaksi yang aneh-aneh. Namun karena sistem keamanan Kredivo yang sepertinya over sensitif kala itu, akun pendiam itu menjadi korban.

Akun satunya lagi masih digunakan hingga kini. Namun pengalaman menggunakan Kredivo menjadi tidak sama lagi akibat trauma pemblokiran sebelumnya. Ada kesan malas plus setengah takut saat pakai Kredivo dan tak jarang berakhir dengan menggunakan aplikasi paylater yang lain. Krediblog masih menganggap Kredivo sebagai salah satu aplikasi Fintech terbaik untuk saat ini. Hanya saja kita tidak lagi sedekat dulu.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram