Resiko Bayar Akulaku Sebelum Jatuh Tempo. Apakah Berbahaya?

Apa resiko bayar Akulaku sebelum jatuh tempo? Ada yang bilang itu akan menyebabkan limit saldo tidak bisa digunakan kembali yang artinya tidak bisa melakukan transaksi kredit, ada juga yang menyebut tidak bisa mengajukan pinjaman lagi bahkan ada salah satu pengguna di Media Konsumen yang verifikasi pembayarannya bermasalah gara-gara membayar tagihan sebelum jatuh tempo.

Apa benar resiko-resiko tersebut adalah konsekuensi pasti dari melakukan pembayaran tagihan sebelum jatuh tempo? Atau pengguna yang mengalaminya hanya sedang sial saja?. Krediblog yang sudah menggunakan Akulaku selama 8 tahun memiliki pandangan tersendiri untuk kasus ini.

Bayar Akulaku Sebelum Jatuh Tempo Aman atau Beresiko?

bayar akulaku sebelum jatuh tempo aman atau beresiko

Pembuktian resiko bayar Akulaku sebelum jatuh tempo ini berdasar pengalaman Krediblog selama menggunakan Akulaku. Selama 8 tahun kebersamaan hanya 1 kali Krediblog membayar lewat dari jatuh tempo (telat). Sisanya pembayaran dilakukan tepat ditanggal jatuh tempo dan lebih banyak lagi yang dibayarkan sebelum jatuh tempo.

Bayar Akulaku sebelum jatuh tempo itu aman

Berdasarkan pengalaman puluhan kali melakukan pembayaran tersebut, Krediblog bisa dengan yakin menyimpulkan bahwa bayar Akulaku sebelum jatuh tempo itu aman. Bukan sekali dua kali melakukan pembayaran tetapi sudah puluhan kali (atau mungkin sudah mencapai ratusan). Juga bukan sekedar 1 atau 2 hari jeda sebelum tanggal jatuh tempo tetapi juga sering kali seminggu sampai 2 minggu sebelumnya.

Saat melakukan pembayaran sama sekali tidak terfikirkan bahwa itu akan beresiko. Lazimnya sebuah hutang, pihak pemberi hutang sudah pasti akan senang jika hutangnya dibayar lebih cepat dibanding waktu yang dijanjikan. Membayar sesuai janji namanya tepat waktu, namun melakukannya lebih cepat itu kualitas diatas rata-rata.

3 alasan mengapa Akulaku justru senang dengan pembayaran sebelum jatuh tempo

alasan bayar akulaku sebelum jatuh tempo aman

Resiko bayar Akulaku sebelum jatuh tempo itu sudah seharusnya tidak ada karena aktifitas pembayaran yang lebih cepat sama sekali tidak merugikan Akulaku. Berikut beberapa argumen yang memperkuatnya :

1. Arus keuangan lancar

Layanan utama Akulaku adalah Paylater dan Pinjaman dana tunai. Keduanya membutuhkan sumber pendanaan secara berkelanjutan. Jika ada banyak pengguna yang melakukan pembayaran lebih cepat dari tanggal jatuh tempo itu akan membuat ketersediaan modal yang berlimpah. Uang keluar namun kembali lebih cepat dari perhitungan awal. Lalu pada aspek mana Akulaku akan keberatan?

2. Mempermudah proses histori kredit

Pembayaran yang baik adalah yang dilakukan sebelum jatuh tempo. Benar sudah ditetapkan tanggal jatuh tempo namun sebenarnya itu adalah tenggat terakhir hari pembayaran (deadline), dan bukan perintah untuk membayar di tanggal tersebut. Akulaku sendiri memiliki sistem histori kredit yang memberikan apresiasi pada pengguna dengan pembayaran yang baik. Yaitu yang membayar sebelum jatuh tempo atau selambat-lambatnya di tanggal jatuh tempo.

3. Sesuai syarat dan ketentuan

Apa yang paling tidak disukai oleh perusahaan penyedia kredit dan pinjaman seperti Akulaku? Ia adalah keterlambatan pembayaran. Ketidaksukaan ini tersurat dalam syarat dan ketentuan pengguna. Pembayaran yang dilakukan tepat di tanggal jatuh tempo beresiko tinggi mengalami keterlambatan. Verifikasi pembayaran membutuhkan waktu dan proses. Pembayaran yang dilakukan secara mepet beresiko mengalami gangguan saat sistem tidak sedang berjalan dengan baik. Pembayaran sebelum tanggal jatuh tempo adalah jalan keluarnya.

Pengalaman Bayar Akulaku Lebih Awal

Jika beberapa alasan logis di atas belum bisa meyakinkanmu dan masih bersikeras bahwa resiko bayar Akulaku sebelum jatuh tempo itu ada, maka bagian ini akan menjelaskannya dengan merujuk pada pengalaman Krediblog yang beberapa bulan belakangan ini secara konsisten melakukan pembayaran tagihan Akulaku 2 Minggu sebelum jatuh tempo.

Bayar Akulaku sebelum jatuh tempo bisa pinjam lagi

bayar akulaku sebelum jatuh tempo bisa pinjam lagi

Akhir tahun 2022 lalu sekitar bulan November Krediblog melakukan pinjaman Dana Tunai sebesar 2 juta dengan tenor 3 bulan. Ketiga pembayaran untuk cicilan tersebut dilakukan setiap awal bulan atau 5-10 hari sebelum jatuh tempo. Singkatnya pembayaran dilakukan sebelum jatuh tempo.

Pada Februari 2023 Krediblog kembali mengajukan pinjaman Dana Tunai sebesar 12 juta dengan tenor 12 bulan. Cerita pinjaman tersebut menjadi bagian dari tulisan cara pinjam uang di Akulaku. Pembayaran tagihannya dilakukan lebih cepat yaitu 18 hari sebelum jatuh tempo (gajian tanggal 1, jatuh tempo tagihan tanggal 18). Dan itu terus dilakukan sampai cicilan ke 11 (tinggal 1 lagi bulan Februari besok).

Seperti yang kamu lihat bayar sebelum jatuh tempo yang Krediblog lakukan untuk pinjaman pertama tidak berdampak buruk sehingga bisa pinjam lagi untuk yang kedua kalinya. Dan kedua pinjaman tersebut bukanlah yang pertama ataupun kedua melainkan sudah yang kesekian kalinya.

Bayar Akulaku sebelum jatuh tempo akun tidak diblokir

akun tidak diblokir

Dan hingga tulisan ini ditulis akun Krediblog baik-baik saja atau tanpa pemblokiran padahal aktif melakukan pembayaran sebelum jatuh tempo. Efek yang dirasakan malah sebaliknya. Alih-alih diblokir atau resiko negatif lainnya yang didapatkan malah kenaikan limit saldo Dana Tunai hingga 12 juta.

Ini berlaku juga untuk layanan Paylater Akulaku. Setiap bulannya selalu ada transaksi minimal token listrik, pulsa dan tagihan Indihome. Dan pembayaran selalu lunas sebelum jatuh tempo.

Bayar sebelum jatuh tempo bukan penyebab limit tidak bisa digunakan lagi

bukan penyebab limit tidak bisa digunakan lagi

Lalu bagaimana dengan pengguna yang limitnya tidak bisa digunakan lagi setelah melakukan pembayaran lebih awal? Bukankah itu adalah bukti bahwa resiko bayar Akulaku sebelum jatuh tempo itu real?. Argumen yang paling bisa menjelaskan adalah bahwa pengguna ini sudah terlebih dahulu melakukan pelanggaran. Akulaku menunggu tagihan lunas dibayarkan baru setelah itu membekukan limitnya.

Pembekuan limit saldo, limit tidak bisa lagi digunakan, tidak bisa pinjam dan tidak bisa lagi melakukan transaksi cicilan adalah hukuman bagi pengguna yang melanggar syarat dan ketentuan Akulaku. Ia tidak berkaitan langsung dengan bayar sebelum jatuh tempo meski terkadang waktu kejadiannya berdekatan bahkan berurutan.

Catatan

catatan resiko bayar akulaku sebelum jatuh tempo

Apakah itu berarti resiko bayar Akulaku sebelum jatuh tempo hanya dugaan semata dan kita akan aman-aman saja membayar lebih awal? Jawabannya, “Iya”. Pada layanan pinjaman tunai kamu bisa dan aman membayar tagihan kapan saja. Sedang pada Paylater harus terlebih dahulu menunggu tagihannya tercetak (baca: menghitung tanggal jatuh tempo Akulaku).

Jangan salah memahami bahwa pembekuan limit dan blokir akun itu tidak ada, karena kedua hal tersebut beneran ada sebagai bentuk konsekuensi. Yang harus dipahami adalah bahwa semua bentuk hukuman yang mungkin menimpa pengguna tidak ada yang diberikan karena alasan pembayaran sebelum jatuh tempo. Karena itu adalah hal baik dan seharusnya mendapatkan apresiasi bukannya sangsi.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram