Amar Bank Tunaiku Penipu? Modus Penipuan yg Biasa Digunakan

Apakah Amar Bank Tunaiku itu penipu? Bagi yang baru pertama kali mendengar, nama Amar Bank sendiri sudah aneh. Bank ko Amar, ini bank atau judul film? Pake sok sokan menawarkan pinjamana online, fix ini mah penipuan. Begitu kira-kira kesimpulan mereka yang selalu berhati-hati dan bermain aman dalam setiap langkahnya.

Bagi yang sudah tahu eksistensi Amar Bank keraguannya lebih ke apakah benar bank tersebut memiliki layanan pinjaman yang bisa diajukan secara online? Kenapa konsepnya mirip dengan aplikasi pinjol? Jika benar bukan penipuan, mengapa tidak ada nama Tunaiku di daftar perusahaan pinjol resmi yang dikeluarkan oleh OJK? Kita akan coba mengurai kedua tipe keraguan diatas.

Amar Bank Tunaiku Justru Korban Penipu

amar bank tunaiku penipu korban penipu

Amar Bank dan Tunaiku bukan penipu. Amar Bank beneran sebuah bank bahkan sudah berdiri cukup lama di Indonesia. Sedangkan Tunaiku merupakan salah satu produk layanannya. Amar Bank maupun Tunaiku bukanlah produk scam dari penipu bahkan merekalah yang menjadi korban penipuan tersebut. Nama Amar Bank dan Tunaiku sering dicatut dan digunakan oleh oknum untuk tujuan menipu.

Tidak seterkenal BCA namun beneran bank resmi

Selain bank-bank populer yang sering kita dengar seperti BCA, BRI, Mandiri, BNI, BSI, Panin, Danamon, CIMB Niaga, Permata, BTPN, OCBC NISP atau bank lainnya ada jenis bank lain yang jarang terdengar. Ambil contoh Bank Oke, Bank Ganesha, Bank Ina Perdana, Bank Capital Indonesia, Bank Maspion dan termasuk Bank Amar. Mereka semua merupakan bank resmi sama seperti BCA dkk, namun karena statusnya adalah Bank BUKU II jadi sepak terjangnya kurang dikenal.

Amar Bank sendiri berdiri pertama kali pada tahun 1991 atau sudah berusia kurang lebih 32 tahun. Bukan hanya sekedar berdiri mereka juga terus melakukan ekspansi. Pada tahun 2020 Amar Bank melantai di bursa efek dengan kode saham “AMAR”. Singkat cerita Amar Bank atau yang bernama lengkap PT Bank Amar Indonesia Tbk adalah entitas valid dan bukan penipu.

Memiliki layanan pinjaman online yang valid

produk layanan pinjaman valid

Sama seperti perusahaannya, Tunaiku juga merupakan produk valid dari Amar Bank. Merupakan layanan pinjaman uang yang bisa diajukan secara online melalui aplikasi Android, iOS dan website. Nasabah tidak perlu datang ke kantor cabang karena prosesnya dari mulai pengajuan sampai pencairan dana bisa dilakukan secara online. Pembahasan tentang Tunaiku ini sudah pernah Krediblog bahas pada tulisan review Tunaiku.

Jika Tunaiku menawarkan pinjaman online layaknya aplikasi pinjol mengapa tidak ada nama Tunaiku di daftar peyelenggara pinjol terdaftar dan berizin OJK? Hal tersebut dikarenakan perbedaan izin yang dimiliki. Aplikasi pinjol umum menggunakan izin Fintech Lending sedangkan izin Tunaiku adalah bank. Tunaiku jelas berizin karena merupakan produk perbankan.

Modus Penipuan Mengatasnamakan Amar Bank Tunaiku

modus penipuan mengatasnamakan amar bank tunaiku

Sampai disini kita sepakat bahwa Amar Bank Tunaiku bukan penipu. Lalu mengapa ada cukup banyak yang menganggap sebaliknya? Mereka dirugikan baik materil dan/atau immateril oleh orang atau instansi yang mengaku berasal dari Amar Bank maupun Tunaiku. Jelas mereka ini adalah oknum penipu yang hanya mengaku-ngaku saja. Dan kebetulan nama yang dicatut adalah Amar bank dengan Tunaiku-nya.

Agar tidak tertipu kenali beberapa modus penipuan yang biasanya digunakan. Jika kamu menemukan salah satu diantaranya berhati-hatilah dengan langsung mengabaikannya karena bisa jadi kamu sedang dalam target penipuan.

Modus penipuan yang mengatasnamakan Amar Bank Tunaiku :

1. Mengirim pesan dan meminta data pribadi

Mereka akan mengaku CS, agen atau tim dari Amar Bank dan meminta data pribadi untuk kebutuhan verifikasi atau lainnya. Pesan bisa datang melalui WhatsApp, email atau telpon dari nomor pribadi. Langsung blok pesannya karena ini jelas sekali penipuannya. Pihak bank tidak pernah meminta data pribadi melalui pesan semacam itu.

2. Meminta biaya untuk proses pinjaman

Pengguna yang sedang dalam pengajuan pinjaman di Tunaiku paling mudah kena penipuan jenis ini. Modusnya mereka akan meminta sejumlah uang agar pengajuan bisa di acc atau dipercepat. Jangan percaya!. Verifikasi Tunaiku menggunakan credit scoring dan sistem identifikasi khusus. Tidak ada interfensi manual yang bisa membuat prosesnya lebih cepat atau memastikan akan di acc. Setiap pengajuan yang masuk akan diproses sesuai prosedur dan tidak dipungut biaya alias gratis.

3. Memberikan tujuan pembayaran palsu

tujuan pembayaran palsu

Modus ini menarget nasabah yang sudah mengajukan pinjaman. Mereka akan mengirimkan pesan berantai yang isinya sistem pembayaran Amar Bank Tunaiku sedang mengalami gangguan dan sebagai gantinya akan diarahkan ke tujuan rekening lain. Untuk alasan apapun, jangan pernah membayar ke tujuan rekening selain yang tertera di aplikasi. Hanya pembayaran yang sesuai aplikasi yang bisa divalidasi oleh sistem pembayaran Tunaiku.

4. Merubah nominal pembayaran secara sepihak

Mirip dengan modus sebelumnya ini juga menyasar pengguna aktif. Mereka akan diberitahu bahwa ada diskon, potongan khusus, voucher dan pengurangan tagihan jika membayar hari ini ke nomor rekening yang ditentukan. Umumnya pengguna akan tertarik karena nominal tagihan menjadi lebih murah. Namun karena modusnya termasuk aneh kamu bisa sepenuhnya mengabaikannya.

5. Meminta OTP, PIN dan informasi penting

Modus penipuan ini bersifat umum dan terjadi tidak hanya pada Amar Bank Tunaiku. Yaitu meminta OTP, PIN dan informasi penting lainnya milik pengguna. Karena jika meminta langsung pengguna akan curiga, biasanya modus ini dibalut dengan skema yang memikat. Semisal pura-pura memenangkan hadiah, mendapatkan undangan spesial atau tawaran menarik lainnya. Ingatlah untuk tidak memberikan OTP, PIN dan informasi penting kepada siappun karena itu sifatnya rahasia.

6. Hati-hati Tunaiku gadungan

Modus terakhir ini adalah yang paling membuat Amar Bank Tunaiku beneran seperti penipu. Yaitu pinjol ilegal atau layanan pinjaman lain yang disengaja atau tidak menggunakan nama yang sama. Krediblog beberapa kali menemukan aplikasi pinjaman online ilegal dengan namai Tunaiku. Entah dia berusaha menjadi Tunaiku atau tidak, Tunaiku miliknya jelas bukan dari Amar Bank. Jika kamu tertarik untuk mengajukan pinjaman di Tunaiku pastikan yang dimaksud adalah milik Amar Bank. Kamu bisa baca cerita pengajuan Krediblog disini : pengalaman pinjam uang di Tunaiku.

Catatan Amar Bank Tunaiku penipu

catatan amar bank tunaiku penipu

Amar Bank Tunaiku bukan penipu. Mungkin ada beberapa nasabah yang tidak puas dengan layanannya tetapi itu tidak menjadikan mereka sebagai penipu. Sebagai entitas mereka adalah bank yang sudah berizin resmi. Dan layanan pinjaman yang ditawarkan juga valid dalam artian memberikan sejumlah yang dijanjikan dengan perhitungan biaya yang transparan.

Kasus penipuan dengan mencatut nama instansi lain sangat marak kita jumpai. Pada penipuan yang dilakukan via telpon atau pesan pribadi, cara ini sangat powerful karena nasabah biasanya akan langsung percaya. Ingat 2 hal ini : Melalui telpon dan pesan pribadi, siapa saja bisa mengaku apa saja. Jangan percaya apa yang mereka katakan sampai mereka bisa membuktikannya.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram