Salah Kirim Pulsa. Adakah Cara untuk Mengembalikan?

Bukan cuma paket yang sering salah alamat, pulsa juga bisa salah kirim. Bermaksud isi pulsa ke nomor sendiri malah masuk ke nomor orang karena salah pencet dinomor terakhir. Niat baik isiin pulsa untuk teman atau saudara, 2 hari ditunggu tidak sampai juga karena ternyata salah copy nomor. Atau bagi yang jualan pulsa, kejadian salah kirim pulsa semacam ini kerap membuat usaha buntung karena harus nombok.

Penyebab Salah Kirim Pulsa

Penyebab utama salah kirim pulsa adalah penulisan nomor tujuan yang salah. Harusnya 12 digit, baru 11 angka sudah pencet proses. Niatnya mau menekan angka 5 tetapi yang kepencet malah nomor 6. Ada banyak sekali variasi kasusnya, intinya adalah salah input nomor.

Sejauh pengalaman, salah kirim hampir tidak pernah terjadi karena kesalahan sistem. Baik transaksi dilakukan melalui PPOB, aplikasi pinjam pulsa, m Banking, marketplace, Paylater maupun payment point lainnya, sistem selalu bekerja sesuai dengan data yang diinput. Ibarat merpati mereka hanya membawa pesan sesuai dengan yang diperintahkan. Ia tidak ada urusan dengan apakah ejaannya salah atau salam pembuka yang lupa dituliskan.

Salah Kirim Pulsa ke Nomor Tidak Aktif

Kabar baiknya, untuk salah kirim pulsa ke nomor yang tidak aktif transaksi akan secara otomatis batal. Pulsa, saldo atau limitmu yang terpakai sebelumnya akan dikembalikan seperti semula. Krediblog beberapa kali salah kirim menggunakan aplikasi PPOB dan setelah nomor tujuan diketahui tidak aktif, transaksi otomatis dibatalkan. Namun belum diketahui jika pembelian pulsa dilakukan melalui mobile banking. Apakah saldo yang sudah terpotong akan kembali juga.

Pengalaman terbaru adalah saat Krediblog membeli pulsa di Akulaku (baca: beli pulsa di Akulaku). Pulsa 100 ribu dari Indosat untuk adik paling kecil. Saat ditunjukkan screenshot transaksi langsung kena komplain karena nomor tujuan ternyata kurang 1 angka. 30 menit kemudian transaksi otomatis ter-cancel dan limit Akulaku dikembalikan.

Namun pastikan nomor tujuan beneran salah dan tidak bertuan. Karena jika nomor pernah tidak aktif namun sudah direaktivasi oleh pengguna lain, maka itu termasuk nomor aktif dan transaksi akan dianggap sukses.

Cara Mengembalikan Pulsa yang Salah Kirim

cara mengembalikan pulsa yang salah kirim

Jika salah kirim pulsa terjadi pada nomor yang aktif atau nomor Hp yang dimiliki seseorang, bisakah kita tarik kembali?. Berikut beberapa cara yang Krediblog temukan di internet. Bedanya akan dilakukan tinjauan ulang apa benar cara tersebut beneran bisa dilakukan atau tidak.

Cara mengembalikan pulsa yang salah kirim :

1. Telpon Customer Service

Menghubungi CS dari provider (Indosat, XL, Telkomsel, Tri atau Smartfren) terkait dan menyampaikan bahwa telah terjadi pembelian atau pengiriman pulsa ke nomor yang salah. Customer Service yang baik hati pasti akan membantu dan menyelesaikan masalahmu.

Cara ini diragukan efektifitasnya. Selain menghabiskan pulsa (jika menelpon) dan waktu, kamu akan kesulitan menemukan langsung CS yang berani menarik pulsa dari nomor tujuan. Dan manajemen sekelas perusahaan operator telekomunikasi seluler biasanya memiliki SOP nan panjang yang tidak sesuai dengan kebutuhan pulsa yang segera.

2. Batalkan transaksi

Ketika mengetahui pulsa tujuan salah nomor, langsung lakukan pembatalan transaksi dengan menekan menu Cancel atau Batalkan pada aplikasi yang digunakan. Transaksi akan dibatalkan dan pulsa tidak jadi terkirim.

Ini omong kosong. Transaksi pembelian atau pengiriman pulsa terjadi secara otomatis. Jeda untuk menyadari nomormu benar atau salah nyaris tidak ada setelah tombol Proses ditekan. Dan membatalkan saat transaksi sudah selesai di proses adalah tidak mungkin.

3. Telpon ke penerima

telpon ke penerima

Dibanding 2 metode sebelumnya, cara mengembalikan pulsa salah kirim yang ketiga ini lebih mungkin untuk membuahkan hasil. Hubungi nomor tujuan pulsa, jelaskan kamu baru saja salah mengirimkan pulsa dan minta waktunya untuk mengembalikan pulsa tersebut.

Hasilnya akan tergantung semudah apa proses pengembalian pulsa dilakukan dan waktu yang tersedia. Jika prosesnya ribet pihak sana kemungkinan akan keberatan. Atau jika caranya mudah tinggal ketik beberapa nomor namun sebelah sana sibuknya minta ampun, itu juga tidak akan ketemu.

4. Ikhlaskan

Cara keempat ini paling bisa menyelesaikan namun tidak Happy Ending. Saat kamu salah kirim pulsa ke nomor orang lain, cara menyelesaikannya adalah dengan mengikhlaskan pulsa tersebut.

Terima kamu telah melakukan kekeliruan dan lakukan pembelian pulsa lagi, kali ini dengan penuh ketelitian. Meski kamu rugi secara materi namun pembelajaran seperti ini akan terus membekas dan membuatmu selalu berhati-hati kedepannya.

Catatan

catatan salah kirim pulsa

Tidak ada yang menjamin bahwa kita akan terbebas dari salah kirim pulsa. Namun dengan melakukan cek ulang khususnya pada halaman finalisasi sebelum proses, itu akan sangat mengurangi resiko salah kirim.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
34 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Muhammad Ilham Hsb

Saya salah kirim pulsa dengan nomor salah 1 digit tolong bantu di cancel

Screenshot_2023-06-12-17-18-03-86_78ed797590cf9a33dfc5e341b7a9537a.jpg
Muslaidi

Jika nmor TDK aktif bagaimana caranya

riq

gua lebih 1 digit 0896841594659

Dwi indi Astuti

Tolong kembalikan pulsa yg salah kirim

Meli

Saya salah isi pulsa dan nomornya tidak ada

Moh arif

Saya salah kirim pulsa nomor nya salah 1 angka tolong cencel

Screenshot_20230713_114434.jpg
Ratna

Saya salah isi ke nomor yang sudah tidak aktif gmn blikinnya. Tolong 😭

Luci

Asalamualaikum kak. Barusan saya transaksi pembelian pulsa ke no salah. Bisa itu akan dibatalkan. Melakukan transaksi di stor ATM

Bambang

Apakah bisa pulsa saya bagi ke no sala gak aktip lagi bisa kembali no yang membagi 085383522983

IMG-20230806-WA0000.jpg
vitrianasusant

Saya kirim pulsa kurang 2 angka ini nonya0812-3363-53 seharusnya 0812-3363-5309

Miftahul jannah

Ada pesan masuk dari telkomsel katanya saya telah melakukan pembelian pulsa 100k dan setelah saya cek meamng ada pulsa 100k yang masuk, padahal bukan di nomor pribadi saya, hanya nomor sekali pakai dan setelah di tunggu nggak ada yang nelvon atau sms jadi yah saya pakai aja

Andi simanjuntak

Saya di tipuh dengan no ini

Screenshot_20230923-192306.jpg
Surya

Saya salah kirim ke nomer saya yg kartu nya hilang bagai mana mengembalikan nya

Muhammad adit rizki

Gimna cara kembalikan salah kirim pulsa ke nomer yang tidak aktif?

Tusnadi

Saya salah kirim pulsa
Gimana cara pengembalian nya

Indah

Saya salah krim pulsa, TPI yg punya no hp, tidak mau mengembalikan pulsa yg saya krim, bagaimana cara, menarik nya kembali, tolong bantu saya

Siti Halimatussaadah

Kak saya isi pulsa ke nomer yang hp nya di curi orang tp dia gak pakai kartunya lagi .bisa dinonaktifkan gak dan dikembalikan pulsa nya ke saya

Adelorenza

Cara mengatasi salah krm no yg belom terdaftar

Siska

Saya salah kirim ke nomor yg tidak aktif

Rezky Yulianti

mengembalikan pulsa yang sudah terkirim