Pinjaman Online Tanpa Rekening Pribadi. Ini Pinjol yang Bisa

Pinjaman online tanpa rekening pribadi dicari pengguna setidaknya karena 2 alasan, pertama karena memang tidak memiliki rekening pribadi di bank dan yang kedua memiliki rekening namun tidak mau menggunakannya. Secara sistem apakah mungkin sebuah pinjaman disalurkan tanpa menggunakan rekening di bank? Bisa, karena sekarang kita mengenal sub rekening berbasis nomor Hp yaitu e-Wallet. Dompet digital ini bisa menerima dan mengirimkan dana persis layaknya rekening bank.

Jika secara secara sistem itu dimungkinkan, bagaimana dari sisi legalitasnya? Bolehkan sebuah perusahaan pinjol menyalurkan dana pinjaman tidak ke rekening pribadi peminjam?

Mengapa Pinjol Menggunakan Rekening Pribadi?

pinjol tidak punya rekening bank

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi menyebut pemberi pinjaman dan/atau penerima pinjaman wajib dilakukan melalui escrow account dan virtual account.

Definisi mudah escrow account adalah sebuah rekening khusus tempat meyimpan dana. Rekening ini digunakan untuk menyimpan dana dari para Pemberi Dana (Lender) dan uang yang disalurkan ke Peminjam (Borrower) juga berasal dari sini. Jadi dalam transaksinya setiap pinjol pasti melibatkan escrow account sebagai tempat keluar masuknya dana. Karena format escrow account ini adalah rekening giro bank atas nama perusahaan maka ia hanya bisa menerima dan mengirimkankan dana dari dan ke rekening bank. Itu artinya, pinjaman online tanpa rekening pribadi buntu aksesnya disini.

Bisakah Pinjol Jika Tidak Punya Rekening Bank?

Seperti dijelaskan sebelumnya, itu bisa dilakukan dengan menggunakan rekening e-Wallet. Namun regulasi tidak mengizinkan (atau belum) untuk alasan keamanan. Transaksi melalui virtual account bank jauh lebih aman dari sisi prosedur dan dokumentasi.

Pengiriman dana pinjaman online ke rekening pribadi lebih aman dikarenakan :

  • Rekening bank jelas pemiliknya
    Pemilik rekening bank jelas dan tetap sedang nomor Hp bisa berubah penggunanya.
  • Terkomputerisasi dan terkoneksi ke lembaga pengawas keuangan
    Bisa dilihat dan dilacak kapan saja dibutuhkan.
  • Untuk kebutuhan laporan SLIK OJK
    SLIK OJK mencatat histori transaksi pengguna dengan merujuk pada rekening bank yang digunakan. Baca selengkapnya di SLIK OJK.

Sampai saat ini Krediblog belum pernah menjumpai pinjol yang bisa mengirimkan dana pinjaman tidak ke rekening bank. Apakah berarti pinjaman online tanpa rekening pribadi itu mustahil?

Pinjaman Online Tanpa Rekening Pribadi, Bisa!

Pinjaman yang disalurkan selain ke rekening bank memang belum ada, tapi ada satu aplikasi pinjol yang fiturnya memungkinkan untukmu menerima dana meski bukan kamu yang mendaftar. Anggap teman atau saudaramu yang mendaftar dengan rekening pribadi mereka, setelah di acc dan limit saldo didapatkan kamu bisa ikut menerima dana pinjamannya.

Dia adalah JULO. Pada aplikasi JULO terdapat menu “Kirim Dana” yang memungkinkan pengguna untuk mengirim dana ke rekening yang dituju. Pengguna bisa memasukkan rekening milik orang tua, saudara atau teman untuk dikirimi dana pinjaman. Fitur ini membantu pengguna yang mengajukan pinjol untuk kebutuhan orang lain dan cocok buat kamu yang ingin menggunakan pinjol tanpa menggunakan rekening pribadimu.

Untuk saat ini baru JULO aplikasi pinjol yang memiliki fitur kirim dana ke rekening orang lain. Berikut data tentang JULO :

julo pinjaman online tanpa rekening pribadi
ItemDetail
PlafonHingga 15 juta
TenorHingga 9 bulan
BankBCA, Mandiri, BRI, BNI, dll.
Proses15 sampai 30 menit
UlasanReview JULO

Jika tertarik dengan JULO kamu bisa mendaftar sekarang. Gunakan kode referral JULO “AKHMY65E8R” agar pengajuanmu di acc dengan limit maksimal.

Catatan Pinjol Tanpa Rekening Pribadi

Penggunaan rekening pribadi pada pinjaman online menguntungkan baik bagi perusahaan pinjol maupun peminjam. Perusahaan memiliki bukti mutasi rekening jika peminjam menolak membayar karena tidak merasa melakukan pinjaman. Dan bagi peminjam juga bisa menanyakan mana bukti pengiriman dananya jika tiba-tiba ia ditagih oleh pinjol tertentu. Penggunaan rekening pribadi bank sudah ditentukan OJK atas dasar keamanan dan kemudahan penyelesaian sengketa di kemudian hari.

Tidak perlu lagi mencari pinjaman online tanpa rekening pribadi karena keberadaan rekening bank sangat penting. Jika kamu tidak memiliki rekening bank karena tidak mau membuatnya, maka aplikasi pinjaman online bukan untukmu. Namun jika kamu memiliki rekening namun tidak mau menggunakannya untuk mendaftar, solusinya sudah dijelaskan diatas.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar