Halaman Pertama Buku Tabungan. Kegunaan dan Lokasinya

Buku tabungan umumnya sekarang ini memang mulai berkurang fungsinya. Namun halaman pertama buku tabungan khususnya masih akan selalu dibutuhkan untuk beberapa kebutuhan. Adapun penyebab tidak dibutuhkannya lagi buku tabungan adalah efek perkembangan teknologi. Pengguna yang ingin melihat arus keluar masuk dana tabungan atau mutasi, tidak lagi harus mencetak buku tabungan. Mereka bisa melakukannya dengan mudah melalui aplikasi mBanking pada masing-masing Bank. Cara yang lebih mudah, cepat, praktis dan nyaman.

Kegunaan Buku Tabungan

Halaman pertama buku tabungan masih akan diminta untuk bermacam kebutuhan yang melibatkan transaksi keuangan. Ini dikarenakan informasi-informasi penting seperti nama pemilik, nomor rekening, identitas penanda lain, hingga kantor cabang Bank yang digunakan tertera pada halaman pertama. Maka ketika membutuhkan salah satu dari informasi tersebut, yang akan diminta adalah salinan dari halaman pertamanya.

Fungsi buku tabungan secara umum dan halaman pertama :

  • Identitas diri
  • Syarat pengajuan kredit
  • Persyaratan administrasi pajak
  • Syarat pengajuan kartu kredit
  • Syarat untuk mengganti ke buku tabungan yang baru

Contoh Halaman Pertama Buku Tabungan

Tidak sedikit dari pengguna baru khususnya nasabah baru yang tidak yakin seperti apa halaman pertama itu. Apakah halaman depan (Cover) atau setelahnya. Jika harus menyalin, bagian mana yang harus di fotokopi?. Berikut Krediblog sertakan contoh halaman pertama dari buku tabungan untuk beberapa Bank.

Halaman Pertama Buku Tabungan BCA

Ada di halaman berikutnya dari Cover depan buku tabungan. Informasi yang tertera disana diantaranya kantor cabang Bank pembuat, nomor rekening, nama pemilik, tanggal pembuatan dan tanda tangan pemilik.

halaman pertama buku tabungan bca

Halaman Pertama Buku Tabungan Mandiri

Juga bersebelahan dengan halaman Cover. Halam pertama pada rekening Mandiri memuat jenis tabungan, nama pemilik, alamat lengkap, nomor rekening, kantor cabang Bank pembuat dan tanggal buku dicetak.

halaman pertama buku tabungan mandiri

Halaman Pertama Buku Tabungan BRI

Halaman pertama rekening BRI juga berada di lokasi yang sama dengan Bank lain, pada halaman awal setelah Cover buku tabungan. Pada rekening BNI halaman pertama memuat kantor cabang pembuat, nomor rekening, nama pemilik, alamat lengkap dan nomor tanda pengenal.

halaman pertama buku tabungan bri

Halaman Depan Buku Tabungan BNI

Hal yang sama juga berlaku untuk rekening Bank BNI. Halaman pertama ada di sebelah Cover dengan informasi yang termuat disana diantaranya kantor cabang pembuat, nomor rekening dan nama pemilik.

buku bni

Buku Tabungan Bank Lainnya

Format lokasi untuk halaman pertama selalu sama untuk semua Bank. Jadi pada bank apapun kamu membuat rekening, halaman pertamanya ada di sebelah Cover buku tabungan. Atau jika kamu menjumpai Bank dengan format yang sedikit berbeda, halaman yang kamu butuhkan adalah yang tertera nomor rekening dan namamu. Halaman itulah yang harus kamu salin atau tunjukan pada pihak yang meminta meski itu bukan halaman pertama.

Catatan

Meski sekarang sudah eranya Bank Digital dengan munculnya nama-nama populer seperi Bank Neo, Jenius hingga Allo Bank, Bank konvensional akan selalu mendapatkan tempat. Selain perpindahan teknologi membutuhkan proses transisi juga karena untuk 2-5 tahun ke depan kepercayaan pengguna kepada Bank konvensional akan lebih tinggi dibanding bank digital. Kebiasaan kita dalam melakukan segala aktifitas perbankan sudah berjalan selama bertahun-tahun dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk bisa merubah kebiasaan tersebut.

Teknologi tidak hanya merubah cara kita menabung uang, juga dalam mengajukan pinjaman uang. Kita tidak lagi harus datang ke kantor cabang bank untuk melakukan pinjaman karena banyak bank yang menyediakan layanan pinjaman online, Tunaiku Amar Bank salah satunya. Perkembangan teknologi khususnya dalam hal keuangan benar-benar sebuah keniscayaan. Pilihan yang tersedia bagi kita selaku pengguna adalah menerimanya atau tertinggal.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar