Berencana Pinjam Uang untuk Liburan? Coba Cek Pinjol Ini!

Pinjam uang untuk liburan – Menurut mereka yang ahli dalam hal keuangan, kita dibenarkan meminjam hanya untuk kebutuhan yang produktif. Mereka juga menambahkan, kita hanya diperbolehkan meminjam maksimal 30% dari penghasilan. Lebih dari itu bersiaplah menghadapi tipe kehidupan dengan konsep gali lubang-tutup lubang.

Beneran cuma boleh minjem untuk kebutuhan produktif? aturan umumnya sih, gitu. Namun jika dijabarkan poin per poin, pos-pos yang “diperbolehkan” untuk meminjam diantaranya:

  1. Bayar tagihan
  2. Darurat medis
  3. Perbaikan rumah tak terduga
  4. Pembelian skala besar
  5. Bayar hutang
  6. Liburan

Hah? mengapa boleh pinjam uang untuk liburan? Dia jawabnya agak filosofis: “Buat kamu yang punya mimpi untuk liburan atau jalan-jalan namun terus tertunda karena kendala dana. Pergilah lakukan hal menarik dalam hidupmu! Sekali-kali bolehlah meminjam, pengorbanan kecil untuk hidupmu yang menakjubkan.”

Serius Boleh Pinjam Uang untuk Liburan?

Krediblog melihat ukurannya bukan boleh atau tidak boleh, tapi perlu atau tidak. Dan jika itu perlu, pelaksanaannya juga harus dalam kadar yang bisa kamu pertanggungjawabkan. Kebutuhan hidup dan produktifitas setiap orang berbeda-beda. Jadi tidak akan ada aturan atau nasihat yang bisa sesuai untuk semua orang. Akan selalu ada kecenderungan-kecenderungan tertentu.

Namun tidak ada salahnya juga untuk dipikir dua kali. Sekiranya liburan kali ini bisa ditunda, mungkin akan lebih baik jika berangkatnya nanti ketika tabungan sudah penuh. Tetapi jika karena alasan khusus kamu bersikeras untuk berangkat akhir tahun ini juga, berangkatlah!. Ini hidupmu, kamu memegang tanggungjawab penuh atasnya.

Pinjam Uang untuk Liburan di Pinjol Resmi

Kamu boleh pinjam uang untuk liburan dimana saja. Saudara, teman, tetangga atau sama Bos di tempat kamu kerja. Namun jika kamu butuh alternatif, Krediblog rangkumkan pinjaman online resmi OJK yang bisa kamu coba. Pinjol-pinjol dalam daftar berikut adalah pinjaman online yang sudah Krediblog coba sendiri. Artinya Krediblog bener-benar tahu rasanya berurusan dengan fintek lending ini.

Kredivo

pinjam uang untuk liburan di kredivo

Ini yang harus kamu coba pertama kali. Jika pendaftaranmu diterima disini, apalagi dengan akun Premium, bukan cuma dana liburan yang beres. Sepulang dari liburan semua kebutuhamu dalam membeli barang akan dibantu oleh Kredivo. Di Kredivo kamu bisa mendapatkan saldo hingga Rp 30.000.000. Jumlah tersebut bisa kamu gunakan baik untuk mengkredit barang maupun dipinjam secara tunai.

Plafon pinjamanRp 30.000.000
Pilihan tenor30 hari, 3, 6 bulan
Bunga2,6% /bulan
Kelebihan– Limit besar
– Bisa kredit dan pinjam tunai
KekuranganSeleksi pendaftaran ketat

Pembahasan Kredivo selengkapnya: review Kredivo.

Akulaku

pinjam uang untuk liburan di akulaku

Alternatif yang sempurna ketika pengajuanmu di Kredivo ditolak. Meski tidak sebaik Kredivo dalam hal kenyamanan, Akulaku memiliki fitur dan layanan yang mirip dengan Kredivo. Krediblog sendiri menyebut Akulaku adalah si Kredivo Merah. Di Akulaku kamu bisa pinjam uang untuk liburan hingga Rp 15.000.000. Atau jika dana liburanmu hanya kurang sedikit, Akulaku juga menyediakan KTA Kilat.

Plafon pinjamanRp 15.000.000
Pilihan tenor2 hingga 12 bulan
Bunga3,08% /bulan
Kelebihan– Limit besar
– Pendaftaran mudah di acc
KekuranganProsedur kadang tidak jelas

Pembahasan Akulaku selengkapnya: review Akulaku.

SPinjam

pinjam uang untuk liburan di spinjam

Meski pemain baru, SPinjam lumayan mendapat tempat karena kemudahan pengajuan dan kecepatan prosesnya. Jika semua syarat terpenuhi, pengajuan dana liburanmu bisa cair dalam 10 menit. Kamu bisa mendapatkan pinjaman hingga Rp 5.000.000 dengan pilihan cicilan pengembalian 1, 2 dan 3 bulan. SPinjam menerapkan skor kredit, jadi bisa jadi nominal yang kamu dapatkan lebih dari yang sudah ditetapkan.

Plafon pinjamanRp 5.000.000
Pilihan tenor1, 2 dan 3 bulan
Bunga5% /bulan
Kelebihan– Proses cepat
– Bisa pinjam lebih dari 1 kali
KekuranganPendaftaran berdasar undangan

Pembahasan SPinjam selengkapnya: review SPinjam.

JULO

pinjaman julo

Pinjol ini masih menerapkan verifikasi manual dalam prosesnya. Meski pendaftaran sudah 100% online melalui aplikasi, nantinya interview dilakukan via telpon. Bukan itu saja, saat kamu mengajukan pinjaman kamu kembali akan ditelpon untuk verifikasi dan pembacaan surat perjanjian pinjaman. Jika kamu tipe orang mau bermain aman, JULO salah satu yang memberikan itu.

Plafon pinjamanRp 8.000.000
Pilihan tenor3, 4, 5 dan 6 bulan
Bunga6% /bulan
Kelebihan– Limit besar
– Proses detail
KekuranganBunga pinjaman besar

Pembahasan JULO selengkapnya: review JULO.

Sebenarnya ada benerapa nama lagi yang bisa disebut yang juga cocok terkait kebutuhan pinjam uang untuk liburan. Diantaranya ada Kredit Pintar, UangMe dan Rupiah Cepat. Namun berdasarkan pengalaman Krediblog, mereka sebaiknya dihindari selagi ada alternatif pinjol yang lebih baik.

Kredit Pintar meski menawarkan kecepatan dalam prosesnya, namun mengenakan bunga pinjaman yang besar. UangMe juga setali tiga uang. Jika kamu tidak keberatan dengan bunga 9,6% /bulan, kamu bisa mendapatkan uang untuk liburanmu dalam 5 menit disini. Dan diantara nama-nama pinjol yang sudah disebutkan diatas, Kredit Pintar-lah fintek lending yang mengenakan bunga pinjaman paling besar. Pinjaman terakhir Krediblog dikenakan bunga sebesar 22% /bulan atau nyaris 1/4 pinjaman.

Tips Mengajukan Pinjaman di Pinjol

Meminjam di pinjol, baik pinjam uang untuk liburan maupun kebutuhan lainnya, memiliki syarat dan ketentuan yang harus kamu pahami. Gagal memahami syarat dan ketentuan ini berpotensi menempatkanmu dalam masalah. Berikut beberapa hal yang harus kamu pahami beserta tipsnya saat melakukan pinjaman di pinjol:

  1. Bunga pinjaman.
    Semua pinjol menerapkan bunga dalam layanannya. Mencari pinjaman online yang tidak mengenakan bunga adalah mustahil namun kamu bisa mencari yang mengenakan bunga paling rendah.
  2. Biaya administrasi.
    Selain kamu harus membayar pinjaman dengan bunganya, pada proses pengajuannya kamu akan dikenakan biaya administrasi atau provisi. Carilah pinjol dengan biaya admin yang masuk akal.
  3. Biaya lain-lain.
    Tidak menutup kemungkinan pinjol tempat kamu meminjam juga mengenakan biaya lainnya semisal asuransi atau premi. Ketahui biaya apa saja yang harus kamu bayarkan sebelum memutuskan untuk meminjam.
  4. Denda keterlambatan.
    Ada biaya yang harus kamu tanggung ketika telat membayar tagihan. Pastikan kamu mengetahui denda yang dikenakan agar bisa kamu takar resikonya.
  5. Debt Collector.
    Akan ada tim penagih baik melalui email, SMS, WA, telpon hingga datang langsung ke rumah. Namun kamu bisa tidak berurusan dengan DC sama sekali jika kamu membayar tagihan secara lancar dan tepat waktu.

Catatan

Plis jangan salah paham. Krediblog tidak menganjurkan untuk meminjam dimanapun baik pinjam uang untuk liburan maupun untuk kebutuhan lainnya. Tulisan ini hanya berupa uraian bahwa terdapat beberapa pinjol dengan nama ini, bunga sekian dan ketetapan yang seperti ini. Jadi pinjam atau tidaknya sepenuhnya keputusanmu. Dan andaipun Krediblog tidak menulis ini, besar kemungkinan kamu akan mencari “kepastian data” ini di tempat lain yang belum tentu benarnya. Jadi kamu bisa anggap tulisan ini sebagai referensi data dengan sumber pengalaman pribadi.

Jadi berangkat liburan gak, nih?! Selamat liburan ya buat kamu yang jadi berangkat. Krediblog mah dirumah aja. Liburan ke Disney Land-nya nanti kalau cicilan dah pada lunas dan ada duit lebih. He.. he..

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar