Jika Telat Bayar Akulaku Apakah Bisa Pinjam Lagi? Cek Fakta

Jika telat bayar Akulaku apakah bisa pinjam lagi? Jawabannya akan tergantung berapa lama keterlambatan pembayaran dan profil histori kredit yang dibangun selama ini. Jika telat bayar dalam waktu yang lama Akulaku akan kehilangan kepercayaan kepadamu. Apalagi jika histori kreditmu selama ini penuh dengan tambal sulam tagihan (banyak telatnya), maka ibarat rapor nilaimu merah semua.

Pengguna yang telat melakukan pembayaran, selain akan dikenakan denda beberapa fitur di Akulaku akan tidak bisa digunakan. Untuk perhitungan dendanya bisa kamu lihat dipembahasan denda Akulaku. Sedang untuk jenis pembatasannya akan berupa pembayaran paylater yang tidak bisa diproses dan pinjaman tunai yang ditolak.

Akulaku mencatat histori kredit pengguna

catatan histori kredit pengguna

Sejak kamu mengklik tombol submit untuk melakukan pendaftaran di Akulaku, sejak saat itu aktifitasmu di aplikasi akan terdata di sistem. Akulaku memiliki catatan berapa kali kamu melakukan transaksi di paylater lengkap dengan histori pembayarannya. Begitu juga aktifitas pengajuan pinjamanmu. Berapa kali dilakukan dan keterangan level kolektibilitasnya.

Data aktifitas setiap pengguna semacam itu terkumpul dalam jumlah yang sangat besar dan membentuk Big Data. Sistem Akulaku bisa dengan mudah menemukan siapa pengguna dengan pembayaran yang baik dan siapa yang kebiasaan membayar setelah telat 3 hari. Histori kredit inilah yang digunakan untuk menentukan diterima atau ditolaknya pengajuan pinjaman setiap pengguna.

Telat bayar Akulaku bisa pinjam lagi, asalkan…

jika telat bayar akulaku apakah bisa pinjam lagi

Jika telat bayar Akulaku apakah bisa pinjam lagi? secara umum kamu masih bisa pinjam lagi karena bagaimanapun Akulaku masih ingin terus berbisnis dengan sebanyak mungkin pengguna. Akulaku baru menolak mentah-mentah pengguna yang berpotensi besar merugikan mereka.

Pengguna yang masih diizinkan mengajukan pinjaman lagi meski sudah telat adalah mereka yang durasi telatnya tidak terlalu lama dan baru kali ini melakukan keterlambatan. Jika kamu pernah telat melakukan pembayaran selama 1 hari, 10 hari, 20 hari atau 4 Minggu kemungkinan besar masih bisa mengajukan pinjaman kembali. Dengan catatan kamu bukan tipe pengguna yang bandel (sudah sering telat sebelumnya).

Fakta ini Krediblog dapatkan dari cerita beberapa pengguna yang pernah mengalami itu. Ada yang 2 hari telat dan masih bisa pinjam. Telat seminggu masih juga dimaafkan dan bahkan sampai telat 20 harian masih di acc pengajuan pinjamannya. Pola kemiripannya adalah rata-rata mereka pengguna yang baik atau yang selama ini bagus pembayarannya. Dengan kata lain, Akulaku memaafkan mereka dan memberikan kesempatan kedua karena meyakini mereka masih bisa dipercaya.

Baca juga : Pengalaman telat bayar Akulaku

Catatan telat bayar Akulaku bisa pinjam lagi

catatan jika telat bayar akulaku apakah bisa pinjam lagi

Meski telat bayar Akulaku masih bisa pinjam lagi namun biasanya akan didahului oleh penangguhan fitur. Selama beberapa waktu kamu tidak tidak bisa menggunakan layanan paylater maupun pinjaman tunai. Ini semacam pembekuan sementara. Setelah masa penangguhan berakhir fitur-fitur tersebut akan normal seperti semula.

Ingatlah bahwa Akulaku mengetahui profil kreditmu dengan baik. Jika kamu telat dan merasa seharusnya diberi kesempatan kedua, itu adalah sudut pandang subjektif. Histori kredit yang tersimpan di sistem Akulaku adalah tolak ukurnya. Baik kamu menerima dengan ikhlas atau menjadi dongkol karenanya, penilaian dari Akulaku yang akan digunakan.

Apa kamu pernah meminjamkan uang kepada seseorang dengan pengembalian yang sulit? Harus repot-repot mengingatkan dan menagih yang menghabiskan waktu dan tenaga. Akhirnya bayar juga meski meleset 3 minggu dari janji. Apa yang akan kamu jawab saat secara mengejutkan dia mengatakan ingin meminjam lagi?. Jika pertimbangannya perasaan kemungkinan besar nya kamu akan kasian dan meminjamkannya lagi. Namun Akulaku tidak berperasaan. Segala keputusaannya berdasarkan data semata. Maka hasil keputusannya akan tergantung bagaimana kita mengumpulkan data tersebut.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
17 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Cila

kak aku mau pake spinjam sebesar Rp 3500000, cicilan perbulanku Rp 1315526. apakah nominal cicilan akan selalu sama?

Rara

Apakah bisa pinjam diakulaku lagi ketika pernah telat bayar spaylater 1x?

Yusup mulyadi

Biasanya nunggu berapa lama klo udh pernah telat hayar sampe ratusan hari,,,kemudian sudah d bayarkan lagi ,,, harus nunggu berapa lama supaya nma bisa bersih kembali dan bisa mengajukan lagi

Rahmat

Kalo telat sehari bayar pinjam akulaku masih bisa pinjam lagi ngga ka

Rahmat

Biasa nya berapa hari ka atau berapa minggu?

Rahmat

Telat sehari biasa nya ditangguhlan berapa hari kalo?

Tasya

Kalo telat sebulan tapi sudah di lunasi apa Mash bisa pinjam lagi?

Akbar

Kalau telat 3 bulan apakah masi bisa meminjam lagi kak? Tetapi sudah di bayar

asep

jika kurang dari 1 tahun apa masi bisa mengajukan lagi setelah melunaskan .buat ke depan nya nanti.mohon jawaban nya 🙏🙏