Pengalaman Telat Bayar Akulaku. Apa yg Akan Terjadi?

Pengalaman telat bayar Akulaku berikut adalah hasil kurasi dari cerita para pengguna di kolom komentar. Mereka bercerita pengalamannya telat membayar baik karena lupa, tidak ada dana, Hp hilang, maupun yang sudah masa bodoh karena tagihannya terlalu besar untuk dibayar.

Secara umum perlakuan DC Akulaku terhadap pengguna yang telat bayar sama saja. Baik telat bayar 1, 2, 7 hari atau 2, 3 minggu. Juga sama meski sudah telat 1, 2 atau 3 bulan lamanya. Jadi jangan kaget jika baru telat 3 hari kamu diperlakukan seperti sudah menunggak 3 bulan. Telat bagi mereka sama saja, harus segera dibayar.

Sistem penagihan yang diterapkan oleh Akulaku bisa kamu baca pada tulisan penagihan Akulaku. Sebelum ini Krediblog juga sudah pernah menulis topik yang sedikit mirip yaitu tidak membayar tagihan Akulaku. Tulisan ini spesifik membahas dari sisi cerita para pengguna.

Yang Terjadi Jika Telat Bayar Akulaku

Setiap pengguna memiliki sebab dan alasannya masing-masing mengapa ia sampai telat membayar tagihan. Namun karena transaksi di Akulaku diikat oleh sebuah perjanjian, ada konsekuensi jika tidak menjalankan perjanjian tersebut. Kamu boleh bersikeras meminta waktu karena sedang mengusahakan dananya. Namun sampai itu terjadi prosedur penagihan akan tetap dilakukan.

Berikut beberapa hal yang akan terjadi jika kamu telat bayar di Akulaku :

jika telat bayar akulaku

1. Penagihan via Telpon

Kamu akan mulai dihubungi di hari pertama keterlambatanmu. Bukan Bot, tetapi yang menagih adalah tim Desk Collection langsung. Berdasar pengalaman pengguna yang pernah telat bayar Akulaku, frekuensinya terus meningkat seiring tunggakan yang kian lama. Jadi jangan kaget jika kamu menerima banyak panggilan setiap hari atau minggunya.

2. Kunjungan DC ke Rumah

Pada pengguna yang menunggak sudah lebih dari 1 bulan dengan ketidakjelasan pembayaran, DC akan datang ke rumah. Bukan gertakan melainkan mereka beneran datang untuk mencari kejelasan. Jika dalam jeda waktu tertentu pembayaran belum juga dilakukan, akan ada Follow up melalui kunjungan berikutnya.

Pengalaman pengguna yang pernah telat bayar Akulaku menyebut DC Akulaku mendatangi tidak saja pengguna di wilayah Jabodetabek, juga hingga ke luar pulau jawa. Informasi ini relevan karena kebanyakan perusahaan Fintech menjalin kerjasama dengan Collector pihak ketiga untuk menjangkau pengguna yang berdomisili jauh di luar kota.

Jika kamu tidak juga dikunjungi padahal sudah telat berbulan-bulan bukan berarti dilepas. Karena ada cerita dari salah satu pengguna yang didatangi setelah menunggak 2 tahun. Selama memiliki sangkutan, mereka masih memiliki alasan untu mencarimu.

3. Akumulasi Denda

Denda adalah konsekuensi umum pada sebuah keterlambatan, begitu juga saat kamu telat bayar Akulaku. Jika ini tidak kamu perhatikan dengan baik, maka jangan kaget jika total tagihan yang harus dibayar sudah menggunung karena efek akumulasi denda. Jika ada alasan mengapa sebaiknya kamu tidak menunggak lama-lama adalah menghindari denda yang terus berjalan ini.

Untuk perhitungan dendanya bisa kamu baca di denda Akulaku. Khusus denda ini belum ada cerita dari pengguna yang menyebut dendanya berkali-kali lipat setelah menungak sekian lama. Tapi bukan berarti itu tidak akan terjadi. Karena perihal denda jelas disebutkan pada salah satu poin perjanjian transaksi.

4. Masuk SLIK OJK

Ada sebagian pengguna yang meyakini bahwa transaksi di pinjol tidak tercatat di SLIK OJK (dulu BI Checking), termasuk di Akulaku. Keyakinan ini terbantahkan karena Krediblog sudah membuktikan sendiri semua transaksi di Akulaku dilaporkan setiap bulannya ke SLIK. Pembuktiannya silahkan baca : apakah pinjol masuk BI Checking.

pengalaman telat bayar akulaku slik ojk

Singkat kata semua aktifitas pinjamanmu terdata di SLIK OJK yang jika kamu telat bayar atau tidak membayarnya, akan ada catatannya disana. Kamu lancar maka akan tertulis lancar, menunggak sekian hari juga akan tercatat disana termasuk jika macet pembayarannya akan merubah status kolektibilitas.

Pentingkah histori di SLIK OJK itu? Ini pengalaman pengguna yang pernah telat bayar Akulaku terkait dengan SLIK. Dia sudah tidak melakukan pembayaran sekitar 1 tahun. Semuanya tampak terkendali karena DC sudah capek menagih. Sampai saat dia berurusan dengan bank untuk tujuan pengajuan KPR. Ternyata hasil BI Checkingnya tercatat macet karena ada tunggakan di Akulaku. Setelahnya dia yang akhirnya repot-repot mengurus tagihannya untuk dibayarkan, berapapun itu.

Catatan Pengalaman Telat Bayar Akulaku

Ada cukup banyak cerita pengalaman telat bayar Akulaku lainnya. Semuanya mengarah pada 1 kesimpulan, bahwa Akulaku sebagai pemilik dana tidak akan melepasmu. Bahkan jika seandainya Akulaku “berbaik hati” tidak lagi menagih, sistem OJK yang akan memaksamu untuk mau tidak mau membayarnya.

Jika kamu kebetulan sedang telat bayar di Akulaku, teruslah berusaha mengupayakannya. Tidak apa telat bayar yang penting tetap bayar. Tak apa mencicil sedikit demi sedikit yang penting ada progress. Lebih baik susah sekarang daripada repot kemudian.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
92 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
maenah

saya telat di aku laku niatnya saya civil di tp gak boleh sama pihak dc …di akun tagihan231 ribu niatnya mau saya cicil 106 dulu tp gk bisa katanya..klo di cicil kata pihak dc lewat kode bayar yg dc kirimkan..lah apkh aman misal nicil lewat dc

alena

kak, kalau kemarin sore aku dapat wa dari akulaku karna telat bayar terus akan ada kunjungan DC. terus karna takut aku bayar di Indomaret apa kunjungannya akan tetap berlanjut?

Ika

Ka,kalau pada tagihan akulaku normal kan bisa di bayar secara mencicil sedikit2 mis.500 RB dibayar 50 RB tp rutin setiap ada uang.itu tetap ada DC ga ?selama kita msh mencicil?

Satria

Cara mengubah tagihan nya gimana ka.kalau mau di cicil sedikit2

Angga

Kak kalau akulaku hubungi tempat kita bekerja gak?

sekar

kak,kalo kita telat bayar di akulaku apakah bisa aku laku menyebarkan data kita

Pahlawan bertopeng

Kak klo saya hapus akun akulaku tpi masih ada cicilan resikonya apa.. Soalnya udah bnyak jga tman saya yg kek gtu dan aman aman ajah ??

Last edited 10 months ago by Pahlawan bertopeng
Pahlawan bertopeng

Tolong sarannya ??

Last edited 10 months ago by Pahlawan bertopeng
sroikkk

hallo kak , kalo telat bayar selama 2 hari apa kena denda atau tidak , soalnya saya setiap dapat uang, lebih 2 hari dari tanggal peminjaman uang

rara

sumut apa.didatangi?

Dwi

Saya pinjam 600 RB Saya udah telat 100 hari lebih belum Pernah di datengin DC apa kah saya akan di Datengin DC walaupun sudah telat 90 hari lebih saya takut tiba tiba deteng

Ahmad faturohman

Saya mau tanya jika sy pernah terlmbat 1 bulan dan sdh melunasi.apakah bs meminjam kembali?

Ghento

Kak saya baru terlambat 2 hari tetapi saya di whatsapp trus.,karena saya mau bayar masih kurang sedikit.,bagaimana solusinya apakah akan DC dtang kerumah atok tidak

Niko hutahaean

Kak apakah nama kita tetap bisa melakukan peminjaman di aku laku meskipun baru satu kali ini telat pembayran smpai 3 hari dikarenakan gaji yg ketepatan diundur 3 hari padahal catatan sya selama 7 kali meminjam tidak pernah telat bahkan sering juga tidak smpai 3 minggu lgsung sya bayar..apakah kita tidak bisa lagi meakukan peminjaman dikarenakan kali ini terlambat 3 hari?

Heni

Kak mau tanya maf nie kan saya emg bnr telat byr espylter nya.. Ya kurang libih 2 bln bln kmren bnr gk ada uang niat mau byr bulan ini nunggu hp jd juga soale rusak.. Nie katanya mau ada dc krmh.. kira bnr kesini gk ya kak.. Tp niat nya emg mau byr tgl 2 gajiam bln ini krna bln kmren buay berobat dulu.. Itu gmn ya kak

Ayu

Bang aku baru telat 2minggu, maksudnya nunggu gajian 2 hari lagi tapi mau setengah dulu. Apakah Dc akan datang padahal baru telat 2minggu bang??

nunana

kak kalau telat bayar 7 hari bisa pijam lagi gak ya

Diy

Kak mau tanya kalo misal telat 2 bulan trs udah di cicil 100 apakah dc akan ke rumah

Apri

Kak saya mau byr tagihan pinjaman saya karena Silk ojk saya ditolak.. jika saya sudah bayar apakah nama saya akan segera bagus dan diterima oleh silk ojk untuk pembiayaan kpr ?

Aida

Haloo kak.. saya mau nanya..
Saya baru kali ini pinjam di akulaku dan udah nunggak 6 hari karena trnyata gaji saya dirapel sama bulan depan. Saya berencana bayar tgl 26 agustus dan saya sudah merespon utk bayar pada tgl tsb, tp tidak ada respon lg dari akulaku. Itu mereka akan menghubungi kontak darurat dan mengunjungi rumah saya tidak ya kak?

Raisfebriawan

Ka mau tanya kalo telat 1 bulan tapi saya niat mau bayar sesuai tagihan awan gimana apakah bisa?

Tina

Kak kalo telat 10 harii apakah akan di datangi pihak DC akulaku

Yuni

Kak mau tanya.. klo misalkan bayar hutang akulaku telat 2 minggu. Hutang 1.7 tpi dh di cicil 1jt dulu kira2 msh ddtgin DC gak ya ? Soalnya bru bisa byar sgtu…

tia

Ka,kalo seandainya aku telat bayar 2bulan,tapi selalu aku cicil tiap bulannya.apakah dc akan tetap datang kerumah?

Ineumaryanti

Klo akulaku playlater nunggak trs ada pinjaman yg lain nya udh jatuh tempo misal ny di pinjaman trs mau byar dulu yang pinjaaman itu apa bisa narik lagi gak yaa ..

Ayamjantan

Kak misal telat sehari apakah ojknya jd jelek? Soalnya saya pinjam tanggal 2 tenggatnya tanggal 1 pdhl gajian tiap tanggal 2 , saya kira bakalan tanggal 2 tenggatnya

Sandi kurnia

Saya baru pertama kali minjem..saya baru telat 6 hari..niat saya mw bayar tanggal 1 pas gajian..apakah di datengin kerumah

Pahri

Kak kalau hutangnya sebesar 2 juta…. jatuh tempo nya tgl 27…. Dan baru akan dibayarnya tgl 28 karna gajiannya tgl segitu… Kira kira bisa pinjam lagi 2jt tidak ya ?

dyah ayu

ka,klo saya pinjamn 1,5 sdh sy cicil 800 ini mw sy cicil lg apkah bunga tetap jalan…klo misal sy byr pokoknya sj apkah bs

stasz

bang mw nanya kalo paylater pulsa apakah didatangi dc jga?

Ratna

Bang mau tanya. Sebelumnya rumah saya kan di surabaya, sudah di datengin dc dan yang menemui anggota keluarga saya. Tapi saya sudah pindah ke Blitar. Kita kira dc nya dateng ke blitar ga ya?

Akupusing

Bang apa akulaku bisa di nego dengan hanya bayar pokok saja?. Atau misal tetap harus bayar denda bisa di diskon dendanya bang? Biasanya berapa persen diskon dendanya ya bang. Mohon informasinya bang. Tqu 🤝

Siska

Saya telat 1 bulan lebih tapi uda bayar 100rb.. Cicilan nya receh seh tp baru ada uang bulan depan apa tetap didatengi.. Soalnya bener lagi banyak kebutuhan

Licht

Telat bayar 20 hari apakah di datangi DC akulaku?

Yayah aisah

Kak,saya telat bayar di akulaku selama 4 bulan…tagihan sy 900 rb,tapi sy tetap cicil 100 rb…apakah tetap di datangin DC??

Gunawan

Kalo misalkan pinjaman dg tenor tertentu, misalkan aja tenor 6 bulan. Jika sebelum 6 bulan dilunasi semua apakah bisa?
Dan apakah ada denda?

Penny

Kak, saya kena tipu yg mengatasnamakan akulaku, dan sekarang saya dapet tagihan di dana cicil, apakah saya harus tetep membayar cicilan itu kak sedangkan saya tidak memakai uangnya

Lailatul magfiroh

Kak akulaku saya kan tenornya 2 bulan dengan nominal 2 juta pinjaman sedangkan saya bulan pertama ini belum ada uang buat pembayarannya,kemungkinan saya bisa bayar bulan depan nya sekaligus sebelum jatuh tempo angsuran ke 2 tapi ada WA katanya mau dikunjungi kerumah apakah itu betul sedangkan saya telat juga kurang dari 1 bulan

Mila

Kak cara biar bisa pinjam 2jta di akulaku gimana kak

siti

saya mau tanya ka, saya sdh telat skitar 9 bulan, lalu ada dari akulaku yg wa saya, berhubung hp dn no hp yg d daftar diakulaku sya kecopetan ,agent tsb mnwarkan byar melalui dia, itu bisa di percaya engga ya ka, krena sya udh mulai nyicil sama dia

Mila

Kak ,mau nanya .saya pempunyai tagihan akulaku.tp saya telat 3hari.karna gajih saya gx sesuai ,rencananya saya mau lunasin.jika sudah lunas ap boleh ajukan pinjaman lagi ,

Yukiana

Hi kak, saya mau nanya boleh? Tahun lalu saya di datangi pihak DC aku laku saya bayar pertama 2.4 ke aplikasi dan sisanya di bawa sama si DC katanya itu dia yg akan melunasi ke akulakunya langsung sudah hampir 10 bulan DCnya ga ada kabar akun akulaku saya pun sudah tidak bisa masuk karena lupa akun dan nomernya udah hilang di KRL. Kira2 ini saya beneran dilunasin sama DC atau enggak ka?

Tona marlina

Kak..
Kira² berapa lama pinjaman kita berhasil di verifikasi kembali setelah pinjaman yang kemarin nunggak???
Apakah bisa pinjam lagi??

Anggi

Kak, mau tanya klo cek slik ojk apa nanti ketauan gagal bayar dimana aja sama rincian nya. Atau hanya skor kredit aja yg muncul?

Juhaenah

Kak mau nanya sy ambil barang d akulaku cicilan 12 bulan udah mau 4 bln sy gagal bayar dan pasti bunganya udah besar sy g sanggup bayar sekaligus kira lok oas bayar kita tulis sesuai dengan tagihan kita busa g y soalnya langsung dendanya g blom bisa

Elis

Kaka saya mau tanya saya telat bayar selama 3 minggu rencana saya mau bayar hari minggu besok apakah akan ada dc kerumah saya

Eko bs

Mau tanya nih ,saya ada telat bayar akulaku 4 bulan karena ekonomi memburuk ditambah nomor hp terblokir hp hilang sampe akhirnya DC datang ke rumah dan saya lihat tagihannya jadi berlipat ganda 1,2 jadi 1,9,nah saya coba mau login ga bisa karena email nomor hilang dan bisa tidak sih saya cicil pokok nya saja dengan nego ke cs akulaku?teirmakasih