Shopee Memiliki Pengguna Aktif Terbanyak di Indonesia

Pengguna aktif Shopee – Pada quartal ketiga tahun 2019, iPrice bekerjasama dengan App Annie secara ekslusif menyajikan informasi pengguna aktif bulanan aplikasi e-commerce di Indonesia dan Asia Tenggara. Data tersebut berisi peringkat aplikasi e-commerce dengan pengguna aktif bulanan terbanyak dan rata-rata rangking untuk aplikasi e-commerce yang paling banyak di download baik untuk platform iOS maupun Android.

Data tersebut terpampang pada gambar berikut:

data pengguna aktif shopee

Berikut data dan fakta yang dapat disimpulkan:

  1. Shopee dan Lazada memiliki pengguna aktif bulanan terbanyak di Asia Tenggara
    Kuartal ketiga di tahun 2019 lalu, Shopee berhasil menjadi yang pertama di Asia Tenggara untuk aplikasi e-commerce dengan pengguna aktif bulanan terbanyak. Shopee menduduki peringkat pertama di dua negara yaitu Vietnam dan Indonesia sedangkan Lazada berhasil unggul di empat negara lainnya yaitu Malaysia, Filipina, Singapore dan Thailand.
  2. Shopee peringkat pertama di Indonesia
    Untuk pertama kalinya Shopee berhasil menjadi aplikasi dengaan total jumlah pengunjung aktif bulanan terbanyak. Hasil ini dikarenakan banyaknya campaign yang dilakukan Shopee sepanjang tahun, beberapa diantaranya: cahsback, free delivery tanpa minimum order, inisatif sale pada tanggal unik seperti pada momen 9.9 dan 10.10. Shopee juga menghadirkan fitur tambahan yang komplemen dengan kebutuhan belanja pengguna, diantaranya: ShopeePay Later dan ShopeePinjam.
  3. Tokopedia dan Bukalapak peringkat 3 dan 4 di Asia Tenggara
    Tokopedia dan Bukalapak adalah dua e-commerce lokal yang beroperasi di Indonesia tetapi memiliki jumlah penggguna aktif bulanan terbanyak di Asia Tenggara.
  4. Bukalapak menurun 5 peringkat di Playstore Android
    Aplikasi Bukalapak sempat tidak tersedia di playstore pada bulan september kemarin berdampak pada menurunnya rangking total jumlah download di platform Android. Disebutkan hal ini terjadi karena adanya pembaruan sistem yang dilakukan Bukalapak.
  5. Zalora e-commerce fashion dengan jumlah pengguna aktif bulanan terbanyak di Asia Tenggara
    Zalora berhasil masuk peringkat 10 besar sebagai aplikasi belanja yang memiliki pengguna aktif bulanan terbanyak di Asia Tenggara.
  6. Aplikasi AliExpress tetap diminati meski tidak punya basis penjual lokal Indonesia
    AliExpress adalah aplikasi e-commerce dengan pengguna aktif bulanan terbesar ke 5 di Asia Tenggara dan peingkat ke 8 di Indonesia. Jaminan harga murah yang ditawarkan AliExpress menjadi faktor utama yang membuat banyak konsumen menggunakannya.

“Kemenangan” Shopee tidak lepas dari kegigihan Shopee dalam mengkampanyekan platform mereka di Indonesia. Tokopedia yang terlihat tenang dan mapan diam-diam tersalip oleh agresifnya Shopee.

ShopeePayLater dan ShopeePinjam adalah 2 contoh terbaru dari seriusnya Shopee menambah kenyamanan penggunanya dalam berbelanja. Dimana dengan kedua fitur ini pengguna Shopee bisa melakukan pembelian dengan metode bayar nanti (ShopeePayLater) dan penyediaan uang tunai baik untuk pembeli maupun pedagang untuk kebutuhan modal usahanya (ShopeePinjam)

ShopeePayLater dan ShopeePinjam adalah hasil kerjasama Shopee dengan Fintech lending lain. Shopee selaku platform penyedia menyalurkan layanan Fintech Lending untuk mendanai pengguna yang membutuhkan bantuan keuangan baik dalam bentuk saldo untuk berbelanja di Shopee maupun pinjaman dalam bentuk uang tunai. Baca cara pinjam di ShopeePinjam untuk mengetahui tutorialnya.

Jika Shopee konsisten dengan caranya, bukan tidak mungkin mereka akan menjadi toko online nomor satu di Indonesia untuk tahun-tahun mendatang.

foto mr. kredi

TENTANG PENULIS

Halo, saya Kredi. Mendadak tertarik menulis tentang Fintech karena saudara bilang saya jago ngutang, jadi sekalian aja ngembangin bakat. He..he.. Ini Blog pribadi, tidak berafiliasi dengan perusahaan manapun.

Tinggalkan komentar