KREDIBLOG » PINJAMAN ONLINE » SHOPEEPINJAM

ShopeePinjam: Pinjaman Tunai Cepat Bisa Cair 10 Menit

review shopeepinjam

Overall
4.1
  • Proses pengajuan
  • Limit saldo
  • Bunga pinjaman
  • Kecepatan transfer

Review ShopeePinjam

ShopeePinjam memungkinkan pengguna untuk meminjam uang tunai melalui aplikasi Shopee. Besar pinjaman yang bisa didapatkan adalah hingga Rp 5.000.000 dengan pilihan tenor 2 dan 3 bulan. Jika mau terus berimprovisasi, ShopeePinjam bisa menjadi penantang serius aplikasi pinjaman online yang sudah mapan. Kecepatan dan kemudahan yang dihadirkan menjadi nilai lebih dari Shopee Pinjam disaat aplikasi lain masih ribet dalam pendaftaran.

Pros

  • Aktivasi pengajuan akun mudah
  • Pengajuan pinjaman cepat
  • Biaya administrasi ringan
  • Suku bunga relatif wajar
  • Bisa pinjam lebih dari satu kali (selama masih ada saldo)

Cons

  • Pengajuan akun terbatas
  • Pilihan tenor singkat

Berikut review selengkapnya untuk Shopee Pinjam. Untuk memberikan pandangan yang utuh dan objektif, Krediblog beneran melakukan pinjaman.

Apa Itu ShopeePinjam?

Definisi mudahnya, ShopeePinjam adalah pinjaman uang tunai melalui platform e-Commerce Shopee. Penjelasan yang lebih panjang, ShopeePinjam merupakan kerjasama antara Shopee selaku platform penyedia dengan PT LENTERA DANA NUSANTARA selaku pemberi dana. Kerjasama ini mirip dengan KTA Asetku di Akulaku. Dimana Akulaku sebagai platform penyedia memberikan pinjaman tunai dengan sumber dana yang berasal dari Asetku (PT Pintar Inovasi Digital).

Kerjasama semacam ini memang umum dan mulai banyak bermunculan. Dimana Fintech Lending dalam rangka memperluas jangkauan layanannya bekerjasama dengan platform digital lain yang memiliki pengguna masif. Fintech Lending akan dengan cepat kebanjiran permintaan karena layanan mereka di display di tempat yang ramai pengunjung. Sedang Shopee mendapat keuntungan dari kian banyaknya fitur layanan yang ditawarkan.

Shopee Pinjam merupakan fitur perpanjangan dari ShopeePayLater yang terlebih dulu ada. Jika diperhatikan, yang mendapatkan undangan Shopee Pinjam adalah mereka yang aktif di ShopeePayLater. Shopee Pinjam pada aplikasi Shopee dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu ShopeePinjam  untuk penjual dan Shopee Pinjam untuk pembeli. Keduanya memiliki cara pengaktifan dan penggunaan yang sama, hanya berbeda pada peruntukan saja. Pada bahasan kali ini akan lebih banyak membahas ShopeePinjam untuk pembeli.

Cara Mendaftar Shopee Pinjam

Untuk saat ini, ShopeePinjam hanya untuk pengguna terpilih saja. Kamu bisa mengaktifkan ShopeePinjam hanya ketika mendapat “undangan” dari Shopee. Bentuk undangannya berupa munculnya menu baru “ShopeePinjam” pada aplikasi Shopee pada tab “Saya”. Berikut tutorial untuk mengaktifkan ShopeePinjam jika kamu merupakan pengguna terpilih:

  1. Buka menu ShopeePinjam
    Pada aplikasi Shopee, klik tab “Saya” dan pilih menu “ShopeePinjam” pada daftar menu.
  2. Klik Aktifkan Sekarang
    Klik tombol “Aktifkan Sekarang” pada menu ShopeePinjam tadi.
  3. Masukkan nomor telpon
    Masukkan nomor telpon jika belum ada nomor telpon yang terhubung dengan aplikasi Shopee. Lalu masukkan kode OTP yang diminta.
  4. Lengkapi info kontak darurat
    Masukkan 2 nama dan nomor telpon untuk kontak darurat.
  5. Verifikasi wajah
    Lakukan verifikasi wajah melalui sarana yang disediakan.
  6. Selesai
    Jika pengajuan aktivasimu diterima akan muncul pop up notifikasi ucapan selamat beserta keterangan besar limit pinjaman yang didapat.

Jika di aplikasi Shopee mu tidak muncul menu “ShopeePinjam”, berarti kamu belum terpilih. Tidak ada cara yang bisa dilakukan agar kamu menjadi yang terpilih. Krediblog pernah menghubungi CS Shopee untuk menanyakan hal ini, mereka menjawab bahwa kriteria pemilihan mutlak kehendak Shopee. Krediblog pribadi berpendapat bahwa pemilihan dilakukan secara random by sistem.

FAQ ShopeePinjam

Apakah berarti mengajukan ShopeePinjam itu sulit?

Bukan sulit tapi memang dibatasi pengajuannya. Jika kamu belum mendapatkannya itu hanya masalah kesempatan saja.

Bagaimana agar bisa terpilih untuk bisa mengajukan ShopeePinjam?

Tidak ada. Namun kamu bisa memperbanyak transaksi di Shopee guna meningkatkan reputasi. Ini tidak menjamin berhasil, namun reputasi yang baik memberikan Shopee alasan untuk “memilih” mu.

Berapa limit saldo ShopeePinjam?

ShopeePinjam untuk Penjual Rp 5.000.000, sedang ShopeePinjam untuk Pembeli sebesar Rp 1.500.000.

Apakah limit saldo tiap akun sama?

Dilihat dari proses pengajuannya, kemungkinan besar, “Ya”. ShopeePinjam masih menerapkan limit saldo pukul rata.

Apakah bisa mengajukan kenaikan limit ShopeePinjam?

Mungkin. ShopeePinjam masih sangat baru sehingga setiap perkembangan masih dalam tahap evaluasi.

Customer Service Shopee minim info tentang ShopeePinjam?

Bisa dimengerti karena Shopee Pinjam bukan produk asli Shopee melainkan hasil kerjasama dengan perusahaan lain. Kamu boleh bertanya langsung ke Lentera Dana Nusantara selaku Partner.

Perhitungan Bunga ShopeePinjam

Pada bagian FAQ, tertulis bahwa Shopee Pinjam menetapkan suku bunga 2,45% per bulan. Mereka juga mengenakan biaya penanganan sampai dengan 3% untuk setiap transaksinya. Sedang untuk keterlambatan pembayaran, akan dikenakan denda sebesar 5% dari besar cicilan tertunggak.

Untuk mencari tahu kebenarannya, Krediblog coba menghitug bunga ShopeePinjam dari aplikasi langsung.

Berikut perhitungan bunga ShopeePinjam untuk pinjaman sebesar Rp 1.000.000 :

ItemTenor 2 BulanTenor 3 Bulan
Jumlah didapatkan990.000990.000
Biaya Transaksi10.00010.000
Bunga78.964118.593
Cicilan per bulan539.482372.865

Krediblog juga menghitung dengan nominal pinjaman yang berbeda guna melihat perbandingannya. Kesimpulan yang bisa diambil:

  • ShopeePinjam menetapkan biaya transaksi 1% dari besar pinjaman.
  • Jika benar suku bunga 2,45% per bulan, harusnya bunga untuk tenor 2 bulan adalah Rp 49.000 dan tenor 3 bulan Rp 73.500.
  • Besar bunga yang tertera pada tabel siatas adalah perhitungan dari kurang lebih 3,9% per bulan.

Tidak tahu perhitungan mana yang benar, namun meskipun mereka menetapkan bunga 4% per bulan masih tergolong wajar mengingat proses pengajuannya yang mudah dan pencairannya yang cepat.

Cara Menggunakan ShopeePinjam

Krediblog akan meminjam sebesar Rp 800.000 dengan memilih tenor 3 bulan. Pada perhitungan aplikasi uang yang didapat adalah Rp 792.000 setelah dipotong biaya administrasi Rp 8.000, dan cicilan per bulan yang harus dibayar Rp 298.292. Pengajuan pinjaman diajukan pada 8 September 2020. Perhatikan tabel untuk detail perhitungan!

Jumlah didapatkan792.000
Biaya Transaksi8.000
Bunga94.875
Cicilan per bulan298.292
Perhitungan pinjaman ShopeePinjam sebesar 800 ribu untuk tenor 3 bulan

Tutorial Meminjam di Shopee Pinjam

Berikut langkah-langkah mengajukan pinjaman di Shopee Pinjam:

  1. Buka aplikasi Shopee dan cari menu Shopee Pinjam

    Menu Shopee Pinjam ada pada tab “Saya” dan di bagian tengah menu.

  2. Pilih Ajukan

    Pada halaman Shopee Pinjam klik tombol “Ajuka”

  3. Pilih nominal dan tenor pinjaman

    Tentukan jumlah pinjaman dengan menggeser slider dan pilih tenor yang dikehendaki.

  4. Input informasi Bank tujuan transfer

    Masukkan Bank tujuan transfer. Bank yang diterima hanya BCA, BNI, BRI dan Mandiri. Nama pada akun Bank harus sama dengan nama yang digunakan untuk registrasi ShopeePayLater.

  5. Cek detail

    Pastikan kamu memeriksa perhitungan pinjaman yang ingin kamu ajukan. Berapa yang kamu dapat, besar bunganya dan nominal cicilan yang harus dibayar per bulannya. (screenshot: Detail)

  6. Ajukan pinjaman

    Jika sudah yakin semuanya sesuai, klik tombol “Ajukan Sekarang”.
    (screenshot: Pengajuan)

  7. Selesai

    Pengajuanmu sudah masuk dan dana akan dikirim ke rekeningmu.

  8. Dana pinjaman diterima

    Paling cepat dalam hitungan menit paling lama 2 hari kerja.
    (screenshot: Transfer)

tutorial pinjaman di shopeepinjam

Pembayaran tagihan Shopee Pinjam jatuh tempo setiap tanggal 5 setiap bulannya. Jika pengajuan diajukan tanggal 8 September 2020, maka cicilan pertama sebesar Rp 298.292 harus dibayarkan pada 5 Oktober 2020. Cicilan berikutnya pada 5 November dan cicilan terakhir pada 5 Desember 2020.

Total waktu pengajuan dari melengkapi data yang dibutuhkan sampai aplikasi terkirim kurang lebih 5 menit. Dan dana ditransfer oleh Shopee Pinjam dalam 10 menit. Artinya meminjam di Shopee Pinjam selesai dalam 15 menit.

Catatan ShopeePinjam

Shopee Pinjam menambah panjang daftar pinjaman online berbasis aplikasi di Indonesia. Baik perusahaan Fintech yang berdiri sendiri maupun bekerjasama dengan platform populer lain. Di satu sisi ini adalah keuntungan karena sebagai pengguna kita diberikan banyak pilihan, namun di sisi lain ini bisa jadi boomerang jika kita tidak jeli dalam menghitung kemauan dengan kemampuan. Jangan sampai pinjaman online dengan segala fiturnya yang digadang-gadang menjadi solusi keuangan, malah jadi sumber masalah baru. So, bijaklah dalam meminjam.