Cara Retur Barang di Lazada. Panduan Pengembalian

Lazada menjadi salah satu marketplace yang sedang naik daun, ada banyak kelebihan yang ada pada Lazada jika dibandingkan marketplace lain. Dari berbagai keuntungan yang disediakan Lazada, jumlah pengguna Lazada makin meningkat pesat. Lazada juga sudah mengikuti trend di marketplace lain dengan menerima pembayaran menggunakan paylater (baca : cara bayar Lazada pakai Kredivo). Pada bahasan kali ini, kita akan membahas mengenai cara retur barang di Lazada.

Cara Melakukan Pengembalian Barang atau Retur di Lazada

Lazada memiliki beragam penawaran yang bisa membantu para penggunanya. Salah satunya adalah cara ajukan pengembalian barang di Lazada dengan sistem jelas dan mudah. Keunggulan Lazada lainnya yaitu menyediakan voucher gratis ongkir, voucher belanja, voucher toko dan voucher pembayaran.

Sebelum membahas lebih lanjut cara mengembalikan barang atau retur di Lazada, lebih baik kamu terlebih dahulu menghubungi toko bersangkutan kalau hendak mengembalikan pesanan barang yang telah diterima. Coba berbicara dengan baik-baik, sebutkan juga alasan mengapa barang tersebut ingin dikembalikan.

Hal tersebut cukup penting agar pemilik toko berkenan menerima pengajuan kamu kalau alasannya sesuai. Berikut beberapa langkah untuk retur di Lazada.

tutorial cara retur barang di lazada

1. Masuk ke Menu Semua Pesanan

Sebelum semua langkah di bawah ini kamu terapkan. Pastikan sudah ada aplikasi Lazada di smartphone kamu dan sudah login memakai akun yang dipakai untuk berbelanja. Tahap pertama adalah masuk ke bagian Semua Pesanan.

Caranya cukup mudah pilih saja menu Akun, lalu masuk ke menu yang menampilkan semua pesanan kamu di Lazada.

2. Pilih Produk Lazada Terkait dan Klik Detail Pesanan

Langkah selanjutnya yaitu masuk ke kolom pesanan atau paket produk yang sebelumnya sudah diterima. Selanjutnya pilih bagian Detail Pesanan untuk bisa melihat informasi detail seputar pesanan.

3. Cari Menu Pengembalian Saya & Pilih Alasan Retur

Pengembalian Saya merupakan salah satu menu yang bisa kamu pilih untuk memproses retur barang. Lalu langkah yang penting lainnya adalah memilih alasan pengembalian tersebut.

Pada proses ini, pengguna Lazada perlu menyiapkan media untuk menjadi buktinya. Agar melancarkan proses retur, coba tambahkan video unboxing. Meski bisa hanya dengan memakai foto saja, lebih baik kamu unggah juga video.

Perlu diperhatikan ukuran video lebih baik tidak terlalu besar dan jangan terlalu lama. Hal ini untuk mempercepat proses upload video. Kalau sudah ter-upload, lanjutkan dengan memberikan komentar tambahan. Berikan komentar sesuai kondisi aslinya dan lebih jelas lebih baik.

Jangan lupa isi alasan pengembalian sesuai permasalahan yang terjadi. Misalnya ada barang yang kurang, nantinya kamu harus memilih mana produk yang kurang lengkap barangnya (kalau ada lebih dari 1 produk). Alasan lain bisa karena produk yang diterima rusak, tidak berfungsi atau tidak sesuai gambar. Kalau sudah, kamu bisa pilih menu Selanjutnya.

4. Pilih Metode Pengembalian Dana

Cara retur barang di Lazada selanjutnya adalah mengurus opsi pengembalian dana. Jadi, kamu bisa menentukan sendiri dana yang akan didapat dari retur ini ingin dikirim ke mana. Tersedia dua metode pengembalian dana yang diterapkan Lazada.

Kamu bisa memilih antara mengembalikan dana dengan metode Bank Transfer atau Lazada Credit. Lazada Credit itu sendiri merupakan bentuk saldo akun di Lazada yang bisa dipakai kembali untuk pembelanjaan. Memilih opsi Lazada Credit sebagai metode pengembalian mempunyai keuntungan tersendiri. Kalau sudah, lanjutkan dengan memilih opsi Kirimkan.

5. Konfirmasi Penerimaan Produk

konfirmasi retur barang di lazada

Kalau tahap-tahap sebelumnya di atas sudah dilakukan, maka nantinya akan ada pop-up muncul. Klik Continue agar bisa mengkonfirmasi barang sudah diterima. Sebagai syarat melakukan retur Lazada, kamu sudah harus menerima terlebih dahulu barang pesanan.

Meski tidak sesuai kondisi barang tersebut, harus tetap menerima pesanan terlebih dahulu di aplikasi. Tidak perlu khawatir karena ini adalah salah satu proses atau cara mengajukan pengembalian barang di Lazada.

6. Tunggu Respon dari Seller Lazada

Kamu disarankan untuk hubungi penjual terkait terlebih dahulu, tujuannya agar pemilik toko bisa lebih tanggap dalam menerima pengembalian barang. Kalau memang seller telah menanggapi pengajuan produk, maka langkah berikutnya adalah cek bagian pengembalian barang.

7. Masuk ke Pengembalian Barang dan Pilih Jasa Kirim

Cari menu pengembalian pada aplikasi Lazada. Biasanya menu ini bisa langsung ditemukan di bagian Akun. Icon Akun bisa kamu temukan di pojok bawah kiri. Cara retur barang di Lazada selanjutnya adalah memilih jasa kirim.

8. Metode Pengembalian

metode pengembalian

Untuk metode pengembalian, bisa pilih Drop Off barang atau dengan metode Pick Up. Sesuaikan saja dengan kebutuhan, kalau memilih Pickup, maka berarti kamu perlu hubungi jasa terkait untuk melakukan penjemputan paket. Sementara kalau memilih drop off, maka kamu bisa antarkan paket menuju jasa terkait.

Agar lebih jelas dan lancar, disarankan lakukan metode Drop Off. Salah satu alasannya yaitu wilayah-wilayah tertentu saja yang mendukung metode Pick Up. Alasan lainnya proses penjemputan bisa memakan waktu lebih lama.

Pada tahap ini, kamu bisa pilih beberapa jasa pengiriman, misalnya pengiriman J&T, JNE, dan sebagainya. Lalu klik Selanjutnya. Kalau kamu memilih J&T, maka pengantaran paket harus sesuai ke jasa kirim tersebut. Jangan serahkan paket produk retur ke jasa lainnya agar biaya bisa diganti pihak Lazada.

9. Memberikan Barang Retur ke Kurir Pengiriman

Tahap cara pengembalian barang di Lazada terakhir yaitu mengemas barang yang ingin dikembalikan. Tempel juga label pengembaliannya agar tujuan pengiriman lebih jelas. Ada pun agar bisa menempel label tersebut, kamu perlu terlebih dahulu download label pengembalian produk Lazada terkait.

Opsi lainnya bisa dengan menghubungi akun Twitter Lazada dan kontak Lazada lainnya. Sekian saja pembahasan kali ini mengenai cara retur barang di Lazada, semoga bermanfaat.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar