Pinjaman Akulaku : Cara Pinjam Uang di Akulaku (Dana Cicil)

Sudah tahu belum kamu bisa pinjam uang di Akulaku? nominal terkecil yang bisa kamu pinjam Rp 500.000 dan terbesar hingga Rp 12.000.000, loh!. Selain melayani kredit, Akulaku juga memberikan pinjaman tunai yang bisa cair dalam 1 hari kerja. Untuk kamu yang sudah punya akun Akulaku dan kebetulan lagi butuh dana tunai, mending pinjam di Akulaku daripada coba-coba minjam di aplikasi pinjaman online lainnya yang kemungkinan mengenakan bunga pinjaman yang lebih besar.

Tutorial Step by Step kali ini akan membahas cara pinjam uang di Akulaku tipe “Dana Cicil”. Pinjaman ini dilakukan oleh Krediblog pada tanggal 24 Oktober 2019 sebesar Rp 2.000.000.

Jenis Pinjaman Akulaku

Terdapat 2 tipe pinjaman tunai Akulaku, yaitu KTA Kilat dan Dana Cicil. KTA Kilat seperti namanya adalah pinjaman uang dengan orientasi pencairan dana yang cepat. Karena prosesnya yang cepat maka besar pinjaman yang bisa diajukan terbatas, yaitu maksimal Rp 2.000.000 dengan pilihan tenor yang juga singkat yaitu 15 hari dan 22 hari.

Sedangkan Dana Cicil adalah jenis pinjaman uang tunai yang lebih fleksibel, memberikan pinjaman hingga Rp 12.000.000 dengan pilihan tenor yang lebih variatif tergantung besar pinjaman yang diajukan. Lihat tabel pinjaman Akulaku berikut:

KTA KilatDana Cicil
Minimal PinjamanRp 500.000Rp 500.000
Maksimal PinjamanRp 500.000Hingga Rp 12.000.000
Tenor12 hari dan 22 hari2, 3, 6, 9 dan 12 bulan
Bunga3-5% per periode1-3% per periode
Biaya Administrasi9-13% per periode1% dari pinjaman

Nominal pinjaman dan pilihan tenor yang ada di akunmu bisa jadi tidak sama. Akulaku menerapkan sistem Skor Kredit, dimana semakin baik Skor Kredit-mu produk atau layanan yang Akulaku tawarkan akan semakin tinggi atau besar.

2 tipe KTA (Kredit Tanpa Agunan) di atas didukung oleh PT. Pintar Inovasi Digital atau yang lebih dikenal dengan nama AsetKu. Benar sekali, PT. Pintar Inovasi Digital adalah Sister Company dari Akulaku yang khusus melayani pinjaman tunai.

Syarat Pinjaman Uang ‘Dana Cicil’ di Akulaku

Berbeda dengan KTA Kilat yang bisa diajukan oleh siapa saja termasuk pengguna baru, untuk menggunakan Dana Cicil kamu terlebih dahulu harus melewati tahap tertentu. Untuk saat ini, layanan Dana cicil hanya diberikan kepada pengguna Akulaku yang dianggap sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.

Poin yang biasanya dinilai diantaranya seberapa sering kamu menggunakan Akulaku dan seberapa baik pembayaran tagihanmu. Semakin sering kamu menggunakan layanan Akulaku (ada aktifitas tiap bulannya) dan selalu membayar tagihan tepat waktu maka akan semakin baik Skor Kredit-mu. Jika kondisi tersebut terus berlanjut, maka fitur Dana Cicil akan terbuka untukmu. Baca profil lengkap Akulaku beserta fitur-fitur yang ada di Review Akulaku.

Bunga dan Biaya Administrasi

Karena ini pertama kalinya Krediblog pinjam uang di Akulaku, nominal yang diajukan yang ringan-ringan dulu. Krediblog akan mengajukan pinjaman sebesar Rp 2.000.000 dengan tenor 3 bulan. Mengapa 3 bulan? karena tenor yang tersedia untuk nominal Rp 2.000.000 adalah 2 bulan atau 3 bulan. Besar cicilan untuk tenor 2 bulan Rp 1.088.000, jadi biar cicilannya lebih ringan Krediblog memilih yang 3 bulan.

Untuk bunga yang dikenakan pada aplikasi tertera 3,08% per periode (terdapat diskon, normalnya 5,08%) namun setelah melihat jumlah total yang harus dibayar bunga yang dikenakan lebih mendekati 4,08%. Biaya administrasi juga lumayan membingungkan, pada aplikasi tertera biaya administrasi Rp 20.000 per periode, namun saat Krediblog menerima uangnya tidak dikenakan potongan sepeserpun alias utuh.

Coba otak-atik gathuk, Krediblog menduga skemanya seperti ini: bunga pinjaman benar 3,08% per bulan namun biaya administrasi juga dikenakan setiap bulan sebesar Rp 20.000 dan ditambahkan ke dalam cicilan. Jika seperti ini nominal akhirnya sama dengan perhitungan di aplikasi. Jadi mungkin maksud dari ‘per periode’ adalah tiap periode dari pembayaran cicilan. Perhatikan tabel pinjaman uang di Akulaku berikut untuk perhitungan detailnya!

ItemDetail
Jumlah PinjamanRp 2.000.000
Jangka waktu (tenor)3 bulan
Cicilan per bulanRp 748.000
Bunga pinjaman3.08% per periode
Biaya administrasiRp 20.000 per periode
Jumlah Nett diterimaRp 2.000.000
Total harus dibayarRp 2.244.000
Total bungaRp 244.000

Dibandingkan dengan pinjaman tunai Kredivo, bunga pinjaman di Akulaku sedikit lebih besar. Di Kredivo dengan nominal dan tenor yang sama, cicilan tiap bulannya sebesar Rp 713.580 atau total bunga yang harus kamu bayar selama 3 bulan Rp 140.740. Lebih murah Rp 103.260 dari Akulaku tapi Akulaku unggul dibiaya administrasi yang lebih ringan. Meski begitu, bunga di Akulaku masih jauh lebih murah dibanding Kredit Pintar.

Step by Step Cara Pinjam Uang di Akulaku

cara pinjam uang di akulaku
Pengajuan pinjaman
  1. Buka aplikasi Akulaku dan klik menu ‘Bills’ pada tabs bawah ( Home).
  2. Klik lagi submenu ‘Dana Cicil’ ( Bills).
  3. Pada halaman Dana Cicil akan tertera nominal pinjaman yang bisa dipilih.
  4. Klik ‘More’ untuk melihat pilihan nominal lainnya ( More).
  5. Untuk setiap nominal yang kamu klik, akan muncul detail total yang harus dibayar, cicilan per bulan dan tanggal pembayaran ( Tenor 2 Bulan).
  6. Tertera detail untuk pinjaman 2 juta dengan tenor 3 bulan ( Tenor 3 Bulan).
panduan cara pinjam uang di akulaku
Pilihan pinjaman

Pada 2 Screenshot di atas, itu adalah halaman ‘Display Product’ dari Asetku di Akulaku. Artinya Akulaku memajang produk tersebut di etalase mereka untuk kemudian akan diarahkan ke Asetku jika ada pelanggan yang berminat. Jadi sesaat setelah kamu klik ‘Lanjutkan’ kamu akan diarahkan ke halaman milik atau yang diperuntukkan untuk Asetku. Semua informasi yang kamu berikan akan masuk ke meja tim Asetku.

Maka jangan heran kalau kamu akan dimintai kelengkapan data sama seperti ketika kamu pertama kali mendaftar Akulaku. Meski Akulaku dan Asetku berada dalam satu atap, mereka bekerja dalam divisi yang berbeda. Jadi pengguna Akulaku tidak serta merta menjadi pengguna Asetku. Kamu diharuskan mengisi form pendaftaran terlebih dahulu.

pinjaman tunai akulaku
Konfirmasi pinjaman
  1. Lengkapi informasi Bank yang akan dijadikan tujuan transfer ( Informasi Penerima). Hampir semua Bank ada disana. Dari mulai Bank AGRIS sampai Bank WINDU. Lanjutkan dengan meng-klik LANJUTKAN.
  2. Konfirmasikan kembali pinjaman yang kamu ajukan. Cek angsuran, tenor, jadwal pembayaran dan tujuan rekening penerima ( Konfirmasi Penerima). Jika yakin semuanya sudah benar, klik LANJUTKAN.
  3. Lengkapi data diri kamu pada halaman Verifikasi Data. Masukkan NPWP, Upload foto dan foto selfi dengan KTP. Jika sudah klik LANJUTKAN.
    Pada halaman ini kamu akan diminta untuk memasukkan nomor NPWP dan tidak ada pilihan untuk Skip, Bypass atau melewatinya. Bagaimana jika kamu tidak memiliki NPWP? pake trik ini: masukkan nomor NPWP Dummy, yaitu : 00.000.000.0000.000.
  4. Baca angka yang tertera dan mulai merekam ( Verifikasi Suara). Jika sudah dirasa pas lanjut klik LANJUTKAN.
  5. Klik tombol abu kecil agar Akulaku mengirimkan kode verifikasi ke nomor kamu. Jika kamu sudah menerimanya, masukkan kode tersebut ke halaman Verifikasi SMS dan klik KIRIM.
  6. Pengajuanmu selesai ( Proses Selesai).
cara pinjam uang di akulaku selesai
Pendaftaran Asetku

Jika proses pinjaman Akulaku-mu sudah sampai langkah diatas, itu berarti kamu sudah menyelesaikan semua langkah cara pinjam uang di Akulaku. Dari sisi kamu tidak ada lagi hal yang perlu dilakukan. Pada tahap ini pengajuanmu sudah masuk dan sedang dilakukan verifikasi oleh pihak Akulaku (Asetku). Yang bisa kamu lakukan adalah menunggu apakah pengajuanmu diterima atau ditolak.

Tanda Pinjaman Uang di Akulaku Sukses

Kalau riwayat transaksi dan pembayaranmu di Akulaku bagus, harusnya pengajuan pinjaman tunaimu di-ACC. Lama waktu yang dibutuhkan untuk memverifikasi pengajuanmu adalah paling cepat 1-3 jam atau paling lama 1×24 jam. Adapun untuk mengetahui status pengajuan pinjamanmu, kamu bisa mengeceknya secara berkala di halaman “Pusat informasi” :

cara pinjam uang di akulaku pengajuan berhasil
Status pengajuan pinjaman Akulaku
  1. Buka Akulaku dan lihat di pojok kanan atas pada ikon Bubble Chat ( Personal).
  2. Klik icon tersebut maka kamu akan diarahkan ke halaman “Pusat Informasi”. Pada halaman tersebut, pilih tab ‘Pemberitahuan’. Klik notifikasi yang tertera disana, jika sesuai harusnya tampilannya sama dengan halaman Dalam Proses.
  3. Disitulah Akulaku akan mengirimkan notifikasi perihal status pengajuan pinjamanmu.
  4. Cek secara berkala setiap 1 atau 2 jam.
  5. Jika pengajuan pinjamanmu diterima (berhasil), kamu akan mendapatkan notifikasi seperti pada Pengajuan Berhasil.

Kapan Dana Pinjaman Akulaku akan di Transfer?

Krediblog berusaha mencari keterangan tertulis yang membahas kapan dana pinjaman Akulaku akan ditransfer jika pengajuan diterima. Sayangnya tidak ditemukan dokumentasi mengenai hal tersebut. Ini tidak mengherankan, karena sejauh pengamatan Krediblog, Akulaku memang sangat kurang dalam sosialisasi produk. Namun untungnya itu tidak mempengaruhi mutu layanan dan produknya.

Lalu kapan dana pinjaman yang ditunggu-tunggu akan masuk ke rekening? ini jawabannya:

pinjaman akulaku ditransfer ke bank bca

Krediblog selesai melengkapi pengajuan pinjaman Akulaku pada pukul 16.14. Setelah melalui proses verifikasi, pada pukul 20.01 mendapatkan notifikasi bahwa pengajuan pinjaman berhasil. Dan sesaat setelah notifikasi tersebut, dana ternyata sudah masuk ke rekening BCA ( Dana diterima). Artinya proses pengajuan pinjaman Akulaku membutuhkan waktu sekitar 4 jam. Namun sepertinya durasi yang tergolong lama ini dikarenakan ini kali pertama Krediblog mengajukan pinjaman Dana Cicil. Sehingga tim Akulaku (Asetku) baru mendapatkan kelengkapan datanya. Untuk pinjaman berikutnya sangat mungkin proses pengajuan sampai dana diterima akan lebih cepat dari sebelumnya.

Pembayaran Cicilan

Cicilan pertama pinjaman tunai Akulaku, jatuh tempo setelah 30 hari dari tanggal pengajuan pinjaman. Krediblog mengajukan pinjaman  pada 24 Oktober 2019, itu berarti cicilan pertama jatuh tempo pada 24 September 2019, cicilan kedua pada 24 November 2019 dan cicilan ketiga (terakhir) pada 24 Desember 2019.

Adapun untuk channel pembayaran yang tersedia diantaranya: Bank BCA, Mandiri, BNI, BRI, Indomaret dan Alfamart. Akulaku sudah menggunakan Virtual Account, jadi ia akan Auto-detect setiap kali kamu melakukan pembayaran sehingga tidak dibutuhkan lagi konfirmasi pembayaran. Hanya saja nomor Virtual Account yang digunakan dinamis, sehingga selalu berubah-rubah setiap kali kamu ingin melakukan pembayaran. Konsekuensinya kamu harus selalu mencatat dan menyalinnya setiap kali akan melakukan pembayaran. Berbeda dengan Virtual Account statis dimana nomor Virtual Account tersebut akan terus kamu gunakan untuk pembayaran apapun dan kapanpun. Sehingga kamu cukup menyimpan satu nomor Virtual Account.

Denda Keterlambatan

Akulaku memiliki perhitungan yang unik terkait denda keterlambatan dalam membayar cicilan pinjaman tunai. Jika pada aplikasi pinjaman online lainnya, denda keterlambatan dihitung sekian persen dari besar pinjaman, tidak begitu dengan Akulaku. Akulaku menerapkan denda keterlambatan dengan nominal yang sudah ditentukan. Perhatikan tabel :

Lewat HariNominal Denda
5 hariRp 50.000
30 hariRp 125.000
60 hariRp 275.000
90 hariRp 450.000

Contoh kasus : Misalkan Krediblog yang seharusnya membayar cicilan pertama pada 24 September 2019 baru bisa melakukan pembayaran pada 8 Oktober 2019, atau terlambat selama 14 hari. Berdasar tabel diatas Krediblog akan dikenai denda keterlambatan sebesar Rp 50.000.

Catatan Pinjaman Akulaku

  • Transaksi pinjaman diatas Real dilakukan oleh Krediblog pada tanggal yang sudah disebutkan.
  • Detail proses bisa saja berbeda tergantung versi aplikasi yang digunakan dan waktu yang dipilih saat mengajukan pinjaman.
  • Lama waktu pengiriman dana (transfer) bisa juga berbeda tergantung jam dan hari yang dipilih.
  • Biasakan membaca setiap detail yang tertera sebelum melakukan klik, agar setiap rincian bisa dipahami dengan baik.
  • Jika ada masalah pada pengajuan pinjamanmu, segera koordinasikan dengan tim support Akulaku.

FAQ Pinjaman Akulaku yang Sering di Tanyakan

  1. Apa itu pinjaman Akulaku?
    Pinjaman Akulaku adalah pinjaman tunai yang diberikan oleh Akulaku yang bekerjasama dengan P2P Lending Asetku.
  2. Apa syarat pinjaman tunai di Akulaku?
    Untuk KTA Kilat tidak ada persyaratan. Sedangkan untuk pinjaman Dana Cicil kamu harus melewati skor kredit yang ditetapkan oleh Akulaku.
  3. Bagaimana cara pinjam uang di Akulaku?
    Ajukan, lengkapi dan tunggu. Ajukan pinjamanmu, lengkapi kelengkapan yang dibutuhkan dan tunggu pengajuanmu diterima.
  4. Kapan uang pinjaman Akulaku akan ditransfer?
    Paling cepat 1-4 jam dan paling lama 1 hari kerja.
  5. Bagaimana agar pinjaman Akulaku diterima?
    Lakukan transaksi rutin setiap bulannya di aplikasi Akulaku (apa saja) dan pastikan pembayaranmu tepat waktu alias tidak menunggak cicilan.
  6. Pinjaman tunai di Akulaku tidak bisa?
    Jika muncul error seperti, “Saat ini anda tidak dapat melakukan pinjaman Akulaku” atau error lain yang serupa, coba pastikan hal berikut:
    – Update aplikasi Akulaku ke versi terbaru
    – Pastikan limit saldo tersedia atau tidak sedang dalam cicilan pinjaman tunai yang sama
    – Memiliki skor kredit yang baik

Demikian Step by Step tutorial cara pinjam uang di Akulaku yang bisa kamu jadikan panduan untuk pengajuan pinjamanmu. Yang tidak kalah pentingnya adalah pastikan kamu memiliki kemampuan bayar sebelum memutuskan untuk meminjam atau pada saat memilih besaran cicilan. Jangan sandingkan kemudahan meminjam dengan kecerobohan menimbang kalau tidak ingin menghadapi masalah keuangan yang serius. Semoga tutorial cara pinjam uang di Akulaku ini bermanfaat.