Tempat Pinjam Uang Pribadi. Terdekat Tanpa Jaminan

Istilah tempat pinjam uang pribadi cukup ambigu. Apakah maksudnya tempat pinjam uang yang sumber dananya dari uang pribadi ataukah pinjaman uang untuk kebutuhan pribadi? Karena ketidakyakinan itu pada tulisan ini akan disertakan 2 kemungkinan itu.

Kebetulan Krediblog cukup banyak memiliki pengalaman dalam meminjam uang. Hampir semua keluarga pernah dipinjami dan banyak teman sudah dihutangi. Bahkan blog ini adalah perluasan dari pengalaman Krediblog dalam meminjam di aplikasi keuangan yang sangat populer 3 tahun belakangan ini. Jika kebetulan saat membaca ini kamu sedang mencari pinjaman, tidak ada salahnya mendengar masukan dari “praktisi” hutang.

Tempat Pinjam Uang Pribadi Terdekat

tempat pinjam uang pribadi terdekat

Terdekat berarti mudah dijangkau atau ada saat dibutuhkan. Tempat pinjam uang pribadi terdekat pilihannya antara lain :

1. Keluarga

Keluarga dan kerabat adalah pilihan pertama dan terbaik untuk hampir dalam segala hal, termasuk saat kamu membutuhkan pinjaman uang. Mulailah mencoba dari orang tua, kakak, adik hingga kerabat terdekat.

Meminjam kepada keluarga memiliki 2 kelebihan utama yang tidak dimiliki tempat lain. Yang pertama tidak adanya syarat & bunga dan yang kedua pembayaran yang fleksibel. Kamu bisa pinjam hari ini dan mendapatkan uangnya saat itu juga dengan pengembalian saat ada uang dengan nominal yang sama persis dengan nominal pinjaman.

Kekurangannya adalah karena sumbernya dari uang pribadi, mereka tidak selalu ada saat kita membutuhkan. Atau pada saudara yang pelit selalu dijawab dengan tidak ada uang. Meski tidak selalu berhasil sebaiknya mulailah mencari pinjaman dari keluarga.

2. Teman

Pilihan berikutnya adalah meminjam di teman. Teman ini mirip mirip dengan keluarga, maka sering kita dengar teman yang berucap, “Kamu sudah aku anggap keluarga sendiri”. Meminjam di teman juga tanpa bunga dan fleksibel.

Jika memiliki teman berpenghasilan besar yang baik hatinya semuanya bisa jadi pas. Pas lagi butuh dia minjemin, pas belum bisa bayar dia bisa ngertiin. Bukan cuma di film, pasti ada teman yang seperti itu di dunia nyata.

Kekurangan meminjam di teman selain belum tentu ada juga rawan konflik. Berapa banyak pertemanan yang putus karena masalah uang. Sampai ada yang berprinsip tidak mau meminjamkan uang kepada teman karena takut merusak pertemanan.

3. Aplikasi pinjaman Online

Tempat pinjam uang pribadi berikutnya adalah aplikasi pinjaman online. Ia dekat karena pengajuan bisa langsung dari Hp yang kamu pegang, sekarang juga. Dan tanpa jaminan karena konsepnya adalah KTA (kredit tanpa agunan).

Jika kamu butuh rekomendasi, ada nama-nama populer seperti Kredivo, Akulaku, JULO, Kredit Pintar, Tunaiku hingga SPinjam. Semua aplikasi tersebut sudah pernah direview di blog ini. Khusus nama yang terakhir itu adalah aplikasi belanja yang juga melayani pinjaman uang untuk kebutuhan pribadi. Yah, kamu bisa meminjam uang di aplikasi belanja Shopee. Plafon pinjamannya besar hingga 20 juta. Kamu bisa melihat panduannya disini : cara pinjam uang di Shopee.

Meminjam di aplikasi pinjaman bukan tanpa resiko, bahkan inilah tempat meminjam uang yang paling beresiko. Prosesnya melibatkan teknologi yang artinya duplikasi dan tersebarnya data pribadi sangat mungkin terjadi. Dan karena bisa dengan mudah diajukan, jika tanpa kontrol resiko terbesarnya adalah eskalasi tagihan, bunga hingga denda.

Tempat Pinjam Uang Pribadi dg Jaminan

tempat pinjam uang pribadi jaminan

Tempat pinjam uang pribadi diatas memang dekat dan tanpa jaminan, tetapi selain dananya tidak selalu ada juga ada resiko yang tidak semua orang mau menanggungnya. Jika ingin meminjam yang pasti adanya dengan resiko yang lebih terukur pinjamlah di lembaga keuangan resmi. Tapi harus menyertakan jaminan.

Tempat pinjam uang pribadi dengan jaminan :

1. Koperasi

Koperasi merupakan lembaga keuangan yang salah satu bentuk operasionalnya adalah meminjamkan uang. Jadi mereka memiliki sumber dana khusus untuk dipinjamkan kepada anggotanya.

Apakah meminjam di koperasi menggunakan jaminan? dalam bentuk agunan tidak. Namun karena syarat utamanya adalah harus menjadi anggota, maka keanggotaan itulah jaminannya. Kekurangan meminjam di koperasi adalah nominal pinjaman yang tidak bisa terlalu besar dan jumlah koperasi yang tidak banyak ditemukan.

2. Bank

Tempat meminjam uang terakhir jika kamu tidak cocok dengan semua pilihan sebelumnya adalah bank. Salah satu fungsi bank adalah meneyalurkan pinjaman kepada nasabah yang membutuhkan.

Bank memiliki sistem perhitungan yang paling mapan dibanding tempat meminjam lain. Mereka bisa menentukan berapa pinjaman yang pantas untuk seseorang secara Fair berdasarkan analisa histori kredit. Jadi setiap nasabah bisa mendapatkan pinjaman sejumlah yang bisa ia bayar bukan sebanyak yang ia butuhkan.

Kekurangan meminjam di bank adalah proses seleksinya yang ketat. Nasabah dengan histori kredit yang buruk kemungkinan besar pengajuan pinjamannya akan ditolak. Tanpa kompromi.

ARTIKER TERKAIT :

Catatan tempat pinjam uang pribadi

catatan oleh krediblog

Dimana tempat pinjam uang pribadi yang paling baik? tidak ada satu jawaban yang bisa memuaskan semua orang karena perbedaan preferensi. Bagi Krediblog sendiri lebih sering meminjam di aplikasi pinjaman online dibanding tempat manapun. Alasannya sederhana karena prosesnya mudah dan mereka memang sudah siap untuk dipinjami. Tinggal kita cari yang bunga dan biayanya masuk akal.

Sebenarnya tidak ada tempat meminjam uang yang paling baik karena setiap tempat memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Yang ada adalah tempat mana yang kelebihannya lebih kamu kejar dan kekurangannya bisa kamu terima. Jadi pilihlah tempat meminjam yang sesuai dengan profil keuanganmu.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar