Pinjaman Tanpa KTP. Dimana dan Apakah Mungkin?

Pinjaman tanpa KTP – Meminjam uang sesuai kebutuhan dan jika dilakukan di tempat yang tepat bisa menjadi solusi dari kesulitan ekonomi yang sedang mendera. Hal yang sering keliru adalah meminjam padahal tidak butuh, dengan jumlah yang melebihi kemampuan bayar dan meminjam di tempat yang salah. Sifat meminjam sendiri adalah netral. Siapa saja ada kala waktunya membutuhkan pinjaman dari orang lain. Ia berakhir baik maupun buruk sangat tergantung kemana kita mengarahkannya.

Mengapa Tidak Menggunakan KTP?

Pencarian pinjaman tanpa KTP tidak hadir tanpa alasan. Ia muncul salah satunya dari keresahan penyalahgunaan KTP yang pernah marak. Pada proses pengajuan pinjaman online yang mengharuskan KTP dan foto selfie, banyak yang berakhir dengan KTP yang beredar kemana-mana dan data pribadi yang disalahgunakan. Mereka yang mencari pinjaman tanpa harus menyertakan KTP adalah orang-orang yang menghindari masuk dalam lingkaran mafia KTP dan ini memang terjadi khususnya pada praktek pinjol ilegal.

Pinjaman Tanpa KTP Apa Mungkin?

Melihat fungsinya yang sangat esensial, pinjaman tanpa KTP nyaris mustahil. Pada transaksi pinjaman melalui lembaga keuangan formal membutuhkan keterangan seperti nomor identitas, nama pinjaman, alamat tempat tinggal, nomor telpon hingga jaminan yang sebagian dari data terdapat pada KTP. Meniadakan KTP berarti informasi-informasi yang dibutuhkan tersebut tidak bisa terpenuhi. KTP juga sekaligus menjadi validitas informasi yang disampaikan peminjam. Singkat kata, transaksi pinjaman tidak bisa dilanjutkan jika syarat-syarat yang dibutuhkan tidak tersedia.

Meminjam uang tanpa menyertakan KTP hanya bisa dilakukan kepada tetangga, teman atau saudara. Itupun peniadaan KTP bukan karena tidak dibutuhkan melainkan karena mereka sudah mengenal kita, tahu dimana kita tinggal dan paham harus menghubungi kemana jika ingin melakukan penagihan. KTP sebagai identitas akan selalu digunakan tidak saja untuk kebutuhan pinjaman melainkan pada nyaris pada transaksi apapun yang melibatkan informasi diri.

Aplikasi Pinjaman Tanpa KTP

aplikasi pinjaman tanpa ktp

Karena tidak mungkin terjadi transaksi tanpa melibatkan KTP, dengan sendirinya tidak ada aplikasi pinjaman tanpa KTP. Terlebih pinjaman online yang diajukan tanpa jaminan, maka satu-satunya jaminan yang mereka pegang adalah data diri si peminjam. Maka KTP tidak saja penting melainkan syarat mutlak untuk terjadinya transaksi.

Kamu yang sedang mencari pinjaman namun tidak ingin menyertakan KTP dalam prosesnya harus mencoba jalan lain. Karena KTP sifatnya mutlak, salah satu cara yang bisa ditempuh adalah melakukan pinjaman pada instansi terpercaya. Yang ketika kita memberikan KTP mereka akan menjaganya karena merupakan privasi milik pengguna. Apakah ada instansi keuangan seperti itu? Ada, bahkan pada semua lembaga keuangan yang berizin resmi perlindungan privasi menjadi bagian dari SOP. Salah satu lembaga keuangan Fintech yang terbukti menjaga privasi penggunanya adalah JULO. Mereka menerapkan pengalaman berlapis pada proses pengajuan sehingga pengguna yang menggunakan data diri palsu akan sulit mendaftar. Kamu bisa membaca ulsan lengkapnya di Julo review.

Catatan

Sebenarnya penyalahgunaan KTP tidak terjadi pada area pinjaman saja. Ia bisa terjadi pada transaksi apapun yang melibatkan KTP pada prosesnya. Poinnya bukan pada transaksi apa yang kamu lakukan melainkan kepada siapa transaksi tersebut terjadi. Jika kamu sembarangan mensubmit data pribadi pada lembaga yang tidak jelas kredibilitasnya, maka hal buruk bisa terjadi.

KTP adalah hal penting yang harus kamu jaga keamanannya. Jangan sembarangan memberikannya jika kamu tidak mengetahui untuk tujuan apa permintaan tersebut. Meski bermodal KTP saja kejahatan belum bisa langsung terjadi namun dengannya berpotensi membuka pintu lainnya. Jadi jaga KTP mu.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar