Cara Ambil Uang di ATM BCA Tanpa Kartu. Ambil Uang Cardless

Kamu bisa ambil uang di ATM BCA tanpa kartu. Datang ke mesin ATM, masukkan kode transaksi dan uang akan keluar sejumlah yang diminta. Tidak ada lagi cerita batal ambil tunai gara-gara tidak bawa kartu ATM atau penyebab yang lebih sering : dompet ketinggalan di rumah.

Karena permintaan penarikan tunai dilakukan dari mobile banking, maka syarat utama untuk bisa melakukan tarik tunai BCA secara Cardless adalah sudah melakukan aktivasi mobile banking. Jika ingin menggunakan aplikasi m banking terbaru kamu bisa melihat panduan aktivasinya disini : Cara aktivasi myBCA.

Untuk alasan kelengkapan, panduan ini panjang dan mendetail. Tujuannya agar mudah dipahami pengguna paling awam sekalipun. Namun tersedia juga menu daftar isi untuk yang ingin langsung ke bagian tertentu.

Tutorial cara ambil uang di ATM BCA tanpa kartu

  1. Buka m Banking BCA
  2. Pilih menu Cardless
  3. Pilih Tarik Tunai
  4. Pilih nominal penarikan
  5. Masukkan PIN
  6. Siapkan Kode Transaksi
  7. Kunjungi ATM BCA
  8. Pilih menu Transaksi Tanpa Kartu
  9. Masukkan nomor Handphone
  10. Masukkan Kode Transaksi
  11. Tunggu proses transaksi
  12. Ambil uang

1. Buka m Banking BCA

step 1 ambil uang di atm bca tanpa kartu buka m banking

Langkah pertama untuk ambil uang di ATM BCA tanpa kartu adalah melakukan Request penarikan di mobile banking BCA. Menu Cardless ini tersedia baik di aplikasi lama (BCA mobile) maupun yang baru (myBCA).

Buka aplikasi mobile banking BCA sampai halaman utama (Beranda) dimana semua menu tersedia.

2. Pilih menu Cardless

step 2 ambil uang di atm bca tanpa kartu pilih menu cardless

Pada daftar menu yang tersedia pilih “Cardless”. Nama menu untuk melakukan request penarikan adalah Cardless yang artinya tanpa kartu.

Pada BCA mobile menu ini ada di halaman Home di bagian kiri tengah. Sedang jika menggunakan myBCA menu Cardless ada di Beranda di bagian menu utama. Jika tidak muncul di halaman Beranda klik opsi ‘Lainnya' untuk menampilkan semua menu.

3. Pilih Tarik Tunai

step 3 pilih tarik tunai

Pilih menu “Tarik Tunai”.

Ada beberapa jenis sub menu pada Cardless. Yaitu Tarik Tunai, Setor Tunai, Cabang (BCA mobile), Transaksi Cabang dan Daftar Kode Transaksi (myBCA). Karena kebutuhan kali ini adalah untuk melakukan penarikan uang tunai maka pilih opsi yang pertama.

4. Pilih nominal penarikan

step 4 ambil uang di atm bca tanpa kartu pilih nominal penarikan

Sebelum menentukan berapa nominal penarikan yang akan dilakukan, pilih dahulu Sumber Dananya. Ini dimaksudkan dari rekening mana penarikan uang akan dilakukan. Jika hanya ada satu rekening yang terdaftar di mobile banking BCA maka rekening tersebut akan terpilih secara otomatis.

Pilih atau tentukan nominal penarikan uang.

Ada beberapa nominal penarikan yang bisa kamu pilih, diantaranya Rp 50.000, Rp 100.000, Rp 150.000, Rp 250.000 dan Rp 500.000. Jika menghendaki nominal lain silahkan masukkan jumlahnya dalam kelipatan 50 ribu pada menu ‘Nominal Lain. Nominal penarikan maksimal yang bisa dilakukan adalah Rp 1.250.000 untuk BCA mobile namun bisa lebih jika menggunakan myBCA.

5. Masukkan PIN

step 5 ambil uang di atm bca tanpa kartu masukkan pin

Masukkan PIN untuk autentikasi transaksi.

Untuk ambil uang di ATM BCA tanpa kartu, permintaan PIN hanya akan diminta pada saat request penarikan (di mobile banking). PIN tidak akan diminta pada saat proses penarikan uang di mesin ATM.

6. Siapkan Kode Transaksi

step 6 ambil uang di atm bca tanpa kartu siapkan kode transaksi

Simpan Kode Transaksi untuk proses di mesin ATM nanti.

Request penarikan yang sukses ditandai dengan mendapatkan Kode Transaksi. Yaitu sebuah kode unik yang berjumlah 6 digit. Agar prosesnya tidak kelamaan saat di depan mesin ATM nanti, simpanlah kode ini di tempat yang mudah untuk ditemukan. Cara mudahnya adalah dengan melakukan screenshot untuk kemudian tinggal mencarinya di galeri.

7. Kunjungi ATM BCA

step 7 kunjungi mesin atm terdekat

Kunjungi mesin ATM BCA terdekat.

Berbeda dengan setor tunai yang harus mencari mesin ATM jenis CRM (Cash Recycle Machine), untuk tarik tunai tanpa kartu kamu bisa melakukannya di ATM BCA mana saja. Semua mesin ATM BCA sudah mendukung layanan tarik tunai Cardless.

8. Pilih menu Transaksi Tanpa Kartu

step 8 pilih transaksi tanpa kartu

Pilih menu “Transaksi Tanpa Kartu”.

Saat sudah berada di depan mesin ATM BCA tunggu layar menampilkan menu Transaksi Tanpa Kartu. Itu adalah layar menu paling awal dimana pengguna memasukkan kartu ATM mereka. Perhatikan tulisan “Silahkan Masukkan Kartu Anda”, menu Transaksi Tanpa Kartu ada di pojok kanan bawah. Jika layar tersebut belum tampil tunggu sampai mesin ATM menampilkannya.

Baca juga : Cara bayar listrik lewat myBCA

9. Masukkan nomor Handphone

step 9 ambil uang di atm bca tanpa kartu masukkan nomor handphone

Masukkan nomor Handphone yang terdaftar di m Banking BCA.

Kamu tidak akan diminta untuk memasukkan kartu ATM melainkan nomor Hp yang terdaftar di m Banking BCA. Masukkan nomor tersebut dikuti dengan menekan tombol “Benar” untuk melanjutkan.

10. Masukkan Kode Transaksi

step 10 ambil uang di atm bca tanpa kartu masukkan kode transaksi

Masukkan Kode Transaksi yang kamu dapat sebelumnya.

Kode Transaksi yang kamu dapat pada langkah ke-6 di atas akan digunakan sekarang. Masukkan 6 digit kode tersebut dengan tepat dan lanjut dengan menekan tombol “Benar”.

11. Tunggu proses transaksi

step 11 ambil uang di atm bca tanpa kartu transaksi diproses

Tunggu mesin ATM memproses transaksi.

Kode transaksi yang kamu masukkan sebelumnya adalah verifikator transaksi pengganti PIN. Jika sesuai maka proses ambil uang di ATM BCA tanpa kartu akan langsung diproses oleh mesin. Tunggu prosesnya berlangsung.

12. Ambil uang

step 12 ambil uang yang keluar di atm bca tanpa kartu

Ambil uang yang keluar.

Mesin ATM akan mengeluarkan uang sejumlah penarikan yang kamu request. Uang akan keluar melalui slot atau Shutter tergantung jenis mesin ATM yang digunakan.

Baca juga : Cara mengaktifkan biometrik di myBCA

Catatan ambil uang di ATM BCA tanpa kartu

catatan krediblog

Ingat 3 aturan penting untuk ambil uang di ATM BCA tanpa kartu. Pertama adalah penarikan hanya bisa dilakukan setelah pengguna melakukan request di mobile banking. Kedua masa berlaku Kode Transaksi adalah selama 24 jam. Jika kode keluar pada 12 Februari 2024 09:00, maka gunakan sebelum jam 9 pagi keesokan harinya.

Aturan yang terakhir jika menggunakan BCA mobile maka penarikan maksimal yang bisa kamu lakukan adalah Rp 1.250.000 sedang pada myBCA tidak dibatasi. Namun untuk penarikan di atas Rp 1.250.000 karena jumlah uangnya yang banyak hanya bisa dilakukan di mesin ATM dengan pecahan Rp 100.000 atau di mesin ATM Setor Tarik.

Meski Krediblog sendiri jarang menggunakan fitur ambil uang di ATM BCA tanpa kartu ini namun bisa merasakan manfaat besarnya. Transaksi penarikan tunai tidak lagi terikat pada keberadaan kartu ATM yang seringkali berada di tas atau dompet yang beresiko hilang atau tertinggal. Sekaligus menegaskan betapa makin penting dan multifungsinya keberadaan Smartphone sekarang ini.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram