Aktivasi BSI Mobile Gagal. Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sebelum ini Krediblog sudah terlebih dulu menulis panduan Cara aktivasi BSI Mobile tanpa ke Bank. Disitu dijelaskan step by step cara melakukan aktivasi yang prosesnya dilakukan secara online dan bisa selesai dalam 15 menit. Postingan kali ini spesifik membahas penyebab aktivasi BSI Mobile gagal dan cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Proses pendaftaran maupun aktivasi yang dilakukan secara online adalah sebuah kemudahan. Ada fleksibilitas waktu disitu. Namun kendala yang sering muncul sering kali berhubungan dengan hal-hal teknis. Jenis masalah yang bagi pengguna awan cukup merepotkan.

Penyebab Aktivasi BSI Mobile Gagal dan Solusinya

  1. Face Recognition gagal terus
  2. SMS aktivasi tidak terkirim
  3. Pulsa SMS tidak mencukupi
  4. Kode aktivasi Expired
  5. Nomor Hp di blokir
  6. Data tidak sesuai

1. Face Recognition gagal terus

aktivasi bsi mobile gagal karena face recognition

Merupakan penyebab aktivasi BSI Mobile gagal yang Krediblog rasakan paling menganggu. Sebabnya adalah sistem BSI tidak mengenali gerakan wajah yang sudah tampil di kamera. Sudah senyum, lirik kanan kiri, buka mulut namun aplikasi tidak merespon. Efeknya proses aktivasi tidak bisa dilanjutkan karena tahapan Face Recognition belum complete.

Solusi pertama yang bisa ditempuh adalah menaikkan kecerahan HP. Atur kecerahan ke level maksimal. Jika masih bermasalah cobalah pindah lokasi. Cari area dengan pencahayaan yang lebih baik dari sebelumnya. Krediblog sendiri sampai harus keluar rumah pada proses Face Recognition ini.

2. SMS aktivasi tidak terkirim

Menjadi penyebab paling umum namun jarang disadari. Proses aktivasi mobile banking mengharuskan nomor HP terdaftar mengirimkan SMS sebagai verifikasi identitas. SMS ini penting karena menunjukkan di device mana aplikasi BSI Mobile akan di aktifkan. Kegagalan pada proses ini seringnya disebabkan oleh pengiriman SMS yang gagal.

Berdasarkan pengalaman pengguna, sumber masalah SMS yang gagal terkirim adalah aplikasi SMS yang digunakan. Solusinya kirim SMS menggunakan pengirim SMS Default atau aplikasi SMS bawaan HP. Untuk sementara uninstal atau nonaktifkan pengirim SMS dari aplikasi pihak ketiga.

3. Pulsa SMS tidak mencukupi

aktivasi bsi mobile gagal karena pulsa tidak cukup

Karena proses pengiriman pesan membutuhkan biaya, maka SMS tidak akan terkirim saat tidak tersedia pulsa yang cukup. Mungkin di notifikasi menunjukkan pengiriman sukses namun jika pulsa tidak mencukupi pesan yang kamu kirim tidak akan sampai ke BSI.

Biaya pengiriman SMS mengikuti tarif operator yang digunakan. Pada proses aktivasi yang lancar hanya butuh 1 kali pengiriman SMS, artinya pulsa Rp 2.000 sudah cukup. Namun untuk berjaga-jaga sebaiknya siapkan pulsa minimal Rp 5.000 sebelum mulai proses aktivasi.

4. Kode aktivasi Expired

Aktivasi BSI Mobile gagal juga bisa disebabkan oleh kode aktivasi yang expired. Pada proses aktivasi ulang (aktivasi kedua, ketiga dst), melibatkan proses permintaan kode aktivasi. Kode ini akan dikirimkan ke nomor Hp terdaftar dan harus dimasukkan sebelum proses aktivasi dimulai. Kode yang ditolak biasanya disebabkan karena kode tersebut sudah expired.

Kode aktivasi berlaku selama 1 jam sejak dikirimkan. Jika lewat dari durasi tersebut kode akan kadaluarsa dan harus melakukan permintaan kode baru. Solusinya adalah segera gunakan kode aktivasi begitu diterima. Jangan lagi menundanya karena ia memiliki masa berlaku.

5. Nomor Hp di blokir

Termasuk penyebab yang jarang terjadi namun ada beberapa pengguna yang mengalaminya. Ia adalah nomor Hp terblokir dengan pesan error, “Nomor Anda diblokir, hubungi Customer Service atau Bank Syariah Indonesia Call di 14040”. Ini terjadi pada nomor Hp yang terus-terusan meminta kode aktivasi. Sebagai pencegahan sistem keamanan BSI memblokirnya.

Cara untuk mengatasinya adalah dengan menguhubungi Call Center BSI di nomor yang tertera. Setelah proses verifikasi data diri blokir nomor akan dibuka dan nomor bisa digunakan kembali. Sebagai langkah pencegahan jangan meminta kode aktivasi dalam jarak berdekatan dan lebih dari 3 kali dalam sehari.

6. Data tidak sesuai

error data tidak sesuai

Error data menjadi penyebab aktivasi BSI Mobile gagal yang paling jarang kasusnya. Ditandai dengan pesan error, “Verifikasi diri Anda belum berhasil. Anda bisa mencoba beberapa saat lagi”, atau pesan error yang menyebut, “data diri tidak sesuai”. Tidak perlu panik, karena menurut Krediblog ini error teknis kegagalan sistem dalam melakukan validasi data. Dan tidak selalu berarti ada datamu yang salah atau semacamnya.

Coba lakukan aktivasi lagi 15 – 30 menit kemudian. Atau jika sudah mencoba 2 kali di hari yang sama, coba lagi keesokan harinya. Jadi jika yang error adalah sistem validasi BSI, besoknya mungkin sudah normal kembali.

7. All in One Solution

Selain penyebab umum yang disebutkan diatas ada juga penyebab gagal aktivasi lainnya dengan pesan error yang beragam. Dari mulai permintaan tidak diproses, permintaan kehabisan waktu maupun variasi pesan error lainnya. Setiap pengguna akan mendapatkan pesan error yang spesifik sesuai masalahnya.

Solusi dari gagal aktivasi dengan pesar error-pesan error tersebut maupun penyebab lain yang membuatmu pusing dan stress adalah dengan menghubungi Call Center BSI atau mendatangi kantor cabang bank BSI terdekat. Itu adalah solusi paling mudah dan dijamin menyelesaikan masalah. Pastikan kamu mengecek jam operasional bank BSI sebelum berkunjung.

Baca juga : ATM setor tunai BSI terdekat

Catatan aktivasi BSI Mobile gagal

catatan aktivasi bsi mobile gagal

Aktivasi BSI Mobile yang gagal dan harus mencoba beberapa kali semoga tidak merusak pengalaman program inovasi digital yang sedang dikampanyekan oleh Bank Syariah Indonesia. Jika kebetulan kamu menemukan satu atau dua kekurangan harap maklum dan sabar karena mereka pasti akan segera memperbaikinya.

Namun jika merujuk pengalaman Krediblog dalam melakukan aktivasi mobile banking BSI yang berjalan lancar, secara umum dukungan sistem BSI sudah baik. Tinggal disempurnakan dibagian yang masih banyak dikeluhkan.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram