Cara Menabung Uang Jajan 2000 Untuk Beli Hp. Bisa?

Pernahkah kamu mendengar istilah sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit? Cara menabung uang jajan 2000 juga bisa kamu terapkan untuk merealisasikan istilah tersebut. Mendapatkan uang jajan memang menjadi kesenangan tersendiri, tetapi apa salahnya mulai menabung. Meskipun kamu tidak memiliki keharusan menghidupi diri kamu sendiri, tetapi kebiasaan menabung bisa membuahkan hasil yang memuaskan.

Menabung tidak harus menggunakan jumlah uang yang besar, karena jika dipaksakan justru mempersulit kebutuhan. Kamu bisa memulainya dari nominal yang kecil, jika dilakukan secara rutin maka bisa menghasilkan jumlah uang yang besar. Terlebih jika kamu memiliki keinginan tertentu, misalnya untuk membeli hp. Meskipun terkesan mustahil menabung 2000 per hari untuk membeli hp. Tetapi banyak orang yang sudah berhasil merealisasikannya. Asalkan kamu benar-benar melakukannya secara teratur, hal tersebut bukanlah suatu yang mustahil.

7 Cara Membeli HP Dari Uang Jajan

tutorial cara menabung uang jajan 2000

Berikut ini cara yang bisa kamu terapkan untuk membeli hp dengan cara menabung uang jajan 2000.

Cara membeli Hp dari uang jajan. Bisa dipraktekkan untuk uang jajan 2.000, 5.000, 10.000 maupun 20.000.

  1. Tentukan Tipe Hp yang Akan Dibeli

    Cara menabung uang jajan 2000 untuk beli hp yang pertama adalah menentukan tipe hp yang akan dibeli. Dengan mengetahui target yang akan dicapai, kamu bisa mulai menentukan berapa nominal yang harus disisihkan.

    Tetapi perlu diingat bahwa pilihlah yang memang sesuai kebutuhan, sehingga usaha kamu untuk mencapainya menjadi tidak sia-sia. Kamu juga bisa membeli hp dengan harga yang relatif terjangkau, sehingga kamu tidak harus menabung dengan durasi yang terlalu lama.

  2. Langsung Tabung Jika Dapat Uang 2000

    Tiap kali kamu mendapatkan uang sebesar 2000 rupiah, langsung kamu alokasikan ke tabungan. Sehingga kamu tidak terburu-buru menggunakannya untuk suatu hal yang tidak penting. Terlebih nominal yang sangat kecil ini sering kali disepelekan jika menggunakannya.

    Cara ini terbilang efektif, sebab kamu tidak akan terbebani. Bahkan kamu sendiri tidak akan menyadari jika tabungan yang kamu kumpulkan sudah bertambah banyak.

  3. Buat Tabel Menabung

    Kamu bisa mulai menabung dengan kelipatan sebanyak 2000 rupiah menggunakan tabel yang diisi secara rutin. Keharusan kamu mengisi tabel tersebut akan menjadi kebiasaan bagi diri sendiri untuk menyisihkan 2000 setiap harinya. Sehingga uang akan lebih cepat terkumpul.

    Katakanlah kamu ingin menabung uang sebanyak 1,5 juta rupiah, kamu harus membuat tabel sebanyak 750 kolom. Kolom ini harus disesuaikan jumlah targetnya. Jangan lupa untuk menambahkan target yang ingin dicapai di atas tabel agar kamu terpacu untuk terus mengisinya.

    Di sini kamu diharuskan untuk menabung 750 kali untuk mendapatkan uang yang diinginkan. Kamu juga bisa menabung beberapa kali lipat dari kelipatan awal untuk mempercepat pencapaian target. Tetapi pastikan kamu menabung dengan kelipatan uang 2000 agar mudah menghitungnya. 

    Kelipatan tersebut juga bisa difungsikan untuk menutup hari yang sekiranya tidak memungkinkan bagi kamu untuk menabung. Kamu juga bisa mengalkulasikan menabung 2 ribu setahun dapat berapa. Asumsi bahwa satu tahun adalah 365 hari, artinya 730 ribu. 

  4. Jangan Beli yang Tidak Penting

    Cara menabung uang jajan 2000 selanjutnya yaitu dengan menghindari untuk membeli sesuatu tidak penting. Sebab pengeluaran tersebut justru hanya membuat nominal pengeluaran membengkak, sehingga mempersulit proses kamu menabung.

    Kebiasaan ini bisa membuat kamu mengambil uang yang sudah repot-repot kamu kumpulkan selama ini. Sebisa mungkin kamu harus bisa menahan diri dengan mengingat target kamu mengumpulkan uang untuk apa.

  5. Tidak Menyepelekan Uang Receh

    Sering kali uang receh banyak disepelekan, bahkan cenderung asal menaruhnya. Misalnya di atas meja kemudian kamu lupa menaruhnya dimana. 

    Meskipun uang receh memiliki nominal yang kecil tetapi menyimpannya juga bisa menambah tabungan kamu. Ingat bahwa prinsip menabung sedikit-sedikit lama-lama bisa menjadi bukit.

  6. Menggunakan Celengan

    Salah satu strategi untuk mempercepat tabungan adalah menggunakan celengan yang sulit dibuka. Hal ini memungkinkan kamu tidak bolak-balik mengambil uang tabungan. Misalnya ketika sedang butuh uang receh kemudian menyepelekan dengan mengambil uang tabungan. Padahal kebiasaan ini tidak akan membuat tabungan bertambah banyak.

    Pertimbangkan untuk menggunakan celengan agar kamu merasa malas untuk membukanya. Sehingga kamu memiliki kecenderungan untuk memilih tidak mengambilnya meskipun sedikit.

  7. Tabung di Sekolah

    Menabung di sekolah juga bisa menjadi alternatif agar kamu tidak mengutak-atik uang tabungan yang sudah dikumpulkan. Sebab biasanya sekolah akan membagikan uang hasil tabungan selama setahun sekali. 

    Tentu saja kamu akan merasa sungkan untuk mengambil uang tabungan kamu lebih dulu daripada teman-teman lain. Sehingga mau tidak mau kamu akan mengikuti aturan yang diberlakukan.  Kamu juga tidak perlu malu jika menyetorkan uang tabungan dengan nominal yang kecil. Atau untuk mengakalinya, kamu bisa mengumpulkan sendiri terlebih dahulu barulah disetorkan ke sekolah.

Itulah beberapa cara menabung uang jajan 2000 untuk membeli hp yang paling simpel dan mudah diterapkan.

Cara Alternatif Membeli HP Dari Uang Jajan

Jika menabung uang jajan 2.000 terasa sangat lama dan harga Hp sudah lebih mahal lagi, pertimbangkan untuk menggunakan layanan Paylater. Dengan paylater kamu bisa mendapatkan Hp nya sekarang dan membayarnya secara mencicil tiap bulan. Hampir mirip dengan konsep menabung hanya bedanya kamu sudah lebih dulu mendapat Hp nya.

Beberapa layanan paylater berikut bisa kamu coba :

  • Kredivo : Beli Hp kredit di hampir semua marketplace dan toko online
  • Akulaku : Pilihan kedua terbaik
  • Shopee Paylater : Khusus untuk membeli Hp di Shopee.
  • JULO : Pendatang baru dengan kualitas oke punya
  • Indodana Paylater : Alternatif jika tidak cocok dengan nama-nama sebelumnya

Meski paylater bisa sangat membantu, penggunaan yang tidak tepat guna beresiko tagihan macet bahkan gagal bayar. Maka kecuali kamu membutuhkan Hp nya segera, jalur menabung masih jauh lebih baik.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar