Cara Bayar Listrik Lewat BSI Mobile. Tagihan Lunas Dalam 3 Menit

Ada banyak pilihan dalam membayar tagihan listrik. Kamu bisa bayar di konter pembayaran, minimarket atau yang paling umum membayar melalui aplikasi PPOB. Atau jika kamu memiliki rekening bank yang sudah terhubung dengan mobile banking, bisa juga membayar dari situ. Hampir semua m banking dari setiap bank menyediakan menu pembayaran tagihan. Termasuk jika kamu nasabah Bank Syariah Indonesia, kamu bisa bayar listrik lewat BSI Mobile.

Pastikan kamu sudah melakukan aktivasi BSI Mobile sebelum memulai. Karena hanya pengguna yang sudah terdaftar dan melakukan aktivasi yang bisa menggunakan fitur-fitur di mobile bangking BSI.

Tutorial Cara Bayar Listrik Lewat BSI Mobile

tutorial cara bayar listrik lewat bsi mobile

Di mobile banking BSI sudah disediakan menu khusus untuk membayar tagihan listrik PLN baik itu Postpaid maupun Non Taglis. PLN Postpaid adalah tagihan listrik pascabayar dimana kamu menggunakan listriknya dulu untuk kemudian membayar tagihannya ditanggal jatuh tempo (tanggal 20 setiap bulan). Sedangkan PLN Non Taglis adalah tagihan diluar tagihan pascabayar maupun sistem token.

Pengguna normal akan menggunakan PLN Postpaid atau token karena PLN Taglis khusus untuk pengguna yang sedang mengurus administrasi dengan PLN. Untuk pembelian token listrik tutorialnya bisa kamu lihat disini : cara beli token listrik di BSI Mobile. Sedang berikut ini adalah tutorial step by step untuk pembayaran listrik sistem tagihan.

Waktu yang dibutuhkan: 3 menit

Cara bayar listrik lewat BSI Mobile :

  1. Buka BSI Mobile

    Jalankan aplikasi BSI Mobile sampai di halaman menu utama.step 1 buka bsi mobile untuk bayar listrik

  2. Pilih Bayar

    Pada daftar menu tertera pilih “Bayar”.step 2 pilih bayar

  3. Pilih PLN Postpaid

    Pada halaman pembayaran pilih PLN Postpaid.step 3 pilih postpaid bayar listrik lewat bsi mobile

  4. Masukkan ID Pelanggan

    Masukkan nomor ID Pelanggan PLN.step 4 masukkan id pelanggan pln

  5. Masukkan PIN

    BSI Mobile akan meminta PIN sebelum memproses permintaan.step 5 masukkan pin

  6. Cek detail

    Cek detail transaksi yang tertera. Pastikan nomor ID Pelanggan dan atas nama pemilik sesuai. Jika sudah sesuai klik “Selanjutnya”.step 6 cek detail bayar listrik lewat bsi mobile

  7. Tunggu proses

    BSI akan memproses transaksimu. Tunggu sampai selesai.step 7 tunggu proses

  8. Bayar listrik berhasil

    Pembayaran listrik sudah berhasil dilakukan. Kamu akan mendapatkan struk atau bukti transaksi.step 8 bayar listrik lewat bsi mobile berhasil

Proses pembayaran listrik melalui mobile banking BSI diproses secara instan. Jika dalam prosesnya kamu mengalami kendala segera hubungi Call Center BSI untuk konsultasi dan bantuan penanganan.

Biaya admin bayar listrik di BSI

Berapa biaya admin bayar listrik lewat BSI Mobile? Kamu akan dikenakan biaya admin sebesar Rp 3.000 untuk setiap transaksi. Biaya admin bank ini akan ditambahkan ke total tagihan listrik. Jadi jika tagihan listrikmu adalah Rp 300.000 misalnya, maka berikut biaya admin akan menjadi Rp 303.000.

Biaya admin yang diterapkan BSI ini kurang lebih sama dengan pembayaran listrik via mobile banking bank lain. Biaya admin sedikit lebih murah (yaitu sekitar Rp 2.500) untuk pembayaran melalui minimarket dan aplikasi PPOB.

Cara cek listrik sudah dibayar atau belum

cak tagihan listrik melalui mobile banking

Untuk kamu yang sering lupa tagihan listrik sudah dibayar atau belum atau mau bayar tapi takut pembayarannya dobel lakukan cara ini. Bayar listrik seperti cara di atas dan lihat respon balasan dari BSI. Untuk tagihan yang belum dibayar maka BSI akan menunjukkan jumlah tagihannya. Nominal tagihan yang muncul menunjukkan tagihan listrikmu belum dibayar.

Tapi jika kamu sudah membayar sebelumnya yang akan muncul adalah notifikasi bertuliskan, “Tagihan sudah terbayar”. Dan kamu tidak akan bisa melanjutkan transaksi tersebut. Jadi tidak perlu takut pembayaranmu akan dobel karena secara sistem itu tidak akan terjadi.

Catatan bayar listrik pakai BSI Mobile

catatan bayar listrik pakai bsi mobile

Dibanding membayar melalui minimarket dan aplikasi PPOB, bayar listrik lewat BSI Mobile jelas lebih praktis. Kamu tidak harus repot keluar rumah karena pembayaran bisa dilakukan bahkan sambil rebahan di kamar. Pembayaraan listrik yang sebentar itu bisa kamu lakukan di sela-sela kesibukanmu.

Dan meski penggunaan aplikasi PPOB sama mudahnya tetapi karena mengharuskan pengisian saldo terlebih dahulu dari mobile banking, mending transaksi pembayaran dilakukan sekalian di m bankingnya. Jadi kamu hanya menggunakan satu aplikasi saja dan tidak perlu menginstal aplikasi pembayaran lain yang hanya dipakai sekali sebulan.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar