Cara Top Up DANA Lewat BSI Mobile Terupdate. Bukan Transfer

DANA adalah aplikasi dompet digital itu artinya maksud dari transfer BSI ke DANA adalah dalam rangka isi saldo dompet. Namun bisa juga dalam rangka pembayaran. Misal kamu membeli sesuatu secara online dan Seller menghendaki pembayaran dilakukan via DANA. Meski begitu transaksi ini tetap masuk ke dalam kategori isi saldo hanya saja ke nomor orang lain. Baik ke nomor sendiri maupun ke nomor teman, saudara atau bahkan orang lain, jika kamu nasabah Bank Syariah Indonesia kamu bisa melakukan top up DANA lewat BSI Mobile.

Untuk bisa menggunakan mobile banking BSI, kamu sudah harus terdaftar dan melakukan aktivasi. Caranya mudah dan bisa dilakukan secara online tanpa perlu mendatangi kantor cabang BSI. Panduan lengkapnya bisa kamu lihat disini : cara aktivasi BSI Mobile.

Transfer BSI ke DANA Tidak Bisa Dilakukan

cara transfer bsi ke dana

Sebelum menulis ini Krediblog beneran melakukan transfer yang dimaksud. Yang pertama adalah dengan cara melalui menu transfer. Yang sayangnya cara ini tidak bisa dilakukan karena selalu muncul error.

Cara transfer yang biasanya dilakukan

Jika mencari di internet ada banyak sekali panduan cara transfer BSI ke DANA yang bisa kamu temukan. Salah satunya sebagai berikut.

Cara transfer BSI ke DANA yang biasa dilakukan :

  1. Buka aplikasi BSI Mobile dan pilih menu Transfer
  2. Pilih Transfer ke Bank Lain
  3. Tentukan rekening debit, metode dan jenis transfer
  4. Bank tujuan pilih Bank Permata
  5. Pada nomor rekening tujuan masukan format 8528 + nomor DANA. Contoh: 8528081234567890.
  6. Masukan nominal pengisian dan masukan PIN BSI Mobile
  7. Cek detail transaksi yang tertera. Jika sudah sesuai klik Selanjutnya
  8. Transfer BSI ke DANA berhasil

Percobaan yang Krediblog lakukan berhenti dilangkah nomor 7. Setelah memasukkan nomor rekening muncul notifikasi, “U136 Pre-Authorization Bank Account Check Failed”. Yang jika diartikan secara umum nomor rekening tujuan salah atau invalid. Dicoba beberapa kali tetap juga salah. Bahkan mencoba dengan format lain yaitu 013 + nomor DANA, tetap muncul error yang sama.

Dugaan Krediblog cara ini tidak bisa lagi digunakan. Terlebih BSI Mobile versi baru memang tidak bisa digunakan untuk mentransfer ke rekening virtual account (baca : transfer virtual account di BSI Mobile)

Biaya admin lebih mahal

Andaipun cara transfer di atas bisa dilakukan, biaya admin yang dibebankan terbilang mahal. Kamu akan dikenakan biaya admin Rp 2.500, Rp 2.900 atau Rp 6.500 tergantung metode transfer yang dipilih. Biaya admin yang mahal ini dikarenakan jalur yang digunakan adalah transfer antar bank sehingga tarif yang digunakan adalah transfer ke bank lain.

Tutorial Cara Top up DANA Lewat BSI Mobile

tutorial cara top up dana lewat bsi mobile

Cara top up DANA lewat BSI Mobile versi baru adalah melalui menu TopUp eWallet yang sudah disediakan. Selain DANA melalui menu ini kamu bisa melakukan top up beragam dompet digital populer lain seperti LinkAja, LinkAja Syariah, Gopay, OVO, ShopeePay juga Pospay. Berikut tutorial step by step-nya.

Waktu yang dibutuhkan: 3 menit

Cara top up DANA lewat BSI Mobile :

  1. Buka BSI Mobile

    Jalankan aplikasi BSI Mobile hingga terbuka halaman utama. step 1 buka bsi mobile untuk top up dana

  2. Pilih TopUp eWallet

    Pilih menu TopUp eWallet pada deretan menu yang tersedia.step 2 pilih top up e-wallet

  3. Pilih DANA

    Pada daftar pilihan eWallet, pilih DANA.step 3 pilih dana

  4. Masukkan Kode/ID

    Masukkan nomon Hp DANA yang ingin dilakukan top up. Klik Selanjutnya.step 4 masukkan id top up dana lewat bsi mobile

  5. Masukkan jumlah

    Tulis nominal top up yang ingin dilakukan. Klik tombol “Selanjutnya”.step 5 masukkan nominal

  6. Masukkan PIN

    Masukkan PIN BSI Mobile untuk otentifikasi transaksi. Klik tombol “Selanjutnya”.step 6 masukkan pin

  7. Verifikasi transaksi

    Cek detail transaksi yang tertera. Pastikan nomor dan atas nama sudah sesuai. Jika sudah sesuai lanjut dengan mengklik tombol “Selanjutnya”.step 7 verifikasi transaksi top up dana lewat bsi mobile

  8. Top up DANA berhasil

    Kamu akan mendapatkan struk transaksi tanda pengisian saldo DANA sukses.step 8 top up dana lewat bsi mobile berhasil

Proses top up DANA dari BSI Mobile berlangsung secara instan. Itu berarti sesaat setelah kamu melakukan finalisasi proses saldo DANA akan langsung masuk ke nomor tujuan. Jika top up saldo tidak masuk setelah 60 menit sejak pengisian, segera hubungi Call Center BSI untuk konsultasi dan penyelesaian masalah.

Minimal top up dan biaya admin DANA lewat BSI Mobile

Minimal top up DANA dari BSI Mobile adalah Rp 10.000 sedang untuk nominal maksimalnya adalah Rp 10.000.000 per transaksi. Jadi kamu tidak bisa melakukan pengisian kurang atau lebih dari itu.

Untuk biaya admin top up kamu akan dikenakan Rp 500 per transaksi. Biaya ini akan ditambahkan ke nominal top up yang akan dilakukan. Jadi jika kamu melakukan top up DANA Rp 50.000 misalnya, maka total transaksi akan menjadi Rp 50.500. Biaya ini jauh lebih murah dibandingkan metode via transfer. Jadi jika kamu ingin top up DANA dari BSI Mobile tanpa biaya admin (atau yang lebih murah) gunakan cara di atas.

Catatan top up DANA lewat BSI Mobile

catatan krediblog

Top up DANA lewat BSI Mobile lebih mudah menggunakan menu TopUp eWallet dibanding metode transfer BSI ke DANA. Menggunakan TopUp eWallet antar mukanya lebih simple dan praktis. Kamu tidak perlu memasukkan kode bayar yang format dan kodenya sering lupa. Yang dibutuhkan hanya nomor yang terdaftar di DANA yang sudah pasti kamu ingat dengan baik.

Isi saldo lewat menu TopUp eWallet juga prosesnya lebih cepat karena hanya membutuhkan beberapa kali klik saja. Kurang lebih 2 menit selesai. Top up e-Wallet semudah drag and drop karena menu khususnya benar-benar sangat membantu.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar