Berapa Lama Film Tayang di Bioskop? Cek Biar Tidak Ketinggalan

Lama tidaknya film tayang di bioskop bisa menunjukkan bagus tidaknya film tersebut. Jika sebuah film masih juga diputar di bioskop padahal sudah 30 hari sejak tanggal perilisannya, maka kemungkinan besar film tersebut memiliki kualitas yang bagus. Namun jika baru 3 hari namun sudah jarang atau bahkan tidak bisa lagi ditemui di bioskop manapun, maka film ini bisa disebut gagal.

Jika kamu mengincar film tertentu namun belum bisa nonton di hari pertama penayangannya, maka perhatikan respon penonton yang sudah menontonnya. Jika rata-rata memberikan respon positif maka film ini bisa jadi akan lama tayang di bioskop. Namun jika rata-rata merespon negatif, maka bergegaslah pesan tiket bioskop online untuk pergi menonton sebelum filmnya diturunkan. Rating dan respon dari penonon ini bisa kamu lihat secara umum melalui situs film populer IMDB.

Jadwal Lama Tayang Film di Bioskop Indonesia

jadwal tayang film di bioskop indonesia

Berapa lama film tayang di bioskop seperti XXI, CGV, Cinepolis maupun bioskop lainnya? Biasanya sebuah film akan tayang selama 3 sampai 7 hari di bioskop. Jadi jika ada film baru yang rilis dan kebetulan kamu tertarik, setidaknya datanglah 2 hari setelah penayangan pertama agar masih kebagian nonton.

Itu bukan berarti setelah 3 hari film pasti akan turun melainkan jaga-jaga agar kamu tidak ketinggalan. Karena sejauh ini rekor penayangan film tercepat di bioskop Indonesia adalah 2 hari. Film tersebut terpaksa diturunkan saking tidak lakunya.

Pengaturan Durasi Tayang di Bioskop

Jika mengikuti jadwal normal, film Indonesia atau film lokal akan mendapatkan jadwal tayang selama 7 hari. Jumlah penonton selama 4 hari pertama akan menjadi penentu nasib film tersebut selanjutnya. Apakah tetap dipasang atau diganti dengan film lain yang lebih diminati.

Jadwal penayangan film luar tidak seberuntung film lokal. Mereka hanya mendapatkan jadwal tayang selama 4 hari dengan pantauan jumlah penonton setiap harinya. Jika antusianme masih tinggi maka akan terus tayang sampai jumlah penonton berkurang hingga habis. Namun jika dari awal sudah sepi maka film lain siap menggantikan.

Faktor Penentu Berapa Lama Film Tayang di Bioskop

faktor penentu berapa lama film tayang di bioskop

Ada 3 faktor yang menyebabkan sebuah film bisa tayang hingga berminggu-minggu di bioskop atau cukup 3 hari saja. Faktor tersebut diantaranya :

1. Antusiasme penonton

Seperti umumnya sebuah produk, target utama film adalah pembelinya (penonton). Jika selama penayangan sebuah film memuaskan harapan para penonton sehingga banjir review positif dimana-mana, itu artinya film ini potensial untuk mendatangkan keuntungan lebih banyak lagi.

Studio bioskop akan terus menayangkan film ini sampai antusiasme mereda atau bahkan hingga hilang sama sekali. Mereka akan dengan senang hati terus memajang poster film tersebut selama 2, 3 atau sebulan. Sejauh ini rekor tayang terlama di bioskop Indonesia di pegang oleh film “Ada Apa dengan Cinta 2” yang tayang selama 91 hari atau selama 3 bulan!

2. Kekuatan sponsor dari pemilik film

Meski peminatnya sepi, sebuah film bisa tayang lebih lama dari jadwal normal jika pemilik film mau mensponsori. Biasanya ini terjadi pada film dengan budget besar yang digadang-gadang akan ramai penonton tetapi ternyata jeblok di pasaran. Untuk terus menarik minat film akan terus ditayangkan agar penonton masih bisa menontonnya.

3. Persaingan antar film

Sebuah film juga bisa turun lebih cepat dari jadwal biasanya jika di hari dan tanggal penayangannya berhadapan dengan film Blockbuster populer. Film-Film seperti Titanic, Marvel Avenger hingga Avatar kerap hadir dengan mengorbankan film lainnya.

Ini bukan berarti film lainnya buruk melainkan minat rata-rata penonton tergiring ke film Blockbuster tersebut. Sehingga studio bioskop menyediakan layar lebih banyak meskipun itu artinya harus menyingkirkan film non Blockbuster lainnya.

Kapan sebaiknya datang ke bioskop?

kapan sebaiknya ke bioskop

Jika kamu mengetahui film kesayanganmu sudah mulai tayang di bioskop datanglah segera. Selain untuk menghindari Spoiler, bukankah itu yang kamu tunggu-tunggu? Jadi mengapa masih menundanya?

Namun jika karena kesibukan kamu masih belum bisa ke bioskop, tunggulah sampai akhir pekan terdekat. Krediblog menonton John Wick Chapter 4 pada hari ke empat penayangan pas di hari Minggu. Ternyata filmnya bertahan sampai 4 Minggu. Tetapi itu tetap pengalaman yang seru karena bisa nonton duluan.

Catatan berapa lama film tayang di bioskop

Karena sifatnya yang dinamis mengikuti pasar, lama film tayang di bioskop tidak bisa dijadikan acuan mutlak. Pokoknya jika ada film bagus atau film yang ditunggu-tunggu sudah tayang di bioskop, segeralah pergi kesana. Selamat menonton!

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar