Cara Bayar Listrik di Tokopedia. Cek dan Bayar Tagihan Praktis

Membayar tagihan listrik PLN tidak lagi serepot dulu. Krediblog salah satu pengguna yang pernah merasakan membayar langsung di loket pembayaran di kantor cabang PLN terdekat. Prosesnya lama karena selain harus menempuh jarak juga masih harus antri ketika sampai di lokasi. Berbeda dengan sekarang yang bisa dibayar langsung dari Hp. Bahkan melalui marketplace. Yah, kamu bisa bayar listrik di Tokopedia.

Kemudahan tidak terbatas hanya dalam hal cara, tetapi juga metode pembayaran. Jika dana belum tersedia namun listrik sudah harus dibayar sekarang sudah banyak penyedia paylater yang bisa jadi alternatif. Beberapa nama populer diantaranya paylater Akulaku, SPayLater Shopee hingga Kredivo. Dari ketiga nama tersebut yang bisa digunakan di Tokopedia adalah paylater Kredivo.

Layanan Top-up & Tagihan Tokopedia

Tokopedia tidak hanya menjual produk fisik tetapi juga produk digital dan pembayaran tagihan. Ada menu yang namanya Top-up & Tagihan dimana kamu bisa melakukan transaksi digital baik pembelian maupun pembayaran. Layanan ini dikelola langsung oleh Tokopedia jadi tidak perlu khawatir perihal apakah tagihan kita beneran terbayar atau sampai tidaknya produk yang dibeli.

Top-up & Tagihan di Tokopedia melayani :

  • Listrik PLN
  • Internet & TV Kabel
  • Pulsa
  • Uang Elektronik
  • m.tix XXI
  • Paket Data
  • Penerimaan Negara
  • Kartu Prakerja
  • Voucher Game
  • dll.

Cek tagihan listrik di Tokopedia

cek tagihan listrik di tokopedia

Jika kamu tipe orang yang mudah khawatir kalau-kalau tagihan listrik membengkak karena pemakaian yang berlebih, Tokopedia bisa berguna untukmu. Kamu bisa menggunakan Tokopedia untuk mengecek berapa tagihan listrik bulan ini. Jadi tidak perlu was-was dan menebak-nebak karena kamu bisa mengetahui jumlah tagihannya secara persis.

Cara cek tagihan listrik di Tokopedia :

  1. Kunjungi halaman listrik Tokopedia disini.
  2. Pilih pilihan “Tagihan Listrik”.
  3. Masukkan nomor meteran atau ID Pelanggan.
  4. Rincian dan jumalh tagihan akan otomatis muncul.

Bayar dengan promo

Selain mudah dan praktis, bayar listrik di Tokopedia kadang bisa mendapatkan potongan harga. Sebagai marketplace, Tokopedia kerap memberikan promo dalam bentuk voucher diskon pada momen-momen tertentu. Ini hal yang menguntungkan karena bisa mengurangi jumlah tagihan listrik yang dibayarkan.

Meski sejauh ini belum ada bentuk promo atau potongan harga dalam jumlah yang fantastis, tapi diskon 5 ribu sampai 50 ribu lumayan mengurangi jumlah tagihan.

Tutorial cara bayar listrik di Tokopedia

tutorial cara bayar listrik di tokopedia

Berikut tutorial step by step membayar tagihan listrik PLN di Tokopedia. Screenshot dan langkah bisa jadi berbeda jika Tokopedia melakukan update tampilan, garis besarnya akan selalu sama jadi tinggal kamu sesuaikan saja.

Waktu yang dibutuhkan: 3 menit

Cara bayar listrik di Tokopedia :

  1. Buka Tokopedia

    Buka aplikasi Tokopedia sampai di halaman ‘Home'.step 1 buka aplikasi tokopedia

  2. Menu Top-up & Tagihan

    Klik menu Top-Up dan Tagihan yang terletak di kelompok menu.step 2 top up tagihan bayar listrik di tokopedia

  3. Pilih Listrik PLN

    Lanjut dengan memilih sub menu Listrik PLN.step 3 listrik pln

  4. Masukkan nomor meteran

    Pilih ‘Tagihan Listrik” untuk jenis produk listrik. Lanjut dengan memasukkan No. Meter/ID Pelanggan. Klik Lanjut. Pastikan detail tagihan (nomor dan atas nama) yang muncul sudah sesuai.step 4 nomor meteran bayar listrik di tokopedia

  5. Pilih pembayaran

    Pilih metode pembayaran yang kamu kehendaki.step 5 pilih pembayaran

  6. Lakukan pembayaran

    Lakukan pembayaran sesuai metode yang kamu pilih sebelumnya. Dalam hal ini Krediblog menggunakan Virtual Account BCA.step 6 lakukan pembayaran

  7. Pembayaran listrik berhasil

    Sistem Tokopedia akan langsung mendeteksi pembayaranmu.step 7 bayar listrik di tokopedia berhasil

Biaya admin bayar listrik di Tokped

Berapa biaya admin bayar listrik di Tokopedia? kamu akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 3.500 untuk setiap satu kali transaksi. Jadi jika kamu melakukan 2 kali pembayaran listrik misalnya, maka total biaya admin yang kamu bayar adalah Rp 7.000.

Selain biaya admin, kamu juga akan dikenakan biaya layanan sebesar Rp 1.000 per transaksi. Biaya layanan adalah biaya yang dibayarkan karena kamu menggunakan sistem pembayaran milik Tokopedia. Kamu bisa menyebutnya biaya jasa.

Catatan

catatan oleh krediblog

Nyamankah bayar listrik di Tokopedia? karena Krediblog sering melakukannya maka “Ya”, itu nyaman. Tapi kamu juga harus tahu bahwa membayar di Tokopedia lebih mahal dibanding channel lainnya. Pertama kamu akan dikenakan biaya admin Rp 3.500 yang mana ini lebih mahal dari biaya admin mobile banking dan aplikasi PPOB yang hanya Rp 2.500. Kedua masih ada biaya layanan dimana di channel lainnya tidak dibebankan.

Membayar listrik di Tokopedia menjadi pilihan yang tepat jika memang kamu menghendaki. Baik karena biasa pakai sehingga nyaman dengan tampilannya maupun karena memiliki saldo mengendap misalnya. Namun tentu saja kamu boleh membayar listrik dimana saja kamu mau.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar