Salah satu hal menyebalkan yang bisa hadir dihidup ini adalah saat kenyamanan berbelanja kita terganggu. Bagi pengguna Shopee, tiba-tiba akun SPayLater dinonaktifkan adalah salah satunya.
SPayLater bukan saja bermanfaat untuk kaum mepet yang mau belanja terkendala dana, tetapi juga berguna untuk kaum longgar dengan dana lebih yang ingin proses pembayarannya tanpa interupsi. Shopee Paylater memiliki manfaat ganda sebagai alat kredit sekaligus jalur pembayaran express.
Kenapa SPaylater Dinonaktifkan?
Non aktif berarti pensiun, sudah tidak lagi menjalankan tugas. Akun Shopee Paylater yang dinonaktifkan tidak bisa lagi digunakan untuk melakukan pembayaran. Ia sudah tidak bisa dipakai meski limit saldonya tersedia.
Berdasarkan pengalaman kebanyakan pengguna, penonaktifan hanya terjadi pada akun-akun abnormal. Yaitu akun yang memiliki kebiasaan yang tidak biasa. Itu artinya selama kamu menggunakan SPayLater secara normal akunmu aman.
Berikut beberapa penyebab kenapa SPayLater dinonaktifkan sementara :
1. Data tidak sesuai
Jika kamu mendapatkan pesan penonaktifan berupa, “Maaf, akun SPayLater-mu dinonaktifkan sementara karena ada data yang tidak sesuai”, maka penyebabnya adalah ketidaksesuai data. Penyebab persisnya bisa sangat bervariasi. Namun yang terjadi adalah Shopee menemukan data pada aplikasi tidak sesuai dengan data yang mereka simpan pada saat kamu melakukan pengajuan Shopee Paylater dulu.
Pengguna yang dinonaktifkan karena sebab ini cukup banyak di lapangan. Ini menjadi aneh karena tidak mungkin para pengguna salah memasukkan data secara berjamaah. Bisa jadi pesan error ini dibuat sengaja oleh Shopee dalam rangka pengkinian data.
2. Pelangaran syarat dan ketentuan
Selama 3 tahun lebih kebersamaan, Krediblog belum pernah menemukan arogansi SPayLater. Mereka tidak melakukan penangguhan, pemblokiran atau penonaktifan secara sepihak. SPayLater hanya melakukan itu kepada pengguna yang terdeteksi melakukan pelanggaran transaksi.
Jika akun SPayLater dinonaktifkan maka kemungkinan besar kamu dianggap telah melakukan pelanggaran. Tidak peduli kamu beneran melakukannya atau tidak, selama sistem mencurigainya penonaktifan akun akan tetap dilakukan. Aktifitas atau transaksi mencurigakan juga termasuk ke dalam pelanggaran syarat dan ketentuan ini.
Pelanggaran syarat dan ketentuan Shopee Paylater diantaranya :
- Melakukan fake order atau gestun Shopee Paylater
- Menunggak pembayaran (baca : pengalaman telat bayar Shopee Paylater)
- Penggunaan limit SPayLater secara tidak wajar
- Aktifitas dari device atau IP berbeda
- Pola tidak biasa lainnya yang membuat sistem pengaman Shopee curiga
- Penonaktifan juga dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan akun
3. Salah PIN
Seperti umumnya sistem login, jika salah melakukan otentifikasi PIN akunmu akan dinonaktifkan setelah percobaan ketiga. Ini pengaman baku dan diterapkan pada hampir semua sistem otentifikasi yang menggunakan PIN.
Penonaktifan karena sebab ini cukup jarang karena umumnya pengguna akan berhenti jika sudah 2x salah memasukkan dan langsung melakukan reset PIN.
Berapa lama SPayLater dinonaktifkan?
Penonaktifan akun SPayLater akan terus dilakukan selama kamu belum melakukan pengajuan atau pembuktian diri. Itu bisa berlangsung 1 minggu, 1 bulan atau bahkan sampai 3 bulan sampai kamu melakukan pengaktifan kembali.
Penonaktifan SPayLater termasuk hukuman pasif atau jenis sangsi yang membutuhkan respon balik. Ia tidak akan otomatis aktif sampai pengguna sendiri melakukan pengajuan reaktivasi.
Baca juga : SPayLater Tidak Bisa digunakan
Mengaktifkan SPayLater yang Dinonaktifkan
Apakah SPayLater yang dinonaktifkan sementara bisa diaktifkan kembali? Bisa. Shopee membuka jalan untuk itu dan menyediakan caranya.
Cara mengaktifkan SPayLater yang dinonaktifkan
Karena penonaktifan SPayLater memiliki banyak penyebab, maka pengaktifannya membutuhkan banyak penyelesaian. Itu artinya proses tidak bisa dilakukan secara otomatis by sistem melainkan mangharuskan peninjauan akun satu persatu. Dengan kata lain prosesnya mau tidak mau harus dengan cara manual.
Waktu yang dibutuhkan: 15 menit
Cara mengaktifkan SPayLater yang dinonaktifkan :
- Hubungi CS Shopee
Kamu bisa menghubungi salah satu metode kontak berikut :
– Call center: 021-39500300 atau 1500702
– Email: support@shopee.co.id
– Fitur Live Chat di aplikasi - Verifikasi data
Kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi data diri untuk membuktikan itu akunmu.
- Ikuti arahan
CS Shopee akan memberimu petunjuk agar akun bisa diaktifkan kembali. Ikuti dan lakukan arahan tersebut.
- Proses pengaktifan
Jika semua proses lancar akunmu akan diproses untuk pengaktifan kembali.
- Pengaktifan berhasil
Kamu akan mendapatkan notifikasi yang berisi SPayLater telah dibuka dan dapat digunakan kembali.
Arahan atau langkah untuk pengaktifan kembali akun Shopee Paylater akan tergantung penyebabnya. Jika SPayLater dinonaktifkan karena ketidaksesuaian data biasanya kamu hanya akan diminta untuk mengupload ulang KTP. Jika sebabnya menunggak pembayaran maka harus dilunasi terlebih dahulu. Namun jika penyebabnya lebih serius semisal tuduhan fake order, maka kamu harus membuktikan bahwa order tersebut adalah real. Demikian seterusnya untuk jenis penyebab lain.
Apakah blokir, kunci dan penonaktifan itu sama?
Shopee sering menggunakan istilah ini : blokir, kunci, dibatasi, ditangguhkan dan dinonaktifkan. Apakah semua kata tersebut sama? Sejauh ini SPayLater hanya memiliki 2 status, yaitu aktif dan nok aktif. Itu artinya jika akunmu sedang tidak aktif berarti ia sedang diblokir, dikunci, dibatasi, ditangguhkan atau dinonaktifkan.
Catatan
SPaylater yang dinonaktifkan bisa kamu aktifkan kembali. Jika pelanggaran yang terjadi masih bisa ditolerir, kemungkinan besar Shopee masih mengizinkanmu untuk “pulang”. Namun bersiap pula dengan kemungkinan terburuk seandainya pengaktifan kembali akunmu ditolak. Menjaga ekspektasi sewajarnya adalah jalan aman untuk menghindari kecewa diakhir karena harapan yang berlebih.
Saya minta bantuan nya.
Saya mau diaktifkan lagi shoppelater Saya Terima kasih
Kamu harus menghubungi CS Shopee karena hanya mereka yang bisa melakukannya.
tidak ada solusi, jawaban nya kami tidak bisa memberitahukan sampai kapan, alasannya kebijakan pwrusahaan
Sama, respon pada saya juga seperti itu. Bahkan pengajuan pengaktifan spaylater baru untuk keluarga lain juga tidak disetujui
Sama punya sya juga gitu. Ga Ada solusinya suruh tunggu berkala
Apakah sekarang dah diaktifkan lg kk? Soalnya jawabanku gitu
Kemarin sempat nunggak seminggu ,tp setelah di bayar tdk bisa di gunakan,,,berulang kali hubungi cs shope ,,respon nya cm suruh hapus cache…tp ttep tdk aktif spyltr ny
Seminggu biasanya akun masih bisa digunakan lagi. Coba tunggu beberapa hari sampai masa penangguhan berakhir.
Hallo ka saya mau tanya, saya punya akun shopee dipake teman saya namun dia telat membayar hingga hampir 1 bulan, saya sudah bayar tagihan yang nunggak dan bulan ini. Kira kira saya masih bisa aktif ngga ya klo sudah telat selama itu?
Jika acuannya hari keterlambatan, kemungkinan besarnya masih bisa. Kecuali Shopee memiliki pertimbangan lain.
Halo ka, spayleter saya Kemaren di pakek temen saya. Dia telat kurang lebih 10-12 hari. Setelah 12 hari saya bayar lunas semua. Namun, spayleter saya sudah 1 bulan lebih belum bisa digunakan. Apa masih bisa digunakan lagi ya ka?
Harusnya masih karena selain keterlambatannya tidak lama juga sudah kamu bayar lunas. Coba ajukan pengaktifan kembali karena bisa jadi Shopee menghendaki pengajuan manual.
Cara pengajuan dan pembuktian dirinya gimana ya kak? Saya masih mau coba siapa tau masih bisa
Seperti tutorial di atas. ubungi CS Shopee via telpon, email atau Live Chat.
Shopee saya di nonaktifkan sama temen saya sehingga saya tidak bisa log in ke shope saya padahal masih ada tagihan di shopepaylater
Untuk bantuan login bisa menghubungi CS Shopee. Mereka bisa membantu segala bentuk kendala login.
Spayleter tidak bisa di gunakan lagi